MARI BERKENALAN DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER

blogging menggunakan codeigniter
Kali ini kita mencoba bekerja dan blogging dengan menggunakan framework alih alih menggunakan platform konvensional seperti blogger blogpsot dan wordpress. Dengan cara ini akan terasa kebebasannya. Namun sebelum kita membahas codeigniter terlebih dahulu mari kita memahami apa itu framework.

codeigniter 4

Framework adalah kerangka kerja untuk mengembangkan aplikasi berbasis website maupun desktop. Kerangka kerja disini sangat membantu developer dalam menuliskan sebuah projek dengan lebih terstruktur dan tersusun rapi.

Kerangka kerja diciptakan untuk mempermudah kinerja dari programmer. Sehingga, seorang programmer tidak perlu untuk menuliskan kode secara berulang – ulang. Karena di dalamnya sendiri kita hanya perlu menyusun komponen – komponen pemrograman saja.

Apakah CodeIgniter itu?

CodeIgniter adalah Framework PHP, sederhana, ringan dan gratis karena bersifat Open Source, mudah di pelajari dan efektif dipergunakan buat membangun sebuah halaman website seperti blog. Tentu saja banyak website telah di bangun menggunakan CodeIgniter alih alih menggunakan platform yang mengikat kita dengan aturan mereka seperti blogger, wix dan wordpress. Kita dapat menggunakan CodeIgnister dan bebas mengembangkannya.

Dan karena librarynya juga sudah lengkap, hal ini akan memudahkan kita dalam membangun halaman web tanpa harus membuat elemen elemen dari NOL.

Perlu di catat bahwa:
  1. CodeIgniter mudah dipelajari karena penulisan kode kodenya sederhana
  2. Konfigurasi sangat sederhana, jadi jika kita membangun web dengannya kita dapat menggunakan berbagai library sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.
  3. Ringan. Ukuran filenya hanya 900KB, sehingga sangat ringan dan mudah di download.
  4. Memiliki artsitektur yang rapi karena CodeIgniter menggunakan sistem MVC, yakni:
  5. -model
    -view
    -controller
    Percayalah dengan model MVC inilah kode kode jadi sangat mudah dibuat, mudah dibaca dan mudah di kembangkan.
  6. CodeIgniter mudah di intergrasikan dengan librari lain meskipun berbeda.
  7. Migrasi database juga mudah
  8. Keamanan terjamin 
Kalian dapat mempelajari dan kemudian membangun website sendiri menggunakan framework CodeIgniter dengan mendownloadnya melalui link berikut:

https://www.codeigniter.com/userguide3/installation/downloads.html

Versi versinya sudah lengkap. Oleh karena ia adalah Framework PHP, memang diperlukan pengatatahuan dasar PHP agar dapat membuat sebuah halaman web berikut tema (temnplatenya) dan setelah selesai mendownload silahkan pindahkan folder CodeIgniter terlebih dahulu ke dalam folder htDocs. Lalu ekstrak. Robah nama file hasil ekstrak agar mudah di ingat.

Langkah tersebut adalah langkah awal membangun dan mengembangkan website sendiri. Selanjutnya jika sebagai pemula kalian dapat mempelajarinya. Jika kalian sudah memahaminya tentu saja dapat langsung bekerja menggunakannya....Kita akan sambung lagi tulisan ini dengan cara membuat halaman web atau blog menggnunakan framework codeigniter di lain kesempatan..

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

2 komentar

  1. Maksudnya bikin blog sendiri kah?

    Oya buat tim Editblogtema sekeluarga, Mbak Anis, Mas Sofyan, Mbak Adel, saya mau ngucapin.

    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, mohon maaf lahir batin bila ada salah dalam berkomentar. πŸ™
    1. Minal Aidzin walfaidzin: Mohon Maaf lahir dan batinπŸ™πŸ™πŸ™
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain