SADAR GAK, BETAPA MUDAHNYA MENULIS DAN BLOGGING DI ZAMAN NOW

AvatarOleh:
Setidaknya zamannya telah mendukung. Coba bayangkan pada zaman dulu untuk menulis orang orang tua kita menunggu PC desktop atau laptop. Kalau zaman sekarang? Di tangan kalian ada hape, tablet bahkan laptop dan netbook di jual murah. Masih ada lagi tersedia yang lebih murah di pasar barang barang elektronik seken.

betapa mudahnya blogging di zaman now

Dari trafik dan pantauan web 2020 terindikasi bagaimana orang orang menulis di halaman web:

Berdasarkan perangkat:
  • Menggunakan perangkat mobile: Seluler, Tablet, netbook ringan 76%
  • Menggunakan perangkat PC: 23%
  • Lain lain: 1%
Siapa yang masih menunggu punya laptop dulu baru menulis di zaman now?

Berarti memang tidak niat menulis atau paradigma dan cara berfikirnya masih tertinggal di zaman 'old'.

Kebanyakan pelaku bisnis online juga melakukan transaksi melalui seluler web alih alih menggunakan laptop dengan alasan jauh lebih mobile dan mempercepat urusan. Pada akhirmya mereka juga menulis ulasan, mereview produk dan menjawab pertanyaan melalui perangkat mobile mereka.

APA YANG DAPAT DI LAKUKAN OLEH PERANGKAT MOBILE?

Blogging, saya menulis dan membuat konten ini menggunakan seluler. Jika ada yang berpendapat itu sulit dapat di fahami hanya karena tidak terbiasa saja. Saya bahkan merasa kesulitan menggunakan laptop karena terbiasa blogging melalui tablet dan ponsel seluler. Contoh contoh nyata pada kehidupan sehari hari di zaman now:

Bisnis online. Saya bisa berjualan di toko toko online, melakukan transaksi, merespon pesanan dan melakukan eksekusi melalui ponsel seluler dan menghasilkan cuan.

Jaringan sosial. Saya dapat mendukung jaringan bisnis saya melalui kegiatan jaringan sosial seperti tiwtter, IG dan halaman facebook 100% menggunakan ponsel seluler.

Dan bahkan beberapa orang terbukti telah menulis cerita panjang dalam bentuk novel online dan berhasil cuan dengan penjualan e-book melalui platform mobile online.

Semua itu tadinya dilakukan melalui perangkat PC dekstop dan laptop. Tidak ada lagi diperlukan laptop seperti pada zaman ibu ibu kita berbisnis online dulu.

Lalu ada bukti lain, bagaimana pasar laptop perlahan lahan menurun secara global dan bagaimana perlahan lahan pasar tablet mulai menarik perhatian karena peningkatan hardware dan softwarenya yang pesat melebihi perangkat PC konvesional. Yang penting jauh lebih mobile dan lebih praktis.

Mengapa saya singgung tablet? Karena ia masih versi mobile. Ia memiliki semua fitur telefoni, tipis ringan dan memiliki kompresi yang sangat tinggi. Ia juga memiliki ketahanan battery sebuah telepon seluler jika di banding dengan sebuah laptop yang lebih boros battery. Mungkin beberapa laptop high end seharga belasan juta saja yang dapat menyamainya.

Tablet juga secara ukuran berada di tengah tengah diantara laptop dan hape seluler. Jika dikasih dudukan dan keyboard bluetooth maka ia benar benar berubah menjadi sebuah laptop. Dan kalian bisa bekerja atau menulis berjam jam tanpa kuatir kehabisan battery, soal jaringan ya cari saja tempat yang menyediakan wi fi gratis.

Walaupun PC masih memiliki segmen pasar untuk beberapa game berat dan beberapa pekerjaan produktivitas berat namun pasar mereka untuk umum telah tergerus banyak. Bagaimana mungkin saya membeli laptop jika sebuah tablet dapat semua melakukan pekerjaan yang saya butuhkan? Dengan sebuah laptop saya akan mubazir ruang, akan menghambat mobilitas. Sedangkan tablet dan seluler memiliki banyak fitur pendukung dari telefoni hingga kamera berkekuatan besar.

Mengapa menulis dan blogging itu mudah di zaman now?

Berikut kesimpulannya:
  1. Tidak menggunakan tinta dan kertas, tidak usah takut ruang simpan fisik memenuhi meja dan lacinya.
  2. Tidak memerlukan mesin ketik, ada hape kok.
  3. Tidak perlu repot kirim tulisan ke penerbit. Otomatis di terbitkan kok walaupun tidak di submit ke Google webmaster sebagai penerbit onlinenya.
  4. Tidak perlu terlalu takut kesalahan karena bisa di edit sewaktu waktu
  5. Tidak perlu takut keamanan, misalnya penyimpanan naskah, semuanya telah disimpan pada sistem cloud.
  6. Berpotensi mendatangkan cuan sekaligus nama dan menjadi terkenal.
Namun harus di ingat:
  1. Semua pekerjaan membutuhkan keahlian, maka asah kemampuan menulis kalian
  2. Topik tulisan membutuhkan skill dan bidangnya juga contohnya karena saya memiliki pengatahuan koding dan blogging jadi saya lebih pede menulis seputar blogging berikut bumbu bumbu kodingnya. (Kebetulan salah seorang dari admin adalah pelajar IT dan programming).
  3. Semua keberhasilan membutuhkan proses dan waktu, namun jika kalian tidak memulainya dari sekarang keberhasilan tidak akan datang dengan sendirinya. 
  4. Harus ulet, tabah dan terus berjuang. Supaya lebih mudah dan termotivasi, tulislah perihal atau seputar apa saja yang sedang kalian minati.
Jangan menunggu lagi, bukan hanya menulis, apapun yang kalian inginkan segera lakukan secepatnya mulai dari sekarang. Kesempatan tidak selalu menunggu kita, kita yang mengambilnya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar untuk "SADAR GAK, BETAPA MUDAHNYA MENULIS DAN BLOGGING DI ZAMAN NOW"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel