Apakah Huawei matepad 11 harmonyOS dapat menggantikan laptop?

apakah harmony OS cukup worthed sebagai sebuah OS? Dan benarkah huawei matepad 11 harmony mampu menggantikan sebuah laptop?

Yang jelas tablet ini premium memiliki layar 11" sehingga cukup lega buat editing dokumen, gambar dan video. 

Anggaplah ia setara dengan iPad pro dan Tablet samsung seperti tab S7 reguler. Namun ia memiliki hal baru yang lebih menarik yakni sistem operasinya yang bukan lagi Android melainkan Harmony OS besutan huawei sendiri. Ini jadi rada rada mirip dengan Apple yang membuat perangkat keras sekaligus perangkat lunak mereka sendiri sehingga produk mereka terlihat begitu ekslusif.

Kalau untuk perangkat keras kita tidak meragukan huawei yang memang sudah malang melintang dan berpengalaman dalam melakukan inovasi teknologi, tapi harmony OS? Bukankah ia adalah sistem operasi mobile baru dan bagaimana ia bisa bersaing dengan Android, iOS, dan iPadOS?

Tadinya kami berfikiran begitu, tetapi setelah mencoba sistem operasi ini ternyata cukup baik dan memiliki kinerja yang bagus dan stabil.

Kami mencoba membuat dan mengedit dokumen perkantoran melalui tablet ini ternyata ia bisa, demikian juga pada saat mengedit video, gambar, kode kode HTML secara online. Semuanuya bisa dilakukan tanpa lag samasekali.

Apalagi jika di lengkapi dengan keyboard, tablet ini benar benar dapat menggantikan laptop. Tonton saja video di atas.

Laptop dan Chrome book Versus Tablet

Sekarang kita bandingkan sebuah laptop dengan sebuah tablet. Sehingga menjadi alasan bagi kita mau memilih dan membali yang mana dari salah satu keduanya.

1. Fisik : 

Secara fisik Chromebook tidak berbeda dengan ukuran laptop, ketebalan dan ukurannya berat dan dimensinya. Bagi sementara orang bentuknya jadi membosankan: kamera yang standar, keyboard dan fisik yang membuatnya tampak evolusi zaman old yang lambat. 

Sedangkan sebuah tablet dengan ukuran mendekati laptop dibuat lebih tipis dan kompak dengan semua kemampuan telefoni dan mobilitas yang tinggi, memiliki kamera yang mumpuni

Pemenang: Tablet

2. Sistem operasi: 

Hanya sistem operasinya yang beda. Jika laptop windows dan macOS menggunakan operating system yang bekerja secara 'back end' dan terfokus kepada bagaimana pengguna bekera secara offline dan online, maka sebuah laptop chromebook menggunakan sistem operasi 'front end' bekerja secara online. Segalanya harus terhubung ke internet meskipun juga bisa bekrja secara offline tanpa internet. 

Nah tablet mampu melakukan kedua hal bekerja secara offline dan online. Tablet adalah perangkat dengan sistem oeprasi 'penengah' yang dapat mencapai pengguna mobile seperti smartphone dan pengguna PC Laptop seperti laptop dan Macbook. Tablet umumnya memiliki konetivitas lebih cepat dan lebih tinggi kompresinya.

Pemenang: Tablet

3. Ketersediaan aplikasi: 

Laptop konvensional seperti Macbook dan laptop laptop windows memiliki banyak ketersediaan aplikasi yang dapat di instal melalui internet dan juga store mereka senidiri ke dalam perangkat mereka. Akan tetapi tablet Android adalah sorganya para developer aplikasi dan game yang paling banyak memiliki aplikasi dan paling cepat bertambah aplikasinya dari waktu ke waktu, pengguna sepertinya dapat memasang aplikasi apa saja yang mereka inginkan nyaris tanpa batas di sebuah perangkat smartphone dan tablet.

Hal berbeda dengan chromebook yang cloud, hanya bisa memasang aplikasi sebagian aplikasi android dan beberapa jenis aplikasi browser, keterbatasan ini membuat tablet memiliki nilai lebih sebagai perangkat untuk bekerja, bermain dan berbisnis.

Pemenang: Tablet

4. kapasitas penyimpanan: 

Karena chromebook dipersiapkan buat menggantikan laptop, namun ia tidak memiliki penyimpanan internal offline yang besar, paling paling paling 16 sampai 500GB untuk waktu sekarang, coba bandingkan dengan laptop windows yang sampai 3 terabite. Akan tetapi tunggu, chrome book meneyediakan ruang penyimpanan cloud atau drive yang sangat besar di 'awan' dan ini tidak dimiliki oleh PC windows dan sebuah tablet karena beda fokusnya. lagipula chromebook kebanyakan memiliki USB drive untuk menambah ruang simpan. Meskipun tablet juga memilikinya. Bagi saya jika hanya di banding dengan chromebook maka sebuah tablet:

Hasilnya: Seri. 

Akan tetapi jika di banding dengan laptop windows dan macbook maka bagian ini tentu saja sebuah tablet akan kalah jauh.

5. Kinerja

Setelah menyaksikan perkembangan teknologi yang sangat cepat  dan perubahan trend pengguna teknologi, tentu saja sulit membandingkan kinerja dua pernagkat ini. soalnya tablet Apple terbaru yakni iPad pro 2021, bahkan telah menggunakan chpset M1 yang teruji sangat jauh mengalahkan kinerja sebuah laptop konvensional sekalipun. Tablet Apple ini lebih cepat, lebih kuat dan lebih gesit dalam menjalankan aplikasi aplikasi berat seperti adobe premiere di banding laptop windows seharga 14 jutaan dengan chipset intel generasi terbaru.

Sedangkan tablet tablet premium seperti Huawei matepad 11, dan samsung tab s7 plus telah di pasangkan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+)
dan CPU Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585
serta GPU Adreno 650. 

Ini kira kira kinerjanya setara dengan laptop windows premium!

Jadi cukup sulit membandingkannya karena teknologi masih terus berkembang.

Hasilnya: SERI

6. Ketersediaan dan Harga:

Tablet memiliki berbagai variasi harga, dari sejutaan hingga 20 jutaan. Namun pada umumnya tablet zaman sekarang sudah dapat dipergunakan buat mengerjakan beberapa pekerjaan ringan hingga pekeraan berat. Tergantung kebutuhan dan kemampuan daya beli para pengguna. 

Chromebook juga di jual dengan beberapa variasi harga, namun selisih harganya umumnya hanya sedikit.

Untuk ketersediaan tablet masih menang jauh, banyak sekali vendor yang membuatnya dan telah memproduksinya secara massal di dunia.

Hasilnya: Tablet sebagai pemenangnya.

Kesimpulan:

Oleh karena Huawei matepad 11 adalah tablet premium dengan seharga 7 jutaan, saya menilainya lebih baik daripada laptop chrome. Karena:

Lebih kompak. Memiliki kamera yang lebih baik, ruang simpan 128GB RAM 6 GB, dapat di pasang hampir semua aplikasi android. Dapat melakukan pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan oleh sebuah laptop chromebook. Ini adalah perangkat mobile yang pas buat bekerja untuk menggantikan laptop chrome.

Saya lebih suka menenteng tablet ini buat santai di taman ketimbang menenteng laptop chrome yang lebih besar.

Namun tentu saja membeli gagdet zaman sekarang juga tergantung selera disamping kebutuhan. Jika ingin sebuah laptop yang tampak serius buat bekerja tentu orang akan cenderung memilih sebuah laptop. Namun jika ingin terlihat lebih santai namun tetap bekerja, orang akan cenderung memilih sebuah tablet karena terdapat banyak aplikasi buat bermedsos, bermain game dan untuk hiburan. Meskipun scara terbatas sebuah laptop chrome dapat juga melakukannya.

Lagipula Harmony OS paling tidak sudah terbukti sebagai sebuah sistem operasi yang stabil, dapat menjalankan banyak aplikasi dan akan terus berkembang di masa depan. Tarohlah itu berisiko, namun paling tidak masih worthed untuk dipergunakan dalam beberapa tahun.

 
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain