SUSAH SENANG MENJADI YOUTUBER, BUKTI HIDUP ITU HARUS BERJUANG

Mau di bilang sulit ya sulit banget, mau di bilang simpel dan mudah ya simple juga sih. Saya mau berbagi hal hal paling sulit dan sederhana pada saat upload video ke YT, sebagai contoh saja kalau mau jadi youtuber itu ya harus punya akun Youtube bukan blogger he he he...konten kontennya dalam bentuk video maka otomatis kita harus membuat konten dalam bentuk format video.

contoh studio youtuber
Contoh studio Youtuber

Di luar topik konten yang akan di sajikan, kita juga harus mempertimbangkan hal hal berikut:
  • Peralatan atau alat mengambil untuk mengambil dan mengedit video semakin lengkap peralatannya maka semakin tinggi kualitas kontennya walau itu juga tergantung keahlian sang kameraman yang mengambil videonya.
  • Kualitas video dalam bentuk format, pixel dan kejernihan
  • Kualitas suara agar mudah di tangkap pesan atau di dengar jelas baik ucapan lisan sang pembawa acara maupun keindahan musik yang di sajikan.
  • Kadang juga harus punya studio sendiri. Bahkan wajib jika ingin lebih profesional.
  • Dan, jika ingin banyak penghasilan perbanyak di samping banyaknya penonton maka perbanyak juga subscriber.
1. Peralatan

Ada kok video sederhana tentang kucing yang di videokan melalui hape jadi viral, ada peristiwa peristiwa yang tidak sengaja tertangkap kamera video hape menjadi viral pada saat di unggah ke Youtube. Walau subscriber pengunggah berjumlah hanya seratusan, tapi videonya itu di tonton jutaan kali. Ini namanya 'lucky momen video' yang populer secara spontan. 

Namun peristiwa langka jarang terjadi, demikian juga trend pskilogi manusia. Jika kalian ingin video kalian tetap menjadi tontonan orang banyak secara wajar, kalian harus menyediakan peralatan video dan mempelajari teknik yang baik dalam pengambilan video. Seorang Youtuber kadang memiliki beberapa kamera untuk menangkap beberapa scene dari objek yang akan mereka jadikan konten. 

2. Kualitas video

Saya membaca salah satu komentar video yang paling saya ingat: 'Hey, bukan zamannya lagi mengunggah video SD, sekarang sudah zamannya video 4k, 5k". Dan itu adalah pertanda buruk bagi pengunggah video dengan kualitas rendah.

Kualitas video yang tinggi pada jaringan web modern telah dapat di akali oleh google agar tetap dapat di tonton dengan stabil, mereka menyediakan format format video yang ramah internet, sehingga walaupun berkualitas jernih tetap bisa di tonton pada kecepatan internet rata rata.

Jadi jika ingin konten videonya sukses tentu saja harus mengupload video yang berkualitas baik dari sisi konten videonya, topik dan isinya hingga kualitas dan format tampilan videonya.

3. Kualitas audio suara

Jika Kalian telah memiliki perangkat video yang bagus maka otomatis kualitas suaranya pastinya juga akan bagus. Namun yang dimaksud disini adalah suara kalian sendiri harus di latih agar berkualitas dan enak di dengar, bukan hanya enak tapi juga harus jelas, lugas dan simpel.

Melatih berbicara itu bisa dilakukan seorang diri misalnya menghadap ke kaca. Atau meminta tolong saudara dan saudari kandung kalian untuk berlatih bersama. Minta dia sebagai kameraman dan kalian berbicara. Lalu periksa hasil rekaman video setelahnya, cari dimana letak kelemahan kalian. Waktu yang berjalan dan di isi dengan latihan tanpa di sadari akan membuat kalian semakin memiliki  rasa percaya diri.

Latihan berbicara ini penting jika kalian ingin membuat saluran tutorial di Youtube.

4. Memiliki Studio

Memiliki studio sangat bermanfaat untuk membuat konten review, postcard, dan juga tutorial. Ruangan studio akan terasa nyaman karena jauh dari kebisingan, dan lagi pula kita dapat mengisinya dengan beberapa perangkat kamera dan sound system yang berkualitas tinggi karena ia tidak akan kemana kemana.

Walaupun banyak youtuber ternama telah memiliki studio mobile yang bergerak ke luar sana bersama perangkatnya, namun untuk konten review produk dan tutorial saya rasa sebuah studio adalah sebuah keniscayaan.

Namun biarpun demikian, banyak youtuber akhirnya melengkapi studio mereka dengan perlengkapan audio yang berkualitas guna mendukung kegiatan membuat konten video dan audio di dalam studio mereka.

5. Subscriber dan viewer

Sebagus apapun konten video Anda tanpa subscriber dan viewer setia mana ada pointnya, bukan? Subscriber bisa saja datang karena tertarik dengan berbagai hal. Untuk mendapatkan subscriber kalian bisa melakukan kampanye atau melalui pengiklanan berbayar. Namun untuk mendapatkan pengunjung organik segala hal di dunia internet itu sama: Buat konten yang menarik dan berkualitas!

Mungkin pertumbuhan subscriber datang lambat, namun jika usaha tersebut dilakukan terus menerus perlahan tapi pasti subscriber untuk channel youtube kalian akan bertambah satu demi satu.

Sedangkan viewer lebih kepada konten yang menjadi viral. Membuat sebuah konten yang viral itu belum ada rumusnya. 

Memulai menjadi Youtuber

Namun untuk memulai sesuatu tidak selalu harus dimulai dengan modal besar. Memang ada banyak cerita seorang youtuber yang memulai karirnya sebagai youtuber dengan bermodalkan hape Android dan memaksimalkan pengambilan gambar dan videonya melalui kamera tersebut. Namun itu adalah di awal perjuangan.

ilustrasi kameraman Youtuber
Ilustrasi kameraman Youtube

Dan seperti yang kita ketahui membuat channel youtube itu juga hampir sama prinsipnya dengan blog, kalian harus menentukan topik apa yang akan kalian sampaikan kepada pemirsa. Dalam istilah blogging di sebut: Niche, apa niche blog kalian?

Nah di dalam dunia Youtube, istilah channel gagdet, channel wisata, channel kecantikan, channel tutorial adalah hal yang paling sering kita dengar. Melalui channel yang tepat kalian dapat mengekspresikan diri melalui Youtube dan menjadi seorang Youtuber.

Ada seorang youtuber awalnya hanya memiliki sebuah ponsel dan merekam kegiatan hewan hewan kecil yang ia temui lalu mengunggahnya ke Youtube. Seiring waktu peralatan kameranya bertambah menjadi studio mbile yang dapat di bawanya menelusuri hutan dan padang savana. Kini channel tersebut telah menjadi besar dan menghasilkan milyaran rupiah perbulannya.

Saya juga membuat konten ini dalam bentuk video sederhana yang saya unggah ke Youtube mempergunakan perangkat paling sederhana: Tablet jadul tab s2, lain kali tentu akan saya buat yang lebih baik lagi kalau ada penggemar he he he...


Dunia youtuber kini nyaris menggantikan telivisi sebagai alternatif entertain terutama di negara negara maju. Memiliki sebuah channel youtube yang terkenal akan membuat kalian cepat menjadi cuan bukan hanya melalui adsense tayangan iklan, namun juga melalui kerjasama broadcasting, postcard, hingga afiliasi bisnis. Dan beberapa jenis konten seperti lagu, video dan filem bahkan dapat di jual ke masyarakat yang menggemarinya.

Jadi, jika ingin memulai segala hal, yang harus di ingat adalah proses dalam memulai perjuangannya, proses menjalani waktu waktu yang panjang dan mungkin juga pahit, bukan langsung melihat hasil dari kesuksesannya.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Setuju..hidup adalah perjuangan, setiap keingan harus diperjuangkan untuk mewujudkannya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak