Viomagz buatan Mas Sugeng adalah template buatan pihak ketiga yang paling banyak dipergunakan, harus diakui itu adalah template yang hebat. Akan tetapi harus di akui juga beberapa versi lamanya masih menggunakan layout yang sudah ketinggalan zaman, layout versi kedua. Namun itu bukan poin penting.

cara menyembunyikan label template viomagz

Satu widget pada template template lawas yang apabila di tampilkan akan memenuhi tampilan ruang tataletak template blog menurut saya adalah: widget Label. Terutama jika kita ingin menampilkan semua label tanpa harus menampilkannya secara keseluruhan kita butuh tombol 'hide and unhide' seperti layaknya yang terdapat pada template template terbaru dengan layout versi ketiga dan hide unhide itu di sisi blogger (blogspot) sudah menjadi standar di zaman now.

Saya tidak dapat memasang dan membiarkan widget label dan lalu label labelnya memenuhi sidebar template viomagz misalnya, atau meletakannya di bagian footer dan semua label tersebut tampil memenuhinya terutama jika kalian telah memiliki 500-1000 konten dengan berbagai label telah disematkan ke setiap artikel atau konten konten tersebut. Padahal seluruh label itu suatu waktu sangat berguna untuk ditampilkan.

Cara membuat label menjadi HIDE dan UNHIDE pada template viomagz:
  • Masuk ke pengaturan (dasbor) blogger.
  • Pilih menu TEMA
  • Setelah itu cari menu Edit HTML
Setelah itu kita akan masuk ke halaman editor HTML blogger. 
Di bagian atas kanan kode HTML Klik ikon 'grid' yang mengarahkan kita ke 'lompat ke widget'. Maka akan muncul menu dropdown sebagai berikut caranya:

blogger go to widget

 Setelah muncul menu, pilih label (tidak masalah label1 atau laebel2 yang terlihat). Nah kalian akan melihat kode label yang dapat kita ciutkan sebagai berikut:

<b:widget id='Label2' locked='false' title='Labels' type='Label' visible='true'> <=> </b:widget>

Arti kaliamat di atas adalah dari <b:widget id='Label2' locked='false' title='Labels' type='Label' visible='true'> Ke </b:widget> Terdapat <=> yang di dalamnya terdapat ribuan kode kode yagn di 'unhide'.

kode Labels di dalam templat blogger

Baiklah akan saya jelaskan mengapa kode tersebut saya tandai dengan panah merah adapun tanda  <=> di dalamnya tersembunyi atau ter-split kode kode lanjutan kode tersebut istilahnya juga 'hide dan unhide' atau 'expand dan unexpand' karena jika kode warna biru dengan dua arah mata panah warna putih itu di klik maka akan muncul kode panjang yang sebenarnya. 

Nah untuk membuatnya menjadi sesingkat itu kalian cukup mengklik tepi kode dengan nomor urut namun ada mata panah warna hitamnya, klik mata panah tersebut. Perhatikan saya mengklik nomor 59 untuk meringkas kode kode tersebut.

Setelah itu kalian bisa menghapus kode tersebut dengan menyorotnya dari <b:widget....> sampai </b:widget> maka seluruh kode kode tersebut akan terhapus. 

Untuk membuatnya tersembunyi, kalian masuk ke template bawaan terbaru blogger melalui blog dummy atau blog latihan kalian yang menggunakan template varian notable, lalu lakukan hal yang sama ketika mencari widget label seperti di atas tadi dan jika sudah ketemu maka lakukan lagi hal yang sama, namun kali ini bukan menghapus melainkan untuk mengkopinya. 

Artinya kalian harus mengklik awal kode <b:widget id='Label2' locked='false' title='Labels' type='Label' visible='true'> <=> hingga ke: </b:widget> 

Copy semua kode tersebut.

lalu kembali ketemplate viomagz kalian dan hasil kopi kode kode label dari template notable tadi di pastekan ke template viomagz yakni sebagai pengganti kode label yang telah di hapus tadi.

Sederhana bukan...

Hasil sebelum dan sesudah dapat kalian buktikan sebagai berikut:

Widget label sebelum: Lihat DEMO itu beruntung labelnya masih sedikit
Widget label sesudah: Lihat DEMO dan silahkan klik 'Detail' di bagian footer  template

Atau contoh visualnya dapat di lihat melalui visual video berikut:



Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: