Begini caranya menggunakan tablet Huawei matepad 11 sungguhan jadi pengganti laptop

Syarat pertama tentu saja tablet harus di lengkapi dengan keyboard. Kebanyakan tablet tablet premium membuat keyboard untuk tablet buatan atau pabrikan mereka. Sebut saja Samsung tab s7, iPad pro, huawei matepad 11 HarmonyOS, mipad 5 (xiomi) dan lain lain. Tablet tanpa keyboard nyaris terasa ambigu. Tanpa keyboard buat mengetik ia tidak akan dapat menggantikan fungsi laptop bila digunakan untuk menopang pekerjaan. Sedangkan untuk di bawa bawa buat nelpon, mengambil gambar selfie, main game dan sosmed di tempat tempat umum, ya itu tadi terasa ambigu.

tablet
Menurut saya pribadi, saya sangat enjoy hanya bila menggunakan tablet buat bermain dan menopang pekerjaan terutama pada saat melakukan perjalanan ke tempat tempat di mana saya harus sedikit agak berlama lama menghabiskan waktu di sana. Jika tidak ya maka saya hanya menggunakan hape atau smartphone saja.

Itu juga di sebabkan sudah semenjak lama saya kurang suka bepergian di beban oleh laptop besar di dalam backpack saya. Tahun 2021 ini dunia tablet mulai berubah menuju ke arah menjadi 'pengganti laptop'. Dan saya menyukainya.

Sebagai contoh, Saya telah bekerja menggunakan Samsung tab S7 plus selama berbulan bulan dari membuat konten tulisan, mengedit kode kode HTML untuk membuat elemen elemen template, mengedit video untuk konten Youtube, membuat dokumen tertulis dan mengolah dokumen melalui spreadsheet. Semuanya telah saya lakukan melalui tablet Samsung tab S7 tersebut. Sejauh ini atau sejauh dan sebanyak kebutuhan saya dalam bekerja, jujur saya puas banget dengan kinerja Samsung tab S7 yang cepat dan gegas serta tidak pernah lelah dan tidak pernah lag. 

Persiapan dan perlengkapan menjadikan tablet sebagai laptop

Akan tetapi kini ada sebuah tablet yang dipinjamkan kepada saya yakni Huawei matepad 11 dengan sistem operasi Harmony OS, saya sangat senang sekali karena bisa menggunakannya selama 3 bulan. Jadi saya simpan dulu Macbook dan Samsung tab S7 plus milik saya agar lebih fokus kepada tablet ini sebagai perangkat yang akan menggantikan tugas Macbook dan Tab S7 plus. Dan setelah beberapa minggu menggunakannya saya menyadari tidak ada perbedaan signifikan dalam hal performa, kemampuan dan kenyamanan penggunanya di banding dengan kedua perangkat yang saya sebutkan tadi. 


Huawei matepad 11 ternyata keren sekali, ia sebanding dengan tab s 7 dalam banyak hal meskipun sistem operasinya berbeda. Jika Samsung tab S7 adalah menggunakan Android yang disempurnakan dengan user interface DEX sehingga tablet flagship Samsung tersebut serasa menjadi laptop yang sempurna, maka tablet Huawei matepad 11 2021 ini menggunakan Harmony OS sebagai sistem operasinya, dan rasanya benar benar saya sedang menggunakan sebuah laptop mobil yang sempurna.

Untuk itu tentu saja kita harus melengkapinya dengan keyboard, sayangnya papan ketik ini di jual terpisah dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Sebagai alternatif kita dapat melengkapinya dengan keyboard murah yang banyak sekali di jual di toko toko online yang harganya berkisar seratus ribuan rupiah. Tinggal menghubungkannya melalui bluetooth.

Disini saya menggunakan keyboard bawaannya, oleh karena saya menggunakan matepad 11 sebagai alat untuk mengedit video saya juga menggunakan tws Samsung yakni Samsung buds live untuk mendengarkan suara dari video yang saya edit. Saya juga melengkapinya dengan mouse logitech merek 'logi' yang sesekali akan saya gunakan untuk menggeser elemen elemen yang tidak dapat di geser melalui layar sentuh.

Jadi kini saya memiliki:
  1. Tablet (Huawei matepad 11 Harmony OS)
  2. Keyboard Huawei matepad 11
  3. TWS
  4. Mouse
Dan dengan itu semua saya akan duduk berjam jam membuat konten konten dari tulisan, gambar hingga video setiap harinya. Tidak ada Macbook lagi, tidak ada Samsung tab S7 plus lagi. Hanya Huawei matepad 11. 

Apakah ada pengalaman yang mengesankan? 

Ya, ada. Selama seminggu saya bekerja termasuk pengeditan video panjang dan berat tidak sekalipun mengalami kendala lag. Pekerjaan lancar lancar saja sama seperti ketika menggunakan Macbook dan Tab S7 plus! Untuk perangkat keras tidak diragukan lagi kualitas Huawei dalam menantang produk produk dunia barat, bahkan menantang dunia.

Tapi perangkat lunaknya yang masih baru? Bukankah Huawei tidak di izinkan lagi menggunakan sistem operasi buatan perusahaan Amerika seperti Android, Windows apalagi Apple OS yang notabene tertutup, bukankah kini mereka menggunakan sistem operasi baru yang mereka nama Harmony OS? Padahal ini Harmony OS yang masih baru lho, ternyata menurut saya sistem operasi ini benar benar sudah siap pakai! 


Saya baru menggunakan Harmony OS pada tablet dan tampilannya memang mirip dengan dua sistem operasi yang telah ada yakni Android dan iPad OS, saya rasa setiap sistem operasi modern memang harus mirip di segi user interface atau tampilannya karena memang demikian tuntutannya: Agar pengguna tidak kebingungan dan harus belajar menggunakan hal yang terlalu jauh berbeda dari apa yang biasanya mereka pergunakan.

Kesimpulannya untuk kebutuhan pekerjaan seperti yang saya miliki sebenarnya saya tidak membutuhkan macbook, saya hanya membutuhkan sebuah tablet. Jika umpamanya saya d suruh memilih lagi apakah chromebook atau sebuah tablet? Seratus prosen dan dengan yakin saya akan memilih tablet buat menopang pekerjaan saya.

Karena saya suka dengan tampilan dan bentuk fisik tablet di tahun 2020 ini: 
  • Bezel super tipis, 
  • layar yang rapat dengan rate fresh 120hz, 
  • dapat dilengkapi dengan keyboard yang presisi, 
  • ukuran fisik mobile dan ringan, 
  • kamera yang dapat di manfaatkan buat pengambilan gambar dan video (saya mengambil dan mengedit video melalui kamera tablet)
  • kemampuan telefoni
  • Letak kamera depan yang posisinya seperti laptop (namun dengan kelebihan kualitas kamera yang jauh lebih baik)
  • Dan masih beton ton alasan lainnya
Dan tentu saja tulisan saya ini tidak mewakili setiap orang, namanya juga personal blog, ini lebih mewakili diri saya dan orang orang yang lebih suka kehidupan dengan mobilitas tinggi. Selebihnya tentu saja tergantung pada kebutuhan, kemampuan, dan selera masing masing individu.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Wahhh praktis banget yaa, jadi bisa ngonten blog dimanapun kapanpun.. Apalagi bisa dipegang dan dibawa kemana-mana..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak