INI BEDANYA BIKIN TEMPLATE WORDPRESS DAN TEMPLATE BLOGSPOT

AvatarPosted By:
Menurut standar template web itu ada penjelasanya: Template web adalah sebuah pola atau cetakan bagi sebuah halaman web yang terdiri dari atau berisi konten konten.  Template di buat berbahan material script dalam bentuk bahasa kode yang memberikan perintah perintah untuk membentuk suatu layout. Sehingga tampilan halaman sebuah web secara personal dapat terbentuk sedemikian rupa. 

Pembuat template adalah orang yang menguasai bahasa kode kode ini, atau paling tidak mampu menggunakan bahasa bahasa perintah ini yang terdiri dari HTML, CSS dan juga Javascript. Mereka juga bisa di sebut sebagai desainer template.

ilustrasi template

Kalian blogging dan halaman kalian para blogger walaupun pada dasarnya sama, namun memiliki tampilan dan layout yang berbeda. Itu namanya desain template. Dan untuk blog di dunia ini ada dua platform besar blog yang sangat terkenal seperti ibaratnya Apple dan Android, yakni Wordpress dan Blogspot. Bagaimana template template mereka di bentuk?

1. WORDPRESS

Sebagai platform besar Wordpress adalah CMS yang paling mudah di pergunakan juga adalah platform blogging, sama seperti blogger. Namun berbeda dengan Blogger blogspot yang platformnya di bangun menggunakan bahasa pemrograman Python, Wordpress itu Php. Membuat template Wordpress zaman now di butuhkan paling tidak pengatahuan dasar HTML5, memahami cara kerja CSS, dan memahami Javascript. Dan tentu saja PHP karena kalian juga harus melibatkannya dalam proses pembuatannya. Ini bedanya dengan blogger, kalian tidak perlu mengerti python sama sekali untuk membuat templatenya.

Basis HTMLnya sama saja demgan membuat template halaman web lain, contohnya:
        <!DOCTYPE html>
     <html lang="en">
            <head>
<title>Halaman HTML5</title>
<meta charset="UTF-8">
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
<link rel="stylesheet" href="css/normalize.min.css">
<link rel="stylesheet" href="css/main.css">
</head>
            <body>
       <header>
<h1>Website Saya</h1>
</header>
<main>
<section>
          <header>
     <h2>Artikel Saya</h2>
</header>
<article>
<header>
<h2>Artikel</h2>
</header>
<p class="inline-text-box">Left</p><p class="inline-text-box">Right</p>
</article>
</section>
</main>
          <footer>
     <p>Copyright © 2021</p>
</footer>
</body>
</html>
Jika di banding blogger blogspot, Wordpress menyediakan lebih banyak template gratis dengan lebih banyak variasi. namun kita bisa juga membuat template untuk blog kita sendiri di wordpress biar tampak beda.

Sumber kode Template wordpress itu di simpan di dalam wp-content/themes. Untuk prosesnya kita perlu membuat folder dengan nama unik dan tidak boleh mirip dengan nama folder template lain. Kalian akan mendapatkan peringatan jika folder sama. Ini terkait dengan dengan basis php Wordpress itu sendiri.

Sebuah template di Wordpress sama saja dengan plugin yang secara prinsipil terpisah dari sumber kode utama sang Wordpress, dari sini kita jadi tahu perbedaannya dengan template Blogger blogspot yang terintegrasi langsung ke dalam sumber kode blogger blogspot. Demikian juga proses instalasinya. Beda, Gaes.

Sama dengan blogger ada dua cara proses instalasi tema atau template:
  • Otomatis, artinya tinggal klik melalui dasbor pada halaman yang menyediakan template atau tema. Beres.
  • Manual, yakni memasang tema atau template buatan pihak ketiga di luar sana atau buatan sendiri.
Template Wordpress itu sendiri hanya dapat dibuat dengan dua jenis file yakni index.php dan style.css. Itu dipergunakan oleh WP untuk menampilkan halaman postingan kalian nantinya.

2. Blogger blogspot

Blogger blogspot adalah saingan paling berat Worpress sebagai platform blogging, blogger ini di tulis dengan bahasa Python. Jadi basis platformnya beda banget dengan Wordpress. Ibarat perangkat PC, yang satu Macbook sedangkan yang lainnya adalah Laptop Windows.

Untuk membuat template blogger blogspot kalian harus menguasai atau paling tidak mengerti dasar HTML5, CSS3, dan javascript. Kalian dapat menggunakan editor HTML di dasbor blogger dan menyimpan setiap perubahannya sebelum template layak di pergunakan. Prosesnya tampak berlangsung lebih mudah ketimbang membuat beberapa plug in di wordpress.

Selanjutnya dalam hal menggunakan material script tidak akan jauh beda dengan wordpress pada dasarnya akan terlihat (pada wordpress):

<!DOCTYPE html>
 <html lang="en"> 
 <head> 
 <title>Halaman HTML5</title>
 <meta charset="UTF-8"> 
 <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"> 
 <link rel="stylesheet" href="css/normalize.min.css"> 
 <link rel="stylesheet" href="css/main.css"> 
 </head> 
 <body> 
 <header>
 <h1>Website Saya</h1> 
 </header> 
 <main> 
 <section> <header> <h2>Artikel Saya</h2> </header> <article> <header> <h2>Artikel</h2> </header> <p class="inline-text-box">Left</p><p class="inline-text-box">Right</p> </article> </section> 
 </main> 
 <footer> <p>Copyright © 2017</p> </footer> 
 </body> </html>

Dan pada blogger blogpsot juga akan terlihat seperti contoh berikut:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?> 
<!DOCTYPE html> 
<HTML>
 <head>
 <b:skin><![CDATA[ body {background-color: #cab894;background-position: center center;} a:link {font-family: 'PT Serif Caption', serif; font-size: 15px; color:#3094db;} a:hover {color: #4d4544;} a {color: #3094db;} ]]></b:skin> 
</head> 
<body> 
<b:section class='main' id='main'> <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'></b:widget> </b:section> 
</body> </HTML>

Sumber kode template blogger terintegrasi langsung ke dalam struktur blogger itu sendiri, tidak bisa dikatakan mana yang lebih sulit di buat apakah template wordpress atau template blogger blogspot? Karena membuat template itu tidak sama dengan redesain atau sekedar mengedit template default yang sudah ada. Jika benar benar membuat dari NOL, kesulitan dan kemudahan keduanya adalah setara. Kecuali pada proses instalasinya.

Kecuali pada pengaturan CSS stylenya yang terasa lebih rumit pada wordpress, mungkin karena beda platform sumber kode pengembangannya saja. Bagi saya memasang pengaturan CSS style pada Wordpress terutama untuk plugin AMP-nya terasa sangat menantang, walaupun bisa mengakibatkan sakit kepala. Sebaliknya pada template blogger hal tersebut terasa lebih sederhana.

Meskipun proses instalasi Worpress tampak membutuhkan banyak tool, namun kemudahan antar muka dasbor worpress sangatlah user friendly sehingga proses akan terasa menjadi sangat mudah. Sebaliknya blogger blogspot juga telah melakukan update pada antar muka dasbornya pada tahun 2020 lalu, bagaimanapun, dalam hal update harus di akui wordpress lebih unggul.

Yang jelas perbedaannya adalah:
  1. Template blog terintegrasi langsung dengan sumber kode blogger itu sendiri sehingga dapat langsung di pasang melalui pengaturan dasbor dan dipergunakan jika penulisannya telah benar meskipun di simpan terpisah di dalam perangkat.
  2. Template wordpress adalah plugin dan terpisah dari sumber kode wordpress itu sendiri dan harus melalui proses instalasi setelah semua kode kodenya di tulis dengan benar. Karena disimpan pada folder khusus.
Meskipun dapur kedua platform blogging ini beda namun untuk penggunaannya relatif sama, demikian juga tampilannya setelah jadi. Orang awam sepintas tidak akan bisa membedakan mana blogging melalui wordpress dan mana yang blogging melalui blogspot. Bahkan jika kita bandingkan dengan Wix, CodeIgnister, atau sekalipun blogging melalui weebly.

Jadi menurut kalian mana yang lebih sulit? Membuat template wordpress atau template blogger blogspot? Menurut saya sih sama. Namun bagi yang tidak memahami wordpress pasti bilangnya sulit bikin template wordpress, dan bagi yang tidak mengerti blogger pasti bilangnya ribet banget bikin template blogger blogspot.

Peringatan: Isi konten bisa saja tidak sama lagi dengan fakta dilapangan seiring waktu setiap platform telah berubah karena up to date.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

3 Komentar untuk "INI BEDANYA BIKIN TEMPLATE WORDPRESS DAN TEMPLATE BLOGSPOT"

  1. saya mau pindah lagi ke wp rasanya, tapi entah mengapa masih ragu, apalagi earning adsense merosot drastis sejak iklan link di hilangkan, heem,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata koh kuanyu juga merasakan hal sama ya, pendapatan adsense turun sejak bulan Mei

      Hapus
  2. Menurut saya memang sama karena tidak tahu bedanya, maklum tinggal pakai saja template bawaan blogger atau beli template premium.

    Makanya salut kepada para pembuat template yang menguasai kode kode html, CSS dan javascript

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel