INI DIA MIKROFON CONDENSER MURAH UNTUK VIDEO STREAMING

Microfon murah namun cukup bagus untuk melengkapi audio video streaming

Membuat video berarti mengolah audio sekaligus, ya kan. Kalau tidak ada audio berarti videonya bisu. Atau videonya bagus namun audionya hancur, pasti akan mengurangi performa konten secara keseluruhan. Terutama audio akan sangat membantu kejelasan konten yang berisi narasi dari si pembuat kontennya.

Di sanalah pentingnya peralatan audio tadi. Bagi pemula seperti kami, yang belum butuh butuh amat studio dengan perlengkapan premium namun tetap sangat berkepentingan membuat konten yang dapat di fahami oleh pengguna, maka mau tidak mau harus menggunakannya.

Audio selalu di butuhkan oleh konten video, walau tidak selamanya demikian. Mungkin kalangan disabilitas pendengaran tidak membutuhkannya. Mereka hanya dapat melihat gerakan namun tidak bisa mendengarkan.

Beda dengan konten audio, mungkin saja tidak memerlukan video, misalnya ketika di konsumsi kalanngan kaum disabilitas penglihatan, mereka cukup mendengarkan suara. Atau pada zaman ke emasan radio dimana suara penyiar hadir tanpa visual dalam bentuk gambar bergerak berformat video.

Namun kini konten video menjadi sangat penting, ia selangkah berada di depan konten tulisan.

menggunakan condenser mic

Dapat kiriman microfon

Kemaren Saya mendapatkan keberuntungan di kirimi satu microfon condenser, pengirimnya seorang teman yang tidak ingin di publikasikan mengatakan harganya tidak sampai 100 ribu, namun kualitasnya tidak mengecewakan. Jadi akhirnya saya mencobanya. Dan apakah memang benar?

Kalau di ingat mereknya yang tidak terkenal (tonton video di atas) dan ujudnya yang standar microfon, terbuat dari bahan plastik dengan kabel jack standar yang dapat di colokan ke laptop, tablet dan hape yang masih memiliki lobang jack, saya hampir tidak percaya ia akhirnya dapat bekerja dengan baik setelah di hubungkan ke hape yang saya 'pekerjakan' sebagai kamera.

Microfon ini memiliki tiang tripod yang bagian kakinya dapat di tutup buka, dan  jika dilihat dari sana tampaknya memang bagus untuk di letakan di atas meja dan membuat konten video narasi bersamanya. Tapi pada saat pertama menggunakannya saya kecewaa dan menyangka teman yang menelpon saya hanya zonk. 


Betapa tidak saat saya jack colokannya saya masukan ke lobang jack hape samsung saya, audionya tidak memberikan efek apa apa. Wah saya pikir alat ini tidak bekerja alias omong kosong. Untung saya belum membeli. Akan tetapi ketika saya telpon, teman itu mengatakan, saya harus membeli audio jack splitter seperti gambar berikut:

Besoknya baru saya pergi membelinya. Dan benar saja setelah menggunakan OTG jack audio splitter ini microfon bekerja! Saya menggunggah videonya ke Youtube.

Hasilnya suara video yang saya rekam melalui hape menjadi lebih keras dan jernih. Saya lalu berfikir dengan microfon ini saja sudah lebih dari cukup untuk menunjang pekerjaan membuat konten yang berisi narasi suara. Dari hasi saya mencoba di atas saya dapat menyimpulkan bahwa microfon condenser murah ini dapat di andalkan.

Tertuama bagi mereka yang memiliki dana terbatas seperti saya. Ia berguna untuk:
  • Membuat konten video berisi narasi suara 
  • Berguna untuk membuat konten video live streaming seperti gaming
  • Berguna untuk pelajar, mahasiswa yang sedang belajar daring.
  • Berguna buat chatting, dan bisnis online.
Ia sangat murah, bahkan saya menemukan toko online menjualnya seharga 60 ribuan, kalau menurut saya harganya di kisaran 85ribu sampai 150ribuan rupiah, tergantung toko mana yang menjualnya.

Microfon condenser bermerek.

Tentu saja terdapat beberapa microfon bermerk yang harganya sampai 25 kali lipat harga microfon yang telah saya ulas tadi. Dan ia juga di jual dan di tawarkan di toko toko online dengan harga beragam. Sebenarnya saya ingin sekali membeli salah satunya.

Untuk lebih jelas tentang tulisan ini, silahkan tonton video di atas.

Kesimpulan:

Membuat video berarti juga membuat dan mengolah konten audionya sekaligus. Terutama buat konten narasi seperti yang saya lakukan. Karena jika video tanpa suara, berarti video bisu. Dan jika audionya buruk maka pesan kontennya tidak bakalan maksimal sampai ke penonton.

Mungkin beberapa orang memiliki bakat mengolah suara dan memiliki suara yang keras dan jelas. Tapi tidak semua orang beruntung memiliki performa yang bagus dalam mengolah suara secara alami.

Itulah sebabnya terkadang kita butuh alat bantu perangkat audio seperti microfon condeser ini.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

3 komentar

  1. buat yutuber cocok bgt nih ya Bang...
    1. pemula ya...rekam video pakai hape namun tetap bisa bikin konten dan membangun channel perlahan lahan
  2. Aku juga makai Mic Condensor Seperti itu Bang . Ku tambah V8, Mantap Untuk Menyanyi Di Smule.
    O Iya Bang Mohon Bantuan Bagaimana Cara Memindahkan Judul Blog Pada Template Contempo. Agar posisinya ketika Berada di Home Persis Blog Abang Ini. Aku menggunakan Hp jadi tidak bisa Menginspecting Element /view Source. Mohon Bantuannya Terima Kasih Sebelumnya
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain