CARA EMBED VIDEO YOUTUBE SUPAYA UKURANNYA FIT KE HALAMAN POSTINGAN BLOGGER


Halo Zen G,...

Perhatikan video aku di atas, ia fit di halaman ini menurutku bukan hanya responsif, tapi juga 'adaptive' melalui pengaturan embed yang akan segera aku jelaskan melalui postingan ini. Seperti yang kalian lihat halaman blog ini adalah halaman full tanpa tampilan sidebar. Tampilan blog personal seperti ini adalah tampilan terbaru jika dibanding dengan tampilan model klasik yang masih menampilkan sidebar di kanan halaman postingannya.

Agar video dapat tampil fit alias full dan 'pas' ukuran dan posisinya di halaman postingan blog maka ada beberapa cara yang sering di anjurkan oleh para master atau para pelaku blogger senior. Misalnya menambahkan pengaturan CSS dan menambahkan script Js ke dalam template blog.

Tetapi cara tersebut memilki banyak kelemahan terutama ketika struktur dasar template berubah langsung melalui sumber kodenya. Atau melalui update Google terhadap seluruh halaman web yang sedang mereka kelola.

Contohnya cara pemasangan Javascript untuk membuat ukuran frame video di halaman postingan blog ini dapat diterapkan pada template dengan layout versi ke dua, akan tetapi menjadi mentah alias tidak berguna pada saat di pasangkan ke template dengan layout versi ke 3. Kecuali scriptnya di modifikasi, entah dengan cara apa.

Template yang aku singgung adalah template bawaan atau default. Template template dengan layout versi kedua pastilah sudah tua, sedangkan template template dengan layout versi ke 3 yang terbaru seperti contempo, emporio, soho dan notable tidak memiliki pengaturan dengan script yang telah ada tersebut.

Berikut ada cara yang lebih bijak yakni dengan memasukan kode link video youtube ke dalam halaman embed terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil embed dengan iframe yang responsif.
  1. Masuk ke Youtube
  2. Copy link video yang akan di embed
  3. Lalu masuk ke laman: http://youtubeembedcode.com/en/
  4. Masukan link atau alamat URL yang sudah kita copy tadi kedalam URL kotak form "Youtube URL" 
  5. Di bawahnya adal pengaturan lanjutan, namun kalian bisa menggunakan pengaturan default saja.
  6. Lalu tekan tombol atau bar kunin "GENERATE MY CODE" sehingga di bawahnya muncul kode embed.
  7. Lalu Tekan atau pencet tombol bar kuning berikut "Copy Code"
Perhatikan Gambar:

ukuran dan dimensi embed video yang pas buat postingan blog

Kalian mungkin bertanya, bukankah versi desktop Youtube menyediakan kode embed yang bisa langsung di copy? Ya benar. Tapi ada dua kelemahan embed asli alias default itu:
  1. Alasan pertama: Jika kalian tidak sedang menggunakan laptop, melainkan hape dan memutar video melalui apilkasi Android atau iOS maka kode embed tidak di munculkan pada versi aplikasi, demikian juga jika kalian mencobanya membuka melalui browser mobile, kode embed tidak di munculkan pada browser versi mobile. Jika ada tentu akan berat sekali.
  2. Alasan kedua: Embed bawaan sudah menentukan ukuran iframenya sendiri dan jika kalian tidak mengerti kode kodenya maka kalian akan kesulitan mereset ukuran iframe sesuai dengan lebar halaman blog kalian. Sedangkan melalui halamana Youtube embed code Generator ini kalian dengan mudah hanya tinggal memasukan angka atau bahkan tanpa memasukan apa apa kalian telah mendapatkan ukuran yang pas atau mendekati pas dengan ukuran lebar halaman postingan blog kalian. .
Sekarang kode embed sudah ter'copy' mari pasang ke bagian mana di dalam postingan kalau menurut saya, meletakannya paling mudah di posisi paling atas atau paling bawah karena cara meletakannya di dalam postingan adalah melalui opsi "tampilan HTML", bukannya "tampilan menulis"

tampilan menulis versus tampilan HTML

Namun jika kalian terbiasa dengan kode kode HTML tentu saja tidak masalah mau menempatkan kode embed di posisi mana saja. Hanya saja bagi pemula perhatikan saja kode menulis HTML tidaklah sama dengan tampilan menulis biasa. Tulisannya adalah kode kode HTML/XML dan rapat rapat pula, bagi yang sudah terbiasa memang ada banyak trik untuk menandainya. 

Tapi dalam kesempatan ini aku sarankan kalian sebaiknya meletakannya di tempat yang kalian rasa paing mudah saja. Misalnya pada bagian paling atas postingan.

Cara merubah atau menentukan ukuran dimensi video yang tepat di dalam postingan.

Untuk template template terbaru kecuali emporio ukuran yang pas adalah (lihat gambar kolom video aku di atas):

width 979
height 612

Untuk template klasik model lama dengan sidebar tampil di kanan postingan ukuran pas adalah ukuran bawaan:

width 800
height 443

Demikian cara yang paling mudah membuat tampilan video menjadi fit ke dalam postingan blog.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Oh ternyata begitu ya kak, di embedded dulu biar pas sama blog. Memang aku lihat ukurannya beda dengan default dari YouTube

    BalasHapus
  2. detail, dan bisa langsung dipraktekkan ....
    bagus videonya .... 👍👍👍

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak