HALO SELAMAT PAGI GENERATION ZED!


Halo Gen Z, 

Terkhusus buat Kita yang di lahirkan antara tahun 1995-2010. Dan karena Admin sendiri di lahirkan pada tahun 2002 yang lalu, jadi kita adalah Zen Z. Mari kita bahas tantangan hidup yang tengah menghadang di hadapan kita. Tetapi kita mulai dari beberapa generasi dari Ayahnya Atuk, atuk kita sendiri, ayah bunda kita yang X dan milineal dan lalu kita dan adik adik kita yang gen Z dan terakhir gen Alpha.

Dalam teori generasi yang dikemukakan oleh Graeme Codrington dan Sue Grant Marshall pada tahun 2004 ada terdapat  5 generasi manusia berdasarkan tahun kelahirannya, yaitu: 
  1. Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964;
  2. Generasi X, lahir 1965-1980;
  3. Generasi Y, lahir 1981-1994, sering disebut generasi millennial;
  4. Generasi Z, lahir 1995-2010 (disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet). 
  5. Generasi Alpha, lahir 2011-2025. Kelima generasi tersebut memiliki perbedaan pertumbuhkembangan kepribadian.
Baca juga: 

HALO GENERASI ALPHA, SELAMAT DATANG KE DUNIA..


1. Generasi Baby Boomer

Generasi Baby Boomer adalah generasi yang lahir setelah perang dunia II, dengan rentang tahun lahir 1946 - 1964. Generasi ini lahir akibat tingginya angka kelahiran setelah perang dunia II.

old telivison baby boomer

Generasi Baby Boomer dibedakan atas dua generasi yaitu Generasi Baby Boomer I dimana generasi ini merupakan generasi awal munculnya Generasi Baby Boomer, tepatnya setelah berakhirnya Perang Dunia II dan Generasi Baby Boomer II dimana generasi ini merupakan kelanjutan dari Generasi Baby Boomer I.

Generasi Baby Boomer memiliki banyak saudara, akibat dari banyaknya pasangan yang berani untuk mempunyai banyak keturunan. Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri. Dianggap sebagai orang lama yang mempunyai pengalaman hidup.

Generasi ini telah diramalkan sebelumnya sebagai generasi yang akan menggebrak dunia karena memiliki kemapanan dalam hal ekonomi hingga kesehatan dan gaya hidup pada usia produktif mereka.

2. Gen X

Generasi X adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1965 sampai dengan 1980 masehi. 

Konon generasi ini terlahir pada masa gejolak dan transisi global seperti era Perang Dingin antara blok barat yang dikomandoi Amerika Serikat dan blok timur yang dikomandoi Uni Soviet, Perang Vietnam antara pasukan Vietkong yang berhaluan komunis dengan pasukan Vietnam Selatan yang dikomandoi Amerika Serikat, serta Revolusi Tenteram yang menandakan jatuhnya tembok Berlin dan bersatunya Jerman Timur dan Jerman Barat. Wow generasi seru!

Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. 

Penyimpanan datanya pun masih menggunakan floopy disk atau disket. 

MTV dan video games sangat digemari oleh orang - orang pada masa ini. 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.

ploffy disk

Xennials transisi ke Gen millenial

Lahir antara tahun 1975-1985. Usianya saat ini yang termuda 34 tahun dan yang tertua 44 tahun. Istilah Xennials adalah paduan nama Generasi X dan Millenial untuk menggambarkan individu-individu yang lahir selama tahun puncak Generasi X / Millenial pada akhir 1970-an hingga awal 1980-an. 

Generasi ini disebut juga generasi mikro yang berfungsi sebagai jembatan antara ketidakpuasan Gen X dan optimisme Millennials. Gen ini mengadopsi berbagai media sosial , cenderung lebih calm down dan natural dalam menggunakan media social. Generasi Xennials memiliki dua kepribadian yaitu sinis dan kaku, namun mereka juga memiliki sikap optimistis. 

Xennials memanggil teman mereka melalui telepon rumah saat masa kecil dan remaja, masih merasakan mengobrol menggunakan telepon kabel. 

Xennials masih mengingat masa-masa transisi yang dialami dalam penggunaan berbagai fitur dari aplikasi tersebut, namun lebih mudah mengadaptasi teknologi baru.

Generasi Xennilas masih menyukai bentuk tulisan tangan, peduli terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan yakni fokus pada pekerjaan, namun memberikan batasan karena tidak ingin pekerjaan menggangu kehidupan pribadi.


4. Milenial


game generasi milineal

Generasi Milenial adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1981 sampai dengan 1996 masehi. Generasi ini disebut juga dengan sebutan generasi Y, yang sudah mengenal teknologi seperti komputer, video games, dan smartphone.

Ungkapan Generasi Milenial mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instant messaging. Mereka juga suka main game online.


5. Gen Z

Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Generasi kita sekarang.

Kita memiliki beberapa kesamaan dengan Generasi Milenial, tapi kita dikatakan mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Dan umumnya memang demikian kok.

iGenearation, generasi internet

Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya.

Sejak kecil kita sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian kita. Kita lebih mudah belajar teknologi terutama koding, terkait bahasa bahasa pemrograman.

Sekali lagi, Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1997 sampai dengan tahun 2012 masehi. Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Milenial, generasi kita ini merupakan generasi peralihan Generasi Milenial dengan teknologi yang semakin pesat berkembang.

Namun secara GEN beberapa diantara kita adalah keturunan dari Generasi X dan Milenial. Atau dilahirkan dari persilangan kedua generasai tersebut.

Tantangan terhadap generasi Z

Tantangan kita beda, dunia kerja pada generasi kita misalnya beda dengan generasi sebelum kita, meskipun masih dekat ke dunia milineal. Pada masa kita gen Z hidup dunia Industri versi 4.0 yang serba komputing, serba cloud sedang mengemuka  dan mulai di aplikasikan. 

Kita menyaksikan beberapa industri yang tadinya terlihat mapan mulai runtuh oleh perubahan teknologi yang semakin cepat. kita melihat satu persatu industri primadona masa lalu seperti misnyak dan gas telah mulai layu disebebkan oleh banyaknya inovasi teknologi. Dan kita mulai menyaksikan manusia menjangkau planet merah.

Aku bahkan tidak pernah merasa bagaimana main game di Warnet. Ketika aku tumbuh dewasa, aku hanya pernah mendengar itu dari ibuku, tentunya juga karena ayahku suka sekali nongkrong disana dulu. dimasa kini aku dan adikku bermain game melalui smartphone dan tablet.

Di zaman bapak kita, bekerja di Migas adalah pekerjaan elit, di zaman kakek atau atok atok kita bekerja di tambang bumi dan timah adalah pekerjaan yang makmur. kini kita mulai menyaksikan kemunduran industri industri ini. Migas mulai meredup, timah telah lama pudar kejayaannya sebagai industri elite dunia. Di masa kita ide orang bekerja officeless mulai di aplikasikan secara nyata. Di masa kita belajar daring menjadi semakin nyata. Ya itu tadi karena teknologi semakin mendukung. Di masa kita para programmer mulai mendapatkan tempatnya.

Kini bahkan bukan zamannya telivisi lagi, tapi sudah zamannya Youtube. Perubahan selalu berdampak besar terhadap semua aspek kehidupan, dari prilaku, jiwa hingga pekerjaan apa yang akan kita lakukan nanti. Kita mulai bekerja berbasis apliksi. 

Tantangannya beda, teman teman. Dulu dimulai anak anak orang membaca tulisan dan aksara. Kini sejak usia dini kita telah mulai di ajarkan membaca koding. 

Dulu orang bisa mengambil keputusan berdasarkan keyakinan yang mereka miliki. Kini mau tidak mau kita harus memandangnya dengan mempertimbangkan logika.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak