AYO KESEMPATAN BELAJAR CODING MELALUI PROGRAM KARTU PRAKERJA

yang hobi koding dan ingin bekerja front end mengapa tidak mencoba program kartu prakerja pemerintah?
Seribu satu jalan menuju ke Roma, pepatah itu masih berlaku bagi semua orang termasuk bagi Kalian yang ingin mendapatkan pekerjaan.

latihan dicoding melalui kartu prakerja

Nah di tahun 2021 ini pemerintah Republik Indonesia menawarkan program kartu Prakerja. Jangan berfikir negatifnya saja, bahwa itu susah karena hidup memang harus berjuang. Kartu prakerja ini meliputi pelatihan dan dana bantuan insentif yang akan kalian dapatkan setelah menyelesaikan pelatihan tersebut.

Melalui cara inilah kalian akan mendapatkan sertifikat keahlian yang kalian inginkan.

Tidak tanggung tanggung lho, pada semester pertama tahun 2021 ini pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 10 Trilyun rupiah untuk mendanai 2,7 juta partisipan kartu pekerja. Mengapa tidak mencoba mendaftar saja ya. 

Apa itu kartu pekerja? Ini menurut laman Jobstreet:

Program Kartu Prakerja adalah pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, baik karena terkena dampak PHK maupun yang masih bekerja tetapi ingin mengikuti pelatihan. Pekerja yang dimaksud di sini bukan hanya karyawan kantoran melainkan meliputi juga buruh, serta penggerak usaha mikro dan kecil.

Merespon dampak pandemi, untuk saat ini Program Kartu Prakerja memprioritaskan pekerja atau buruh yang di-PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya akibat pandemi. Meskipun kalian tidak termasuk kelompok tersebut, kalian tetap dibolehkan dan dianjurkan untuk mencoba mendaftar.

Apa manfaat kartu pekerja?

Ya tentu saja:

1. Pelatihan. 

Kalian akan mendapatkan pelatihan dari 154 lembaga yang menyediakan 1700 pelatihan melalui program ini. Tersedia berbagai variasi ilmu dan ketrampilan. Cara belajarnya daring atau melalui online. Nah disini intinya kalian yang memiliki minat belajar coding? Wow tepat banget!

2. Sertifikat

Setelah menyelesaikan salah satu atau program pengetahuan yang kalian pilih kalian akan mendapat sertifikat resmi dari program kartu prakerja yang nilainya tidak akan di ragukan lagi. Sertifikat ini berlaku dan sah dan dapat di lampirkan di CV lamaran atau profile pencarian kerja.

3. Insentif

Setelah menyelsaikan pelatihan pertama kalian berhak mendapatkan insentif. Ada dua jenis insentif yang akan kalian dapatkan: (1) Insentif beaya pencarian kerja sejumlah RP. 600.000,- yang akan diberikan setiap bulan selama 4 bulan. (2) Insentif pengisian survei senilai RP. 50.000,- per-survei. Kedua insetif akan di bayarkan melalui rekening atau e-wallet yang telah kalian lampirkan dan telah berhasil melewati validasi sistem.

Ini syarat mendapatkan kartu prakerja:
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Minimal usia 18 tahun
  3. Tidak sedang dalam pendidikan formal
  4. Dalam satu Kartu Keluarga (KK) maksimal 2 NIK yang mendaftar
  5. Bukan termasuk instansi Pejabat Negara, DPR, ASN, TNI, POLRI, Kades dan perangkat desa, pekerja BUMN, atau BUMD.
Cara mendapatkannya?

Seluruh alur pendaftaran dilakukan secara daring sehingga memudahkan siapapun untuk mendaftar. Berikut alurnya:

1. Daftar akun

Untuk mendaftar kunjungi https://www.prakerja.go.id dan buat akun. Kalian akan dimintai NIK, nomor KK, tanggal lahir, foto asli KTP, dan nomor HP. Sesudahnya, kalian akan dikirimi kode OTP untuk verifikasi nomor HP yang akan digunakan.

2. Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini bersifat wajib jika kalian ingin memperoleh seluruh manfaat dari Kartu Prakerja. Pastikan kalian menyiapkan kertas dan pensil atau pulpen sebelum tes. Biasanya tes yang hanya menguji
kompetensi dasar ini paling lama memakan waktu 25 menit.

3. Pilih pelatihan

Jika kalian lulus seleksi, kalian akan mendapatkan pagu/saldo untuk “membeli” slot di pelatihan kerja yang kalian inginkan melalui marketplace yang sudah bekerja sama dengan Kartu Prakerja

Rincian langkah pembelian ini dapat di cek di situs resmi Kartu Prakerja.

4. Ikuti pelatihan sampai habis

Ikuti dan selesaikan semua pelatihan kerja yang telah kalian pilih. Akan amat disayangkan jika kalian tidak menyelesaikan semua pelatihannya. Selain karena rugi kesempatan emas untuk meningkatkan kompetensi, kalian juga akan kehilangan kesempatan mendapatkan sertifikat dan insentif.

Program ini dioperasikan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja di bawah Kemenko Bidang Perekonomian RI. Sehingga, kalian tidak perlu khawatir akan keamanan dan keandalan program ini. Setelah kalian mengikuti dan mendapatkan sertifikat, jangan lupa untuk cantumkan di CV dan lamaranmu.

Ini merupakan satu dari banyak jalan menuju pekerjaan yang kalian impikan. Selagi ada kesempatan, tidak ada salahnya mengembangkan kompetensi kerja, apalagi mengingat kalian tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Satu cara lainnya untuk mendekatkan diri ke pekerjaan impianmu yaitu dengan memanfaatkan CV daring gratis dengan membuat profil di JobStreet. Kalian juga bisa beritahu para perekrut bahwa kalian bisa #LangsungKerja agar kalian segera dipanggil wawancara. Selamat mencoba!

PROGRAM BELAJAR DICODING

Tidak ada salahnya memilih program prakerja dicoding di zaman digital dimana usaha dan lapangan pekerjaan semakin sulit di dapatkan. Ada celah yang masih tersisa: Terobosan online. Dengan belajar web coding misalnya kalian akan memiliki peluang bekerja melalui projek projek front end.

Dan melalui program kartu pekerja kalian bebas memilih pelatihan ini, ada tersedia banyak lembaga pelatihan yang professional telah bekerja sama dengan program kartu pekerja, tinggal di 'search' di laman google pasti akan ketemu. Salah satu lembaga yang bekerjasama dengan kartu prakerja adalah dicoding Academy. Silahkan klik linknya tersebut untuk melihat.

Melalui pelatihan dicoding kita akan di latih mulai dari program dasar hingga lanjutan dan termasuk menjadi pengembang atau developer aplikasi. Pekerjaan seperti ini sedikit sekali terdampak dengan covid 19.

Jadi intinya kalian dapat menuju ke 'roma' karena melalui jalan yang tersedia. Jika kalian memang niat belajar koding kesempatan itu kini terbuka, ayo manfaatkan program kartu prakerja ini. Namun harus di ingat hidup adalah perjuangan dan perjuangan selalu membutuhkan pengorbanan berupa uang, waktu, ketabahan dan kesabaran. Untuk uang program ini telah menawarkan bantuan. Tinggal bagaimana kalian bisa menjalani pelatihan dengan bersungguh sungguh.

Dari uraian di atas saya memang menganjurkan kalian belajar koding sebelum terlambat-hanya jika kalian memang benar benar meminatinya. Sedangkan kartu prakerja ini sendiri menyediakan hampir semua keahlian yang kalian minati dan kalian butuhkan. Kalian bebas memilih jalan hidup kalian masing masing..

Terutama untuk dicoding bukanlah tes biasa, kalian benar benar harus memberikan jawaban yang tepat dan benar agar dapat melewati tes tersebut. Namun sekali lagi tekad dan keyakinan adalah kekuatan ajaib untuk meraih impian dan kesuksesan.

Sumber: Jobstreet
                Google.com

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain