GUNAKAN KESEMPATAN SELAGI MASIH MUDA KARENA JIKA KALIAN SUDAH TUA...

masa muda hanya sekali, namun banyak sekali manusia yang telah menyia nyiakannya.
Masa muda adalah masa terindah dalam hidup semua spesies makhluk di dunia ini. bukan hanya manusia bahkan dunia hewan hingga tanaman. Masa muda adalah masa yang paling indah!

Hewan hewan dan serangga berlarian dan berterbangan di pagi hari. Kijang dan Jaguar masih bisa melompat menerjang debu dan angin. Pepohonan dan tanaman berbunga indah pada masa mereka semua muda. Sepertinya Kalian melihat kepompong dan kupu kupu indah pada saat mereka masih muda.

generasi muda
ilustrasi generasi muda
Hanya di waktu mudalah makhluk hidup memiliki energi dan tenaga untuk meraih impiannya, bukan ketika mereka telah menjadi tua. Dan perhatikan bagaimana semua makhluk hidup baru menyadarinya secara naluriah setelah mereka menjadi tua. Para induk hewan bahkan rela menyabung nyawa demi menyiapkan kehidupan keturunannya yang masih muda. Manusia yang yang telah menjadi orang tua rela berkorban tenaga, waktu, darah dan airmata demi mendidik anak anaknya. 

Mereka tidak ingin anak anaknya seperti mereka. Mereka ingin melihat keturunannya memanfaatkan masa mudanya demi meraih impian dan harapan hidup dan kehidupan yang jauh lebih baik.

Dan lihatlah para bintang di arena olahraga mereka berprestasi di waktu mereka masih muda, lihat juga para artis di atas panggung itu, mereka beraksi dan bernyanyi hanya ketika mereka masih muda. Saya tidak dapat menceritakan sejuta keindahan masa muda bahkan pada saat saya telah melaluinya bersama suka dan dukanya. 

Melalui tulisan ini Saya hanya ingin mewakili banyak manusia di dunia ini yang telah mengatakan penyesalannya. Namun tidak di dengar.

1. Kalian pergi ke sekolah ketika kalian masih muda

Hanya dimasa muda kalian melewati jenjang pendidikan ini: Dari masa prasekolah hingga ke Universitas. Pada masa itu kalian mendapatkan banyak teman sekaligus belajar berinteraksi dengan sesama manusia. Kalian akan mendapatkan banyak hal untuk bekal hidup kelak: Ilmu pengatahuan, persahabatan, dan pengalaman emosional yang stabil.

Saya pernah mengalaminya dan harus di akui pengalaman itu begitu indahnya.

masa bersekolah
ilustrasi masa bersekolah
Jika kalian menyia nyiakannya kalian pasti akan menyesal. Bayangkan sangatlah sulit masuk ke sekolah dasar pada saat kalian telah berusia 30 tahun, bukan? Sangat sulit mengejar segala ketinggalan sementara seharusnya kalian sudah bekerja. Lalu pekerjaan apa yang kalian dapatkan tanpa pendidikan ketika berusia 30 tahun?

Hanya sedikit orang beruntung tanpa pendidikan. Dan tidak ada orang yang dapat mengandalkan keberuntungan selamanya. Pekerjaan yang di dapat oleh orang yang tidak memiliki pendidikan yang memadai adalah pekerjaan pekerjaan kasar. Saya pernah juga mengalaminya, menjadi kuli bangunan hingga pelayan di restoran.

Kalian mungkin bisa kembali memulai pendidikan dengan segala cara di usia yang telah tua. Tapi di butuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Namun fisik dan fokus fikiran tidak akan pernah sama lagi pada saat masa muda dulu. Saya selalu berkaca dan berkata kepada diri saya sendiri: Andai saya bisa kembali kemasa lalu...Tapi saya tidak bisa membalikan waktu.

Wel, saya sedang mengakui fakta walaupun harus melibatkan paradox karena jika saya bisa melakukannya maka saya harus membawa semua orang  bersama saya, waktu menjadi chaos dan kalian tidak jadi di lahirkan. 

2. Kalian hanya memiliki kesempatan menjadi pegawai negeri dan sipil ketika masih muda.

Syarat menjadi karyawan kebanyakan diantaranya telah di patok:
  • Usia 20-28 tahun
  • Minimal pendidikan SMA, diploma atau S1
Perhatikan baik baik. Dengan menjadi karyawan kalian akan mendapatkan gaji untuk menunjang kehidupan sehari hari, menabung dan mengirim uang kepada orang tua. Dengan menjadi pegawai negeri  sipil, polisi, tentara dst, kalian akan mendapatkan jaminan pensiun dan mendapatkan kehidupan yang layak.

Dan pada masa masa itu kalian juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan karir hingga mencapai puncaknya dan membuat orang tua menjadi bangga. 

Tapi semua itu harus di perjuangkan selagi kalian masa muda, setelah melalui jenjang jenjang pendidikan yang memadai.

3. Kalian hanya bisa memiliki kesempatan berprestasi di lapangan olahraga di usia masih muda.

olahraga hanya bisa dilakukan di masa muda
olahraga hanya bisa dilakukan di masa muda
Saya dulu kuliah dan sering melihat kamar seorang teman yang terkenal sebagai mahasiswa teladan. Ia seorang yang ramah, sangat menghormati orang tuanya. Suatu hari tidak sengaja saya membaca tulisan tangannya pada selembar kertas yang dia tempelkan di dinding kamar kosnya. Bunyinya:
Seandainya bisa kuberikan seluruh masa mudaku, akan kuberikan kepada ayah ibuku, agar mereka dapat merasakan indahnya lapangan olahraga dan manisnya duduk di bangku sekolah
Entah mengapa walupun pada waktu itu saya masih sangat muda tulisan itu berbekas di hati saya. Saya jadi merenungkan betapa ruang waktu kita hidup ini memangkas hidup kita tanpa ampun untuk menjalani suka duka hidup dan kehidupan kita.

4. Kalian bisa menjadi aktor dan artis dalam kehidupan hanya di usia muda karena hanya pada masa mudalah kalian memiliki ke tampanan dan kecantikan.

Saya mencari channel Rano karno, Iis sugianto, Benyamin S dan membaca kembali kisah masa lalu mereka yang penuh gagap gempita oleh gemerlapnya dunia. Kini mereka sudah tua bersama ribuan artis angkatan mereka. Bahkan beberapa orang telah meninggal dunia.

penyanyi dan artis

Tidak ada lagi fans yang histeris. Tidak ada lagi puja puji. Hilanglah sudah ketampanan dan dan kecantikan mereka. Saya sampai heran setelah melihat Iis sugianto sekarang dan mengenang betapa dulu saya sangat mengidolakannya. 

Sampai saya akhinya menyadari, kita semua telah, sedang dan akan mengalami masa masa itu dalam konteks kita sendiri. Indah pada masanya untuk suatu masa. Tapi tiak untuk segala masa.

Dalam waktu manusia hanya memiliki satu kesempatan masa muda untuk membangun segalanya, untuk menemukan jati diri. Semua orang menyadarinya, tapi kebanyakan mereka - sama seperti saya - sering sekali melalaikannya.

5 Masa muda tidak abadi

Masa muda hanya sekali. Akan tetapi kesempatan yang sekali itu akan memberikan arti. paling tidak Mike Tyson, Pele dan Maradona telah menjadi legenda. Walaupun semua orang tahu waktu mereka telah berlalu. 

Pekerjaan, jabatan, prestasi apapun pasti memiliki batas waktu. Pegawai negeri akan segera menjadi tua dan pensiun. Rafi Ahmad, Ayu ting ting sebenatar lagi akan menjadi tua dan kita tahu sejauh mana mereka akan bertahan pada profesi mereka. 

Panglima perang juga akan menjadi tua lalu berhenti memimpin pasukan. Bahkan jabatan Raja akan di akhiri oleh kematian. Namun semua itu ada meninggalkan catatan sejarah. Kita hanya akan di kenang dan di tuliskan dalam buku buku digital khazanah kehidupan jika telah memperjuangkannya di masa muda.

Hanya di masa muda. 

Ada beberapa gelintir manusia yang tidak mengeluh pada kehidupan masa mudanya yang miskin. Mereka membantu orang tua mereka bekerja sambil bersekolah. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang membeayai sekolah mereka sendiri. Namun kini mereka telah menjadi orang orang berguna.

Jika kalian masih muda, kalian masih bisa melakukan hal ini jauh lebih baik:
  • Belajar
  • Berbakti pada orang tua
  • Bekerja dan mengejar prestasi
  • Dan masih banyak lagi
Ingat hanya di masa muda.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

3 komentar

  1. Posting yang menginspirasi. Memang sang waktu tak dapat diputar ulang.
    1. jika dapat di kembalikan kacaubalaulah ruang waktu alam semesta. Chaos. he he he
    2. Benar sekali.
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain