Langsung ke konten utama

BEDA PENGALAMAN MENGGUNAKAN LAPTOP WINDOWS, MACBOOK DAN TABLET ANDROID SAAT MENULIS DAN BLOGGING

Perbedaan yang dimaksudkan disini misalnya bukan bagaimana kode bekerja pada saat menggunakan perangkat yang berbeda. Tidak, kalau hal itu tidak akan bedanya. Semua standard sama. Namun perbedaan yang dimaksud disini adalah bagaimana pengalaman menjadi berbeda ketika menggunakan perangkat perangkatnya. Baiklah kita mulai dari urutan pertama.

gambar macbook
1. Pintasan kunci keyboard.

Sekilas nampak tidak beda. Namun ketika kalian menggunakan keyboard buat melakukan pengetikan pada laptop windows kalian akan terbiasa menggunakan pintasan pintasan berikut:

CTRL+F untuk mencari kata kunci. Ketika CTRL+F di pencet bersamaan ia akan menampilkan kolom pencarian yang disana kalian menuliskan kata kunci dan menekan enter untuk menampilkan kata kunci tersebut dengan cepat. 

Dan jangan kuatir, apabila kalian menggunakan tablet Android dengan tambahan asesories keyboard, maka semua cara adalah sama dengan pintasannya windows.

Namun baru terasa beda ketika kalian menggunakan macbook, iMac dan iPad pro (yang menggunakan keyboard sebagai alat mengetik) maka kalian harus menekan CMD+F untuk menampilkan kolom pencarian dan mengetikan kata kunci seperti yang dilakukan oleh PC Windows di atas. lagipula posisi jari jadi berbeda posisinya yang mana ketika kalian menggunakan keyboard PC windows kalian dapat menekan CTRL menggunakan jari kelingking dan F dengan jari telunjuk, sedangkan ketika menggukanan macbook dan keluarganya posisinya menjadi jauh karena sudah mendekati space bar. 

bedanya cara menggunakan keyboard mac dan wind
Kalian harus melakukannya dengan cara berbeda.

2. Find next text

Kalian juga harus tahu pada saat menggunakan CTRL+F di halaman editor HTML blogger blogspot dan mengetikan kata kunci maka kata kunci akan tampil dengan warna sorot kekuningan. Untuk menemukan kata kunci yang serupa berikutnya cukup tekan enter berkali kali. Ini dapat kalian lakukan sepanjang kata kunci yang di temukan masih tersorot warna kuning tadi. Ini membuat pekerjaan menjadi sangat mudah dan cepat.

Dan hal itu tidak beda jika kalian menggunakan tablet android yang telah di lengkapi dengan keyboard untuk mengetik seperti Tab s3, tab s4, tab s6 dan tab s7, mereka ini sangat mirip dengan PC windows, sepertinya memang 100% mengadopsi standar pc windows tersebut.

Namun jika kalian menggunakan macbook, kalian awalnya harus menggunakan CMD+F untuk menemukan kata kunci dan ketika kata kunci ditemukan telah disorot warna kekuningan, untuk menemukan kata kunci atau text yang serupa selanjutanya, kalian harus selalu menekan CMD+G, tidak bisa dilakukan seringkas ketika menggunakan pintasan PC windows di atas yang hanya tinggal tekan 'enter dan enter'. Ini membuat pekerjaan memintas menjadi tidak mudah pada saat menggunakan Macbook. 

3. Menggunakan mouse

Bentuk mungkin boleh saja sama. Namun ketika menggunakan mouse walaupun fungsinya sama buat menavigasi halaman, terdapat perbedaan yang mencolok antara PC windows dengan macbook.
gambar mouse
menscroll halaman agar naik ke atas menggunkan mouse pada PC windows adalah dengan menscroll (mendorong) roda scroll ke arah bawah dengan menggunakan telunjuk. Artinya dengan menggulir roda scroll pada mouse ke arah bawah halaman akan naik ke atas. Sebaliknya dengan menggulir roda scroll ke arah atas, maka halaman akan turun ke bawah.

Demikian caranya menggunakan mouse untuk scrolling pada windows. Ini berlaku seratus persen sama pada perangkat Android apabila telah dilengkapi dengan Keyboard dan mouse.

Namun pada macbook cara scrolling adalah kebalikan wiondows. Ketika roda scroll di arahkan ke atas maka halaman naik ke atas. Sedangkan pada saat roda scroll di gulir ke bawah menggunakan telunjuk maka halaman akan turun ke bawah.

Bayangkan saat pertama beralih dari windows ke MacOs atau sebaliknya, pasti kebingungan, bukan? Lagi pula mouse memang lebih berguna pada saat membantu navigasi pada PC windows ketimbang pada Macbook (kecuali iMac) nanti akan saya jelaskan alasannya.

4. Close, minimalize dan expand halaman dll.

Tidak kalah penting navigasi halaman web juga memiliki perbedaan yang mencolok. pada PC windows ketika suatu halaman web telah terbuka, dan kalian mau menutup tab suatu halaman maka kalian akan menekan ikon 'X' artinya 'close' atau tutup dan posisinya adalah di pojok paling atas. Klik itu maka seluruh tab halaman akan menghilang. Demikian juga Android.

Perangkat Apple tidak menggunakan standar itu. Pada macbook posisinya di kanan atas atau kebalikan dari apa yang digunakan oleh PC windows dan Android.


5. Trackpad.

Ini bedanya trackpad laptop windows dan Android dengan trackpad yang di gunakan oleh apple. 

Saya tadi janji menjelaskan mengapa mouse lebih berguna buat laptop windows ketimbang Macbook adalah karena macbook telah memiliki trackpad dengan gesture yang komplit. Ketika kalian mulai membiasakan diri menggunakannya secara alami kalian akan merasakan pengalaman yang berbeda.

PC windows mungkin telah mengadopsi (baca meniru) semua fitur trackpad ini pada laptop laptop flagship terbaru yang harganya selangit namun jujur saja belum bisa sepenuhnya menandingi trackpad Apple, saya tetap lebih nyaman jika laptop HP saya di lengkapi dengan mouse infrared. Perbedaan dasar adalah mengkopi text, pada windows kalian harus menekan dua tombol kunci untuk menyorot dan mengkopi.

Sebaliknya pada saat saya menggunakan macbook saya nyaris lupa kepada mouse, sangat jarang dan terkesan aneh jika menggunakan mouse. Bagaimana tidak, pada track pada semua kebutuhan navigasi halaman di layar macbook dapat terakomodasi dengan sangat baik. mengkopi text di internet cukup dengan mengetukan dua jari ke trackpad dan memilihnya.

Saya lalu dapat mengkopi paste, saya dapat melebarkan dan menciutkan halaman, saya dapat menggunakan satu jari, dua jari dan tiga jari dengan gesture yang berbeda beda. Saya dapat melakukan tekanan lembut dan keras dengan efek yang berbeda beda. Dan ketika terbiasa rasanya tangan sudah menyatu tanpa kita sadari seolah sudah menyatu dengan semua fitur fitur trackpad Apple.

Dan semua itu dapat dilakukan tanpa terbata bata atau terpatah patah yang kadang sering kita temukan pada saat menggukan trackpad laptop PC windows.

Karuan saya dapat blogging dan menulis lebih cepat dengan Macbook ketimbang Laptop windows yang telah saya pergunakan bertahun tahun.

6. Cara screenshoot atau menangkap gambar layar

Di sini enaknya menggunakan Macbook jika di banding dengan Laptop Windows. Yaitu pada saat kita mengambil atau menangkap gambar layar monitor kita dapat melakukannya dengan 3 cara dengan target yang berbeda sesuai dengan kebutuhan:
  1. Tekan shift+command+3 = Menangkap gambar seluruh layar
    cara screenshoot layar di macbook 1

  2. Tekan shift+command+4 = Mnangkap gambar sebagian layar tinggal drag mouse atau trackpad untuk menyorot layar yang ingin kita tangkap - ini membuat pekerjaan jadi semakin ringkas karena tidak perlu corp lagi.
    cara screenshoot layar di macbook 2

  3. Tekan shift+command+4+spacebar cursor akan berubah menjadi ikon kamera tinggal seret kursor itu untuk memilik daerah yang ingin di tangkap.
    cara screenshoot layar di macbook 2
Sedangkan cara menangkap layar pada Windows adalah: Tekan tombol windows+screenscreen maka layar akan meredup sebentar tanda itu berhasil.

Sedangkan pada android adalah tergantung mereknya. Contohnya samsung Tab s3,s4,s6,s7 cara screenshot cukup sederhana, yakni hanya dengan menyentuh lambang layar di bagian bawah layar.


Kesimpulan

Namun menurut saya ya, kedua jenis perangkat komputer ini memiliki baik kelebihan maupun kekurangan masing masing. 

Oh ya saya merasa wajib menambahkan saingan lain yakni PC Android yang kini masih dalam bentuk tablet karena ia adalah pesaing paling potensial baik untuk windows maupun macOS.

Alasan saya adalah Sistem Android di dukung oleh perangkat kerasnya memiliki semua kelebihan Windows namun memiliki nilai plus karena menggunakan platform Android yang ramah dan memiliki environment yang sangat kuat. 

keyboard tablet portable android
Saya juga meninggalkan PC windows di rumah ketimbang membawanya karena akhirnya menemukan banyak kemudahan dan menemukan pengalaman baru pada saat komputing menggunakan platform Android. 

Dengan perangkat android yang sangat tipis dan ringan saya bisa merangkai kode kode HTML, menulis, mengedit gambar dan video sama baiknya pada saat menggunakan baik Laptop Windows maupun macbook. Semuanya seperti sedang di sederhanakan pada saat menggunakan tablet anderoid untuk bekerja.

Namun semuanya terpulang kepada selera, pengalaman dan kenyamanan masing masing. Saya sendiri menyukai ketiga tiganya nyaris setara. Hanya saja nilai windows sudah mulai berkurang di mata saya pada saat terbiasa dengan platform Android. Karena hanya perangkat tablet Android inilah yang paling mobile dan paling sering saya bawa kemana mana.

Nilai PC windows juga berkurang lagi dimata saya ketika saya mulai menggunakan Macbook Air mulai tahun 2017 yang lalu, fakta betapa tipis dan mobilenya macbook membuat saya dapat memasukannya ke dalam tas kecil. 

Hal tersebut membuat laptop windows selalu saya tinggal di laci tempat bekerja atau di atas meja di rumah.

Jadi bagi saya urutan prioritas mobilenya adalah:
  1. Tablet Android
  2. Macbook 2017 dan macbook Air
  3. PC Windows
Sedangkan untuk integrasi pengguna dan power  dalam menopang pekerjaan dan pengalamannya adalah:
  1. Macbook
  2. PC Windows
  3. Tablet android
Untuk ketahanan battery:
  1. Macbook
  2. Tablet Android
  3. PC Windows
Hijau: Good
Yellow: Fair
RED: poor

Keterangan: Saya masukan Microsoft Surface windows berada diantara tablet dan PC laptop. Jadi ia juga memiliki fitur premium dengan power dan ketahanan battery yang setara dengan macbook dan sekaligus tablet Samsung tab S7 dan iPad pro 2020. 

Akan tetapi sistem operasinya yang windows menjadikannya tetap berada di posisi 'FAIR'.

Terlepas dari mobilitasnya, bagi saya mereka bertiga setara dalam mengakomodasi kebutuhan saya. Saya bisa menulis, ngoding, edit gambar, edit video. Ketiganya sudah oke banget.

Ingat setiap orang memiliki pengalaman dan apalagi selera yang berbeda beda. Tulisan di atas di tulis hanyalah berdasarkan pengalaman.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

  1. saya tak pernah guna macbook tapi pernah guna iMac. paling saya suka, iMac boleh buat screenshot berbanding pc biasa... hahaha tapi untuk pc terkini, saya kurang pasti. mungkin sekarang dah boleh screenshot

    BalasHapus
    Balasan
    1. screenshoot tak ada yang berubah ia berlaku sama dengan macbook

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa