KECEPATAN HALAMAN BLOG SEMAKIN PENTING DI WEBMASTER

Semakin mendekati hitungan mundur prioritas halaman mobile oleh Google di atas halaman desktop, kecepatan halaman blog ternyata menjadi semakin penting bagi SEO. 

Web inti atau Core Web Vitals adalah metrik kecepatan yang merupakan bagian dari sinyal Halaman yang digunakan oleh Google untuk mengukur pengalaman pengguna. 

Yakni:  Metrik mengukur beban visual dengan Largest Contentful Paint (LCP), stabilitas visual dengan Kumulatif Tata Letak Shift (CLS), dan interaktivitas dengan First Input Delay (FID).

Dengan menggunakan template berat halaman kami tidak memiliki catatan kecepatan pada bagian web inti lagi dan itu terbukti dengan semakin menurunnya performa halaman. Perhatikan rekor catatannya di Google Webmaster bagian Web Inti:

web inti webmaster page speed

Dengan menggunakan tool GTMetrix dan Google PageSpeed kita segera tahu penyebabnya. 

Kami memeriksa sekilas di Google Pagespeed, javascript menjadi biang kerok paling dominan memotong dan melukai kecepatan loading penampakannya sebagai berikut:

matrik kecepatan pada pegespeed

Mengapa Kita harus perduli?

Karena April adalah batas akhir tenggat waktu bagi para websider termasuk blogger untuk segera move on dari halaman desktop ke halaman mobile. 

Google telah mewanti mewantinya jauh hari bahkan sejak beberapa tahun yang lalu. Dan projek AMP yang mengutamakan halaman 100% mobile adalah sebuah harapan besar dari Google dimana halaman mobile tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna dari sisi tampilan namun juga nilai dari kecepatannya.

Kecepatan loading menjadi penting karena ternyata terkait langsung dengan manusia. Ketika pengguna merasa halaman tidak mengganggu pengalaman dalam mengakses, maka mereka akan berkunjung berkali kali. 

Zaman tampilan warna warni dan rumit telah lewat, hari ini adalah tampilan sederhana dan modern, fast loading dan kemudahan akses. Alasannya sederhana karena akan lebih banyak orang mencari targetnya yang memberikan manfaat dan dampak yang nyata terhadap kehidupan mereka yang semakin sibuk ketimbang hanya membuang waktu untuk melihat halaman 'yang indah'. Padahal indah dan tidak indah itu hanya subjektif.

Dan bagi kita para blogger, kecepatan itu penting karena ia telah menjadi sinyal dan ranking SEO yang tertinggi di mata mesin pencari.

Semoga bermanfaat.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak