MENU HAMBURGER DARIMANA ITU BERASAL?

Mengapa ia demikian sangat populer kini?

Kita tidak bahas makanan ya, setidaknya blog ini tidak memiliki niche kuliner, jadi tidak ada hubungan sama dengan toko penjual Hamburger yang lezat. Kita sedang membicarakan aplikasi. Saya menulis ini karena setiap sesuatu memiliki kisah mereka masing masing yang mungkin ingin kalian ketahui. Sejarah.

Di desain oleh Norm Cook untuk pertama kali pada tahun 1981, dia ini seorang pemimpin bagian desain grafis di perusahaan Xerox Star, pencetus komputer personal pertama di dunia.

hamburger menu

Desain tiga garis ini sangat simpel akan tetapi pada waktu itu teknologi perangkat hanya support 16x16 piksel jadi sangat buram. Maka itu dibuat tiga garis agak tebal biar terlihat jelas. Dan tiga garis ini yang paling 'real deal'. Akhirnya dipergunakan hingga kini.

Seiring waktu penggunaan seluler yang minim lebar layar ternyata membutuhkan hamburger menu guna menampilkan menu menu konten, misalnya situs Twitter dan Apple termasuk situs besar pertama yang menggunakannya. 

Demikian juga Android telah membuatnya menjadi sangat popular dan menjadi sangat ikonik di dunia hampir semua halaman web mobile memanfaatkan menu hamburger yang sangat ikonik itu tadi. 

Lalu di dunia web dan blogging, lihat saja halaman ediblogtema pada layar seluler, untuk menampilkan menu menunya kalian harus mengklik menu hamburger yang terdapat pada bagian kanan atas layar hape.


Ikon hamburger dan kegunaannya

Ikon yang paling populer adalah tiga garis bersusun atau garis tiga tumpuk, ikon ikon ini juga telah tersedia oleh banyak provider ikon online seperti material icon design, font awesome dll. Disediakan dengan material dan platform yang berbeda beda, namun sangat kompatibel.

Jika tadinya kegunaannya terbatas hanya untuk membuka atau menampilkan navbar menu, yakni membuka menu berupa konten yang ingin di tampilkan, dan posisinya di bagian atas layar, kalau tidak di kanan ya dikiri. Sekarang di era web modern menu ini di klik untuk menampilkan sidebar atau sidenav yang tersembunyi.

Dan mengikuti perkembangan teknologi web menu menu ini semakin hidup dengan membuat dan menambahkan reaksi menggunakan CSS sehingga pada saat di sentuh menjadi animasi, Contoh:

See the Pen MWJBzLg by Sufyan Yaan (@sufyan-yaan) on CodePen.

Jadi rasanya situs mana sih yang tidak menggunakannya? Misalnya aplikasi aplikasi surel seperti Gmail google, Outlooknya Microsoft, iCloud semuanya telah memanfaatkan ikon hamburger menu.

Kok hamburger?

Setiap orang memiliki panggilan, nama atau alias. Nah kalau menyebutnya dengan 'Menu garis bersusun tiga' sangat sulit di ingat, bukan. Akan tetapi mengapa disebut menu hamburger? Memang sebutan ini menjadi sangat ikonik, mudah di ingat, dan enak di dengar. Tapi mengapa? Sebenarnya belum ada referensinya. Belum diketahui bagaimana asalnya ia dipanggil demikian.

Melihat bentuknya yang bersusun tiga seperti lapisan hamburger, sebutan hamburger masih menyisakan di akal kita, lagipula itu telah di tetapkan dan begitu sukses mengocok di otak kita. Menu hamburger, menu responisf yang sangat ikonik.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. ilmu baru nih, baru tahu kalau garis tumpuk itu namanya hamburger, terima kasih mas Sofyan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak