halo gen Z!

Untuk blog personal jujur saja Aku tidak terlalu menyukai tampilan sidebar. Halaman blog dengan tampilan postingan lega sepertinya lebih bagus untuk kebutuhan blogging minimalis, cepat loading dan maksimal. Sedangkan untuk menampilkan iklan dapat di atur melalui lapak lapak yang tersedia baik kanan, kiri, atas dan bawah halaman. Bahkan tentu saja dapat di letakan dengan mudah di tengah tengah postingan.

Yang penting tidak mengganggu pembaca. Jika target kita adalah manusia. Maafkan jika aku membahasnya sedikit saja ya...

Akan tetapi hal itu tentunya subjektif. Tergantung selera masing masing orang juga. Karena sebenarnya halaman dengan sidebar itu adalah desain klasik semasa internet belum di akses melalui perangkat mobile. Lalu bisakah template dengan sidebar dilipat atau disembunyikan di tampilkan pada ukuran layar tertentu menggunakan @media query? Apalagi jika sidebarnya di pindahkah dan ditampilkan ke kanan.

Contohnya template contempo dan Essential?

Tentu saja bisa. 

Bisa banget. 

Hanya saja harus menambahkan dan menulis ulang satu persatu pendeklarasiannya menurut jumlah widget yang dipergunakanan oleh halaman blog secara default. Kalian yang belajar CSS pasti mengerti jika bundle CSS berperan sebagai 'pengatur' dan ia hanya dapat mendeklarasikan pengaturannya sesuai dengan ID atau class masing masing widget di dalam HTML. Ia yang berperan bagaimana HTML di tampilkan kehadapan pemirsa. Dalam bentuk template.

OK, kita dapat menyiasatinya dengan override, menimpa ulang perintah ke dalam HTML, benar itu bekerja tapi melawan prinsip 'clean template' dimana seharusnya kode CSS harus diminimalkan demi kecepatan. Ada dua perintah yang tidak sama. Namun perintah terakhir yang dijalankan. Sisanya adalah trash.

Eh apapula itu override? Setiap programmer harus tahu, Override adalah teknologi yang memungkinan class turunan atau subclass atau kadang juga disebut child, di mana subclass atau child ini bisa mengubah variabel yang ada di parentclass, parent berarti orang tua atau induk. 

Mengubah di sini bisa berarti menggantikan perintah, membuat perintah baru, mengembangkan perintah, dan memodifikasi perintah.

Panjang ceritanya. Bisa duduk di depan kelas jika harus menjelaskannya. Tetapi dengan asumsi, ketika kalian berminat membaca halaman ini, itu artinya kalian sudah mengerti dasar dasar HTML, CSS, dan Javascript. 

Contempo Hybrid?

template contempo hybrid?
template contempo dengan sidebar dan menu hamburger

||

Template yang Aku bagikan ini adalah contempo bisa juga Essential yang telah di tampilkan sidebarnyanya layaknya template klasik. Aku mengumpulkan materialnya dari inspeksi browser dan akhirnya dapat menyusun ulang antarmukanya dengan baik. Sudah cukup baik menuruk aku. Dan model ini bukan model baru, ini desain model lama. 

Aku juga sedang mendesain agar tampilan homepagenya menjadi grid sementara halaman postingannya memiliki sidebar. Namun secara desain jelas ini bukan desain baru, karena template sidebar adalah desain template tua, lawas alias klasik.

Tapi yang jelas ia adalah contempo karena bundel label desainnya adalah:
<b:template-script async='true' name='indie' version='1.0.0'/>
Setiap contempo bawaan aslinya memliki cap itu.

Lalu template ini aku dandani seperti biasanya. 
  • Navigasi responsif dan adaptif dengan hamburger menu beranimasi
  • Breadcrumbs untuk data struktur yang lebih SEO
  • Related Posts
  • Tombol berbagi
  • Auto metatag
  • Dan lain lain
Dan jadilah ia sebuah tampilan contempo dengan gaya klasik karena memiliki sidebar di kanannya. Cara mengedit menu menu navbarnya sama dengan template sebelumnya dan postingannya telah kami tulis di halaman blog ini.

Kesimpulan:

Bagi kalian yang masih menyukai desain lawas klasik, tentunya sidebar kanan adalah hal yang bagus, karena ia juga dapat menampilkan banyak hal melalui lapak tersebut. Namun bagi pencinta desain minimalis modern, tentu hal tersebut tidak lagi terlalu diminati.

Jadi template ini adalah contempo yang di desain ulang menjadi tampak klasik karena memiliki sidebar di kanannya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: