MENGAPA SAYA MELUPAKAN MACBOOK SAYA HARI INI

AvatarOleh:
Rasanya memang benar, dunia semakin mobile hari ini, dan bagi saya itu dapat di wakili oleh tablet Android dan iPad. Namun tentu saja saya tidak menutup mata terhadap penyesuaian penggunaan perangkat kerja dengan kebutuhan. Dan menurut kebutuhan saya sebuah tablet telah melampaui ekspektasi saya selama ini.

tablet samsung tab s7

Bayangkan hampir seluruh halaman blog dan website saya kerjakan dan saya buat konten kontennya menggunakan tablet dan iPad lawas keluaran tahun 2014. Sebelum saya memutuskan menggantinya dengan tablet flagship tab s 7plus saya yang sekarang.

Tentu saja ini adalah pengalaman pribadi. Karena saya juga memiliki Macbook 12 inchi keluaran 2017 dan sebuah laptop windows HP. Namun keduanya sering saya abaikan karena saya selalu melakukan pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi. Membawa mereka bersama backpack saya yang kecil cukup menjadi beban juga.
  1. Yang saya butuhkan adalah perangkat mobile, namun ia harus sekuat sebuah laptop dan macbook! Ia harus memiliki hal hal berikut:
  2. Pengedit video atau editor video yang kuat.
  3. Aplikasi pengedit gambar atau editor gambar yang mumpuni.
  4. Aplikasi menggambar
  5. Aplikasi office buat belajar, bekerja dan berproduktifitas.
  6. Mutimedia untuk menonton video, medsos dan aplikasi aplikasi game.
  7. Fitur kamera yang kuat untuk pengambilan gambar dan video untuk membuat konten dan melengkapi dokumen.
  8. Dan jika perlu disamping chat menggunakan whatsapp, saya bisa menelpon keluarga secara konvensional layaknya hape.
  9. Ketahanan daya battery.
Baca Juga: 

ZAMAN MOBILE, BUKAN HANYA BLOGGING, NONTON TV DAN MUTIMEDIA VIA HAPE DAN TABLET ANDROID


Jujur semua itu tidak saya dapatkan dengan mudah pada laptop windows dan macbook,  dan hal tersebut baru saja saya dapatkan melalui perangkat tablet, saya membuat video instan berikut untuk menggambarkan sebagian fitur 'PC' yang terdapat padanya:


Alasan mengapa hal ini terjadi tidak lain adalah:
  • Perkembangan teknologi seluler baik hape dan tablet sangat cepat melebihi teknologi PC laptop dan desktop.
  • Baik hardware maupun software sebuah tablet telah mendukung hampir semua kegiatan berproduktifitas atau buat beklerja.
  • praktis dan mobilitasnya tinggi.
  • Tablet bisa mewakili laptop dan hape sekaligus.
Dan pada akhirnya saya secara pribadi mendeklarasikan bahwa tablet Android itu memang sangat nyaman buat bekerja, blogging, dan multimedia. Saya percaya kedepannya akan lebih banyak tablet murah menjadi pilihan buat belajar, bekerja dan dan hiburan ketimbang PC dekstop dan laptop.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan sebuah iPad dan Tablet Android dapat menjalankan aplikasi drawing seperti Google sketchup dan autodesk atau autocad. Jika semua hal telah terpenuhi, memiliki sebuah laptop yang tersisa hanyalah pilihan selera pengguna.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, namun tidak ada juga yang abadi selamanya di pergunakan, bukan. Adapun alasan utama saya memilih menggunakan tablet alih alih laptop untuk zaman kini adalah:

1. Kinerjanya cepat dan anti panas.

Tablet tidak menggunakan prosesor Laptop yang harus menggunakan kipas pendingin, tablet pada umumnya menggunakan prosesor mobile, namun jangan di remehkan kinerjanya dari waktu ke waktu menjadi sangat ngebut, bahkan menurut saya untuk beberapa kebutuhan menjadi jauh lebih cepat daripada kinerja laptop mungkin karena daya kompresinya

Dengan mengunakan chipset terbaru dari Qualcomm SM8250, dan  Snapdragon 865 5G+ (7 nm+), CPUOcta-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585, GPU Adreno 650 terang sekali kecepatannya tidak diragukan.

Hal ini berbeda jika menggunakan chipset PC seperti laptop windows maka tablet tidak mungkin menjadi setipis itu karena akan kesulitan mengalirkan suhu panas akibat ketiadaan ruang pada bodynya.

Kinerja Tablet ini bahkan melebihi laptop standard kelas menengah. Ketika tablet Tab S 7 plus saya pergunakan untuk membuat dan mengedit video ia sama sekali tidak mengalami kesulitan. Saya menggunakan Kinmaster pro, pengedit adobe lightroom, dll tidak pernah sekalipun mengalami lag. Dan perangkat tablet saya tetap terasa dingin. Tidak pernah overheat.

Saya merasakan, untuk video editing standar dengan spesifikasi chipset di atas sudah jauh melampuai ekspektasi saya yang selama ini menggunakan macbook, ternyata tablet ini melakukannya dengan jauh lebih mudah.

2. Jauh lebih kompak dan ringan

Meskipun bentang layarnya lebih besar daripada macbook 12 inchi 2017 milik saya, namun tablet ini jauh lebih kompak, lebih mobile dan lebih ringan. Meskipun ia telah di lengkapi dengan back cover dan keyboard, dalam kompaknya ia telah memenangkan hati saya.

3. Aplikasi melimpah

Wah mana ada Windows 10 dan Windows 11 memiliki aplikasi aplikasi berton ton seperti Play Store Android, melaluinya saya dapat mendownload berbagai aplikasi gratis mulai dari yang sifatnya utility, games hingga produktivitas. Dan jangan lupa aplikasi aplikasi ini berkembang semakin sempurna melalui update demi update yang telah di laluinya.

Dan ini memberikan nilai lebih yang tidak saya dapatkan pada saat menggunakan laptop windows dan macbook.

4. Layar sentuh dan S-pen

S-Pen adalah sebuah hardware terbaik dalam menulis di layar. 

Dengan di lengkapi S-pen yang presesi tentu saja ia memiliki nilai tambah yang jarang sekali di miliki oleh sebuah laptop. Menggunakan pensil ini saya dapat membuat ilustrasi ringan, catatan dan sktesa. 

Seolah memiliki pensil nyata dan ketika menggoreskannya ke atas layar, terasa seperti menulis di atas selembar kertas yang sangat bermutu tinggi.

Layar tablet ini sendiri adalah super amoled yang sangat memanjakan mata, ia memiliki sepuluh titik sentuh dengan akurasi yang sangat tinggi. Artinya dengan menyentuhkan kelima jari layar dapat membedakannya untuk memberikan respon yang berbeda beda secara tepat dan akurat.

Layar sentuh memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan ketika saya mengerjakan pekerjaan berproduktivitas. Misalnya ia dapat di sentuh untuk menavigasi halaman pada saat pengetikan atau pengeditan. Ia juga dapat menampilkan keyboard sentuh jika keyboard fisik ketinggalan. Artinya pekerjaan tidak perlu tehenti.

5. OS yang semakin maju dan powerful

Semakin lama sistem operasi tablet semakin maju dan mulai mempersempit gap dengan sistem operasi sebuah PC baik dekstop maupun laptop.

Dukungan hardware dan software yang berkembang cepat menjadikan perangkat mobile ini sebagai perangkat yang paling cepat berkembang, dan harus di akui akan segera melebihi PC dekstop dan laptop.

Contohnya kemampuan multitasking yang semakin mirip dengan laptop windows, macbook dan perangkat desktop. Juga kemampuan fifle managemen yang semakin komplit mendekati kebutuhan bekerja seperti pada sebuah laptop.

Kekurangan:

Namun tentu saja di samping 5 kelebihan di atas terdapat juga kekurangan. 
  • Secara fisik tab s 7 hanya memiliki satu lubang colokan untuk charging. Ini menyulitkan saya dalam mentrasfer data. meskipun ada fitur smart transfer melalui nirkabel, namun tidak praktis untuk mentrasfer fifle dan dokumen ukuran besar. 
  • Bagaimanapun dalam beberapa hal aplikasi laptop mungkin masih lebih kuat jika di banding dengan aplikasi tablet, meskipun ini hanya menunggu waktu untuk memperkecil gap-nya.
  • Beberapa format video juga belum kompatibel dengan format video yang di baca oleh sebuah laptop.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

3 Komentar untuk "MENGAPA SAYA MELUPAKAN MACBOOK SAYA HARI INI"

  1. Jadi kepengen tablet juga habis baca ini, cari ke google ah barangkali ada tablet sejutaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dapatkan refurbish di alibaba atau toko toko online, saya pernah beli tidak mengecewakan, lho

      Hapus
  2. mantap,tapi tablet sya lama rusak

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel