Kalian sering mengunjungi google search console di webmaster? Itu berarti kalian sudah melakukan hal yang benar, karena setelah konten di buat tentu kita ingin agar konten tersebut cepat terindex oleh mesin pencarian terbesar dan terkuat di planet bumi: Google Search. Cara yang paling tepat adalah mengirimnya melalui Google Webmaster yakni pada bagian Search Console. Agar konten, atau artikel kita sampai ke hadapan para pembaca di seantero dunia.
url dengan https agar halaman blog lebih aman
Ilustrasi HTTPS


Akan tetapi bukan sekedar mengirimkan link artikel atau konten blog, halaman google webmaster juga berisikan tool yang amat berguna bagi kesehatan halaman web atau halaman blog yang sedang kita kelola, terutama pengalaman pengguna mobile seluler (pengguna hape atau handphone). 

Karena artikel saya sekarang sedang membahas isu 'HTTPs' jadi mari kita klik bagian tool ' Pengalaman bagian seluler Pengguna' di webmaster. Siapa tahu kalian memiliki masalah dengan HTTPS salah satu dari lima points pada tool ini.

Adapun 5 poin bagian pengalaman pengguna adalah:
  1. Data web inti
  2. Kebergunaan seluler
  3. Masalah keamanan
  4. HTTPS
  5. Pengalaman iklan
  • Mengatasi masalah data web inti: Percepat halaman, gunakan gambar gambar format terbaru dan ringan.
  • Kebergunaan seluler: Halaman harus mudah di akses oleh pengguna melalui perangkat seluler, kalian dapat menggunakan template yang mobile friendly
  • Masalah keamanan kalian bisa membuat halaman aman salah satunya dengan cara menggunakan pengalihan ke HTTPS. silahkan setting melalui dasbor blog alihkan HTTP blog kalian ke HTTPS.
  • HTTPS. Ini akan segera kita bahas 
  • Pengalaman iklan. Yang telah memasang iklan adsense dan google melakukan pembatasan tayangan adalah cara untuk meningkatkatkan pengalaman pengguna, demi kenyamanan pembaca.
ISU HTTPS GAGAL DAN CARA MENGATASINYA.

Nah kita masuk ke bagian HTTPS salah satu cakupan data web inti tadi, jika kalian mengalami hal ini dan mencari ke dalam template apakah masih ada link yang menggunakan HTTP alih alih menggunakan HTTPS? Jika tidak terdapat sebenarnya halaman blog kalian tidak memiliki isu HTTPS. Apalagi jika kalian telah setting dari dasbor pengaturan blogger bergini:

setting menggalihkan halaman blog ke HTTPS
gambar 1

Pada gambar kalian masuk ke halaman pengaturan dasbor blogger:
Pilih setelan dan scroll halaman kanan sampai bertemu menu HTTPS lalu hidupkan tombol dikanannya menjadi hijau.

Tidak ada masalah! Halaman kalian benar benar telah menggunakan HTTPS, tapi mengapa di google webmaster yakni di bagian web inti untuk pengalaman halaman HTTPS masih di nyatakan gagal? Perhatikan gambar di bawah:

https gagal di webmaster?
Gambar 2

Di sana dinyatakan "penerapan HTTPS di situs Anda tidak memadai". Dan kemanapun kalian mencari masalahnya akan tampak gagal padahal semua link telah dinyatakan HTTPS. Are you Joking? Bagaimana itu bisa terjadi?

Berhari hari saya menyelidikinya, setelah membaca petunjuk dari bantuan google masih saja tidak mengerti, akhirnya menemukan kejanggalan pada properti domain di halaman webmaster itu sendiri. 

Jadi properti domain saya tidak menyertakan HTTPS pada awalan URL, saya hanya mengetik begini: editblogtema.com alih alih https://www.editblogtema.com. 

Tentu saja tanpa ragu saya menghapus properti domain tersebut dari halaman Google Webmaster!

Lho menghapus properti domain? Jangan panik itu hanya properti, bukan site domain miliki kita kok, bukan itu yang dimaksud disini. Itu hanya registrasi domain di webmaster saja. Cara menghapusnya mudah:

Masuk ke halaman Google Webmaster dimana kalian tentunya telah mendaftarkan halaman blog, lalu periksa halaman blog pada bagian properti domain apakah ia terdaftar dengan URL berawalan HTTPS atau tidak.

Klik tanda panah pada ujung nama domain seperti ditujukan oleh gambar berikut:

daftar properti domain di web master
gambar 3
Ketika panah di klik akan muncul daftar domain yang kalian miliki perhatikan apakah ketika di daftarkan sebagai properti domain apakah URLnya telah berawalan HTTPS?

Jika belum memiliki awalan HTTPS segera hapus properti domain tersebut dan daftarkan ulang saja. 

Cara masuk ke Google webmaster atau search console itu mudah sekali yakni melalui dua cara, bisa melalui pengaturan dasbor blogger, atau langsung ketikan alamat google Webmater ke pencarian melalui halaman web Google.

Nah setelah mengklik mata panah seperti yang saya tunjukan melalui gambar maka akan muncul daftar domain jika kalian memiliki lebih dari satu domain atau subdomain bawaan Google. 

Mungkin saja domain kalian yang sedang aktif malah terdaftar sebagai: xxx.com tanpa HTTPS mengawalinya.
Dan ternyata itu mempengaruhi pengalaman halaman yang di namakan 'HTTPs' oleh Google Webmaster. Perhatikan gambar selanjutnya:

properti domain dengan https dan tidak
gambar 4
Pada gambar berikut (gambar 4) ekstensi properti domain yang benar dan telah menggunakan HTTPS telah saya centang warna hijau sedangkan yang saya silang merah adalah properti domain yang tanpa HTTPS.

Sebenarnya  tidak masalah jika domain tersebut tidak penting atau bukan halaman blog utama. Akan tetapi jika itu adalah blog aktif maka ia akan mempengaruhi banyak halaman sebagai 'GAGAL HTTPS' 

kalian dapat menghapus dan menambahkan kembali properti yang tidak di inginkan dengan mudah melalui Halaman Google Webmaster yakni dengan cara:

Menghapus: Klik properti domain yang diinginkan setelah terbuka pada bagian bawah sebelah kanan halaman cari tombol 'Hapus Properti.

Sedangkan untuk menambahkan kembali halaman adalah dengan cara Klik tanda panah seperti yang di tunjukan pada gambar 3 maka akan muncul menu yang menampilkan properti domain, kalian pilih tombol paling bawah dengan tulisan 'Tambahkan properti' (Lihat gambar 4) atau lebih lengkapnya perhatikan gambar berikut:

tombol tambahkan dan tombol hapus properti domain
Gambar 5: Tombol tambahkan dan tombol hapus properti domain

Jadi kalian bisa menambahkan atau menghapus domain sekaligus pada satu halaman tersebut.

Untuk menambahkan domain baru kalian akan membuka blanko pendaftaran sebagai berikut:

cara menambahkan properti domain
Blanko akan muncul ketika kalian mengkilik tambahkan properti perhatikan petunjuk yang saya tandai dengan panah dan lingkaran merah dimana kalian seharusnya menambahkan URL halaman dengan awalan HTTPS. Jika tidak maka akan terjadi kesalahan dan kegagalan HTTPS seperti yang telah kita bahas sebelumnya. 

Dan perlu di ingat Google akan memberikan notifikasi kesalahan meskipun itu terjadi hanya pada sejumlah kecil halaman yang terpengaruh.

Walaupun hal di atas hanyalah salah satu dari fitur 'pengalaman halaman' pada web inti di google webmaster, namun mengabaikannya bisa menurunkan performa halaman blog secara dignifikan. Terutama karena ia masuk ke dalam fitur utama: Web mobile.

Dan seperti yang telah kita maklumi selama masa kejayaan halaman web telah berakhir, maka halaman mobile atau halaman selulerlah yang sekarang menempati prioritasnya Sang God Father: Google.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: