MANA YANG LEBIH BAGUS MICROSOFT OFFICE ATAU WPS BUAT PENGGUNA UMUM?

Microsoft Office memang dipergunakan secara luas, dan ia pernah begitu mendominasi kalau tidak bisa di katakan memonopoli penggunaan aplikasi office di seluruh perkantoran di dunia. Ia menjadi aplikasi office yang paling banyak di pergunakan untuk berproduktivitas. Tapi itu dulu, kini perlahan lahan tapi pasti beberapa aplikasi office yang lebih menarik dan memiliki fitur gratis mulai memudarkan dominasinya.

ms office versus wps
MS.Office versus WPS

MS. Office paling tidak telah mendapatkan saingan potensial dimana mana, dan ketika dunia berubah menjadi semakin mobile MS. Office baru memulai debutnya sebagai aplikasi office mobile setelah google office, WPS. Office suite dan Polaris mendahuluinya berada di store aplikasi Android dan Apple. 

Akhirnya MS. Office berada di Android dan iOS karena tidak mau tertinggal oleh persaingan aplikasi office versi mobile yang semakin menjanjikan.

Untuk pengguna hape dan tablet dengan ukuran layar di bawah 10" MS. Office masih dapat dipergunakan secara gratis, akan tetapi untuk tablet dan iPad dengan ukuran layar di atas 10" Microsoft Office memungut bayaran seperti layaknya pengguna laptop dan macbook. 

Dan seperti yang telah kita ketahui ukuran layar tablet Android dan iPadnya Apple setiap tahun bertambah besar. Misalnya Samsung tab S 7 Plus memiliki ukuran 12,4" sedangkan iPad Pro memiliki bentang layar 12,9" tak pelak lagi kedua ukuran layar gagdet mobile sebesar itu di anggap atau di masukan sebagai 'laptop' dan 'macbook' oleh Microsoft dan harus membayar jika ingin menggunakan Microsoft Office.

JADI BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN OFFICE GRATIS?

Tentu saja ada versi MS.Office versi Offline yang dapat kita beli dan mendapatkan update setiap kali penambahan fitur dan keamanannya datang dari tahun ke tahun. Tapi ini pada umumnya dipergunakan pada PC dekstop dan Laptop. Belum ada aplikasi offline untuk perangkat mobile seperti hape dan tablet atau iPhone dan iPad.


Yang kita pergunakan pada perangkat mobile adalah aplikasi office yang berjalan pada sistem office atau fitur Microsoft 365, artinya kalian harus memiliki akun microsoft untuk mengaktifkannya, harus online. Dan melalui fitur 365 inilah Microsoft mengontrol masa 'sewa' dimana kalian di haruskan membayar setiap bulannya. Yang paling murah buat rumahan saja untuk di pakai 2-6 orang dengan ruang simpan cloud hingga 1 terabit kalian harus membayar RP. 129.999,- perbulan.

Namun untuk memilikinya secara gratis memang ada beberapa cara:

1.) MS.Office gratis? Oh ya jika kalian seorang pelajar atau terkait dengan dunia pendidikan, tinggal masuk ke portal Microsoft Office melalui halaman web, yakni melalui browser web seperti Microsoft Edge, Safari apple, Chrome atau Firefox. Terkait dunia pendidikan edu disini adalah termasuk jika Kalian adalah guru yang bekerja pada suatu instansi pendidikan. 

Kalau mahasiswa ya bisa minta identitas mahasiswa untuk di daftarkan demi mendapatkan MS.office gratis ini. Masa berlakunya ya hingga batas selagi kalian masih berada dalam ruang lingkup edukasi dan memiliki akun pelajar.

2.) Memiliki akun office kantor baik bekerja di pemerihan maupun swasta yang telah memiliki paket office corporate atau enterprise, masa berlakunya ya selagi kalian masih menjadi pekerja. Melalui cara ini dulu saya selama puluhan tahun dapat menggunakan Ms. Office versi corporate dengan fitur fitur premium.

3.) Membuat akun Microsoft dan mengambil 'coba gratis' berkali kali dengan memiliki beberapa akun. Tapi walau dapat masa percobaan gratis, namun mengingat batas gratisnya akan segera habis tidak akan membuat kita sebagai penggunanya merasa nyaman.

4.) Menggunakan tablet ukuran layar di bawah bentang 10" nah pada tablet saya yang ukuran layarnya hanya 9,7" saya dapat mendownload Microsoft Excel, Microsoft word, Microsoft Power Point dan lain lain dan menggunakannya secara gratis dan offline. Tentu saja termasuk Hape yang ukurannya jauh di bawah 10 inchi.

kita dapat membeli tablet Android atau iPad mini dan melengkapinya dengan keyboard untuk melakukan pekerjaan produktivitas menggunakan MS. Office. Dan menyimpan pekerjaan ke dalam perangkat.

5.) Menggunakan MS. Office hasil crack atau MS. Office bajakan. Cara ini memang bekerja dengan baik. Akan tetapi tidak akan mendapatkan update baik fitur maupun keamanan secara otomatis. Biasanya di pergunakan pada PC, baik desktop maupun Laptop. windows. Namun menggunakannya tidaklah nyaman menurut hati nurani.

Selain cara di atas saya tidak tahu cara mendapatkan office gratis. 

Saya selalu membutuhkan kebebasan. Menggunakan MS. Office dengan cara di atas terasa sangat di batasi dan tidak memiliki kebebasan mutlak. Maka dari itu saya akhirnya berpaling diri ke Office alternatif terutama ketika saya menggunakan tablet Android.

Beralih ke WPS Office

Jadi pilihan utama saya jatuhkan ke WPS office, walaupun saya juga memasang Office Suite gratis. Namun dari segi fitur dan kemiripan antarmukanya WPS-lah yang paling dapat menyamai Ms. Office! Ia kompitabel dengan segala format. Bahasa penulisannya identik sekali dengan MS.Office.

Bahkan saya memasangnya di Macbook dan laptop Windows saya, biar Microsoft tahu. WPS memiliki pengolah dokumen seperti word, spreadsheet (excel), Presentation, dan pembaca PDF yang nyaris sempurna. Ia juga lebih ringan untuk kebutuhan pekerja dan pelajar, loadingnya tidak seberat MS.Office. 

Meskipun memiliki fitur berbayar untuk pekerjaan yang lebih professional, namun saya jamin versi gratisnya jauh melampaui ekpektasi kita, power sekali dalam melakukan pekerjaan office terkait produktivitas. Semua dokumen dan lembar hasil kerja dapat kita simpan dengan bebas tanpa di bebankan apa apa ke dalam perangkat kita bik secara offline maupun secara online.

Saya jatuh cinta pada WPS versi gratis ini pada saat menginstalnya di Laptop windows dan Macbook 3 tahun yang lalu, dan sampai sejauh ini ia telah mengalami beberapa kali update di perangkat Tablet Android saya, fitur fiturnya semakin mumpuni saja. Sejauh ini ia telah memenuhi semua kebutuhan saya dalam melakukan pekerjaan. Dan saya telah menyarankannya kepada beberapa pelajar dan mahasiswa: 

"Jika kalian pergi ke kampus, mungkin kalian tidak butuh ms. Office jika di laptiop kalian telah terpasang WPS. di kampus kalian hanya butuh WiFi.
 
Percayalah itu jauh lebih simple dan ringan, serta memenuhi semua kebutuhan belajar kalian".

Saya mengatakan untuk kalangan umum, untuk orang kebanyakan dengan budget terbatas yang harus membajak atau memaksakan diri membeli software. Dan lalu kehilangan kebebasan finansial dan kehilangan kebebasan menggunakan fitur fitur sederhana dari sebuah software yang bernama office, maka saya merekomendasikan kalian lebih baik memilih WPS. Percayalah, itu ringan, sederhana, lengkap dan mudah di pergunakan.

Jadi saya tidak mengatakan untuk orang berduit, instansi pemerintah, dunia pendidikan dll. Banyak juga negara negara di dunia menghindari MS. Office yang mengenakan bayaran guna menghindari pengeluaran yang mereka rasa tidak perlu dan menggunakan aplikasi office dari open source yang tidak mengenakan bayaran...Jangan dikata lagi negara seperti Cina dan Rusia, ada banyak negara negara kaya kedapatan menggunakan aplikasi aplikasi gratis alih alih berbayar...

Dan WPS itu memang gratis namun rasa premium..

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Nice Post, Thanks for sharing. I have used Polaris Office Crack Version for a long time, its amazing. You can also other software free download from cracksilo.org
    Polaris Office Crack

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak