5 ALASAN SAYA BERALIH DARI MACBOOK KE SAMSUNG TAB S7 PLUS

AvatarOleh:
Ini mungkin alasan pribadi, tapi tidak ada salahnya saya kemuka kan beberapa alasan khusus saya mengapa saya jadi jarang menggunakan Macbook yang saya beli pada tahun 2017 lalu. Kini saya memiliki tablet samsung tab S7 yang menurut saya telah dapat memenuhi harapan saya dalam melakukan beberapa pekerjaan. Alasannya bukan semata mata karena ini adalah gagdet baru, karena saya telah menggunakannya selama berbulan bulan dan semakin mengandalkannya.


Saya dapat melakukan pekerjaan pekerjaan produktif menggunakan aplikasi perkantoran layaknya Macbook melalui tablet yang satu ini. Namun lupakan dulu hal hal rutin seperti itu. Baiklah kita mulai dari bentuk, ukuran dan dimensinya.

Kita cukupkan membahas speksnya. Sekarang akan saya lanjutkan dengan alasan khusus saya mengapa lebih menyukai menggunakan tablet ini ketimbang macbook saya.

1. Ukuran layar tab s7+ lebih besar daripada macbook 2017 saya

Tablet ini memiliki bentang layar 12,4 inchi atau dengan dimensi 285 x 185 x 5.7 mm (11.22 x 7.28 x 0.22 in). Beratnya 575 tanpa cover dan keyboardnya. Jadi cukup ringan meskipun seluruh bodynya di balut dengan logam pilihan yang solid.

Sementara layarnya adalah super amoled yang tajam dengan kerapatan display 266 ppi. 

Di tenagai oleh chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+)
CPU Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585
GPU Adreno 650

Ia memiliki sebuah S-Pen yang sudah termasuk dalam paket pembelian.

Macbook 2017 retina display saya ukuran layarnya hanya 12 inchi dimensinya  tampak lebih besar karena bezel layarnya lebih tebal. Sementara Samsung tab S7 bentang layarnya lebih lega yakni 12,4 ichi dengan bezel yang lebih tipis.

Konektivitas Tablet lebih sederhana ke hape yang sama sama menggunakan sistem operasi Android, jika saya mengambil video melalui hape dengan mudah saya sinkronkan atau saya pindahkan ke tablet Android. Terutama pada saat pengambilan video untuk Youtube. Saya mengeditnya melalui tablet ini.

Samsung tab S7+ juga memiliki opsi DEX sehingga membuat tablet ini benar benar menjadi laptop, apalagi setelah di pairingkan dengan keyboard tambahan. Sementara jika keyboard yang menggunakan kontektor magnet ini dilepas ia dapat saya manfaatkan sebagai tablet hiburan dan apalagi kalau bukan untuk mengambil gambar video pada saat menggunakan stand khusus.

2. Memiliki perekam layar bawaan.

Tablet ini sudah built in dengan perekam layar yang dapat di aktipkan melalui sentuhan. Kualitas perekaman saya tunjukan pada video di atas. Sangat baik menurut saya. Dengan memiliki tablet ini Anda tidak perlu mendownload dan menginstal video screen capture buatan pihak ketiga melalui Play Store Android lagi.

Fitur Video capture ini sangat berguna bagi saya yang suka berbagi tutorial edit mengedit blog dan plus kode kode HTML. Mungkin juga sangat bermanfaat bagi para tenaga pengajar yang ingin memperesentasikan mata pelajaran secara online (daring). Dan ia juga memiliki fitur dasar seperti tampilan pengguna atau pembawa acara pada bingkai bulat. 

3. Bisa nyaman menggunakan opsi browser web/desktop

Tablet Samsung Tab S7 karena dimensi ukuran layar yang lebar dapat berfungsi layaknya sebuah laptop, sehingga adalah hal wajar jika opsi browser yang kita gunakan sewaktu waktu menuruti kebutuhan kumputing full. Misalnya alih alih menggunakan opsi browser mobile, ia dapat di gunakan dengan nyaman menggunakan browser versi web atau versi desktop.

Perlu kalian ketahui browser yang kita gunakan pada hape dan tablet android secara default umumnya adalah versi mobile. Perbedaannya terletak pada kompresi pada tampilannya di masing masing perangkat pada perangkat mobile dan perangkat desktop PC. Pada browser mobile yang dirancang untuk hape beberapa fitur yang mungkin penting untuk pekerjaan khusus sengaja di sembunyikan agar browser dapat berlari lebih kencang pada perangkat mobile. Hal ini saya jelaskan lebih detail pada video di atas.

Tentu saja jika sekedar hanya untuk baca berita dan menonton video via sebuah browser, menggunakan veris mobilenya tidak akan menjadi masalah. akan tetapi jika suatu browser di gunakan untuk menopang pekerjaan tertentu nah itu masalahnya. Terkadan fitur fitur yang disembunyikan itu yang saya butuhkan buat menopang pekerjaan tertentu.

4. Editing standar untuk pengeditan video sangat nyaman dan sederhana lagi mudah

Harus saya akui ketika menggunakan Macbook saya dapat menggunakan aplikasi Adobe buat edit video. Adobe sangat lengkap, akan tetapi tidak semua fiturnya juga saya butuhkan.

Lalu ketika menggunakan tablet samsung Tab S7, saya menggunakan editing video menggunakan aplikasi aplikasi editing video yang tersedia di Play Store Android. Setelah mecoba coba berbagai aplikasi editing video, pilihan saya jatuh ke aplikasi editing video yang bernama Kine Master. Ia dapat dibandingkan dengan aplikasi bawaan iPad dan Macbook: iMovie namun menurut saya Kine Master memiliki fitur yang jauh lebih baik dan mampu berbuat banyak dalam membantu saya dalam melakukan editing video.

Ia memiliki antarmuka dan tool sederhana yang sangat mudah di operasikan, sederhana namun poweful. Pokoknya untuk kebutuhan editing saya Kinemaster telah memenuhi semua ekspektasi saya buat editing video di perangkat mobile seperti tablet Samsung Tab S7 plus ini.

5. Edit halaman web dan blog serta kode kode HTML melalui browser mudah di lakukan.

Bayangkan saya duduk di kafe dan ingin menambahkan elemen elemen khusus pada halaman web saya. Atau ingin memperbaiki template blogger langsung melalui hlaman editor HTML-nya. Saya dapat melakukannya dengan nyaman melalui tablet ini. 

Kita dapat memanfaatkan layarnya yang lega dan browsernya yang cepat. Perlu di catat juga untuk melakukan editing HTML langsung via browser saya biasanya menggunakan Chrome browser. Dan untuk melakukan hal ini tidak diperlukan opsi browser web atau browser versi desktop. Artinya kalian tidak perlu centang opsi browser desktop untuk dapat bekerja menulis dan mengedit kode kode HTML melaluinya.

Saya melakukannya pada dasbor blogger, dan juga menulis atau membuat 'pen' di Codepen dan beberapa halaman web lain tempat bermain koding. Hasil pekerjaan tersebut bisa langsung di terapkan tanpa harus menunggu waktu lama.

Biasanya saya juga mengedit dan membuat template saya sendiri menggunakan tablet atau hape Android. Dan sesekali harus membuka Macbook jika mengalami beberapa kesulitan teknis. Akan tetapi setelah memiliki Tab s7 plus ini saya tidak lagi membutuhkan Macbook saya ketika melakukan pekerjaan tersebut.

Jadi bagi saya masuk akal jika saya mengklaim Tab S7 plus saya telah mampu menggantikan iPad dalam mengerjakan tugas tugas khusus saya.


6. Yang paling menarik bagi saya...

Saya melengkapi tablet ini dengan stand khusus yang dapat di putar 180 derajat. Ia akhirnya menjadi kamera juga untuk menangkap video yang selalu saya unggah ke Youtube. Saya menghadap ke kamera depannya yang ternyata cukup berkualitas dan cukup detail dalam menangkap gambar video. Berbicara atau bernarasi dengan nyaman.

Ini saya lakukan karena saya tidak memiliki perlngkapan dan sebuah studio, tapi menurut saya ini sudah sangat worth.

Saya juga melengkapinya dengan sebuah microfon 'condenser' cordial USB yang saya hubungkan ke tablet melalui colokan USB type C untuk meningkatkan kualitas suara saya pada saat presentasi video.

Dengan mic condenser ini saya dapat melakukan beberapa hal lain seperti meeting, belajar daring, webiner dan membuat video tutorial berisikan narasi dengan lebih jelas.

Kesimpulannya adalah Tablet ini cocok bagi saya karena memang lebih serba guna. Suatu waktu untuk pekerjaan serius, ia siap. Pas untuk membuat konten, untuk hiburan dan multimedia.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar untuk "5 ALASAN SAYA BERALIH DARI MACBOOK KE SAMSUNG TAB S7 PLUS"

  1. Wah layarnya gede ya 12,4 inchi hampir menyerupai laptop. Kalo aku beli tablet Advan layarnya cuma 7 inchi doang tapi harganya murah sih.😄

    Rata rata hape android sekarang sudah ada perekam layar bawaan, hape Xiaomi sejak Note 5 juga sudah ada.

    Untuk editing video maupun edit template blog gampang lewat tablet Samsung S7 plus ya, cuma sayangnya tidak dicantumkan harganya, mungkin sekitar 5 jutaan ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga tidak masuk dalam konten, sensitif ha ha ha...Well. Pertama beli harganya mencapati 15 jutaan sudah termasuk keyboard. Tapi ia worthed banget karena telah mensupport pekerjaan saya.

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel