Cara screenshot dan screen video recorder menggunakan tablet Huawei matepad 11 Harmony OS

Huawei MatePad 11 ternyata keren buat screen capture layar dan rekam video layar
Huawei MatePad 11 adalah tablet sekelas Samsung tab S7. Secara garis besarnya tablet ini memiliki dimensi layar 11inchi sebenarnya adalah 10,96" dengan kerapatan layar 2560x1600pixel. Meskipun bukan super amoled seperti tab S7 plus, namun ia memiliki layar yang sama dengan tab S7 regular yakni menggunakan display IPS LCD dengan menggunakan 120 refresh rate. Tinggi sekali.

Huawei MatePad 11

Kamera belakang 13 megapixel, sedangkan kamera depannya 8 megapixel. Yang saya kurang sreg pada kamera gadget genggam adalah efek mirrornya, maksud saya ketika berphoto ia tampak terbalik seperti ketika bercermin. Yang seharusnya tampak kiri menjadi kanan dan sebaliknya. Saya berharap kedepannya kamera depan hape dan tablet itu bisa seperti kamera utama. Benar benar real shot. Itu pasti bisa di siasati oleh para engineering ya kan.

Kamera depan Huawei matepad 11 ini di posisikan persis seperti kamera Samsung tab S7 yakni posisi di tengah pada saat tablet di letakkan landscap persis seperti posisi kameranya laptop.

Yang sangat menarik tablet ini  - tidak sama dengan tablet tablet Huawei sebelumnya tidak lagi menggunakan Android sebagai OSnya melainkan menggunakan OS buatan Huawei sendiri yakni Harmony OS. Dan apakah itu worthed sekali? Saya memposting videonya untuk membuktikannya agar secara visual dapat di lihat sebagai buktinya.

Hal yang menarik lagi adalah tablet ini dapat dilengkapi dengan keyboard yang terhubung melalui Bluetooth secara magnetik. Begitu tablet di pasang, langsung terhubung dan dapat dipergunakan buat mengetik. Tidak salah beberapa review yang di buat oleh beberapa pengguna yang mengatakan tablet dengan sistem operasi Harmoni ini dapat di gunakan sebagai laptop. 

Selain itu ia juga memiliki pensil, namun pada saat ini saya tidak memilikinya. Dan saya dapat menggunakan jari buat menulis pada aplikasi menulis tangan. Dengan asumsi sebuah keyboard lebih penting buat menopang pekerjaan seperti mengetik cepat, maka memang benar keyboard lebih worthed daripada hanya sekedar sebuah pensil.

Sayangnya menurut saya keyboard Huawei ini tidak memiliki trackpad seperti keyboardnya Samsung tab s7, namun jarak tombolnya yang pas dan tekanannya yang lembut membuat saya merasa nyaman menggunakannya setelah melewati waktu beberapa jam dan menjadi terbiasa. lagi pula hal itu membuat ia menjadi tampak lebih ringkas dan simple.


Sekian sekilas review. Sekarang kita masuk ke inti topik yakni:

Cara screenshot dan screen recorder menggunakan tablet Huawei matepad 11

1. Kita mulai dengan screen shoot layar atau halaman

Screenshoot itu penting dan banyak gunanya. Sebagai bukti, sebagai verifikasi, sebagai cara mengambil gambar yang tidak dapat di donwload secara offiline. Dan hasilnya dapat di edit kemudian di kirim via email atau medsos.

Karena saya memiliki tab S7 plus saya merasa screen capture atau mengambil gambar layar sangatlah simpel, hanya dengan mengklik melalui tombol keyboard kita dapat menangkap gambar layar. Ternyata Huawei matepad memiliki 2 cara.

Cara pertama: Melalui keyboard jika tablet telah di lengkapi dengan keyboard Huawei - (kalau keyboard nya bukan Huawei matepad 11 kemungkinan besar tidak bisa): 

Pada keyboard tekan tombol tuts 'Fn' dan jangan di lepas lalu tekan tombol tuts bergambar atau berlogo layar dengan gunting di bawahnya. Tada...gambar layar langsung di tangkap, dan siap di edit dengan fitur corp, corat coret, save, buang dll.

keyboard Huawei mate 11

Cara kedua: Dengan asumsi jika kalian tidak membeli keyboard, dan layar di posisi landscape menghadap ke kalian, maka sebelah sisi kiri layar terdapat tombol power, sedangkan kiri atas layar ada tombol volume. Yang harus kalian lakukan adalah tekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Volume down berarti maksud saya adalah menurunkan suara volume. Maka gambar tangkapan layar segera terjadi dan siap di edit.

2. Cara merekam layar.

Merekam layar itu berarti merekam dengan format video. Pada gadget perangkat kelas atas dan tablet tablet high end, merekam layar adalah fitur bawaan perangkat. Gunanya tentu saja banyak. Buat tutorial, buat demo, buat merekam video atau gambar bergerak dll.

Nah untuk merekam layar caranya hampir mirip dengan cara kedua screenhoot mengambil gambar layar. Caranya:

Tekan tombol power dan volume UP secara bersamaan hingga muncul tanda rekam warna merah di kiri atas bagian sudut layar yang menampilkan hitungan waktu rekam. Kalian dapat menyentuhnya agar ia berhenti pada waktu rekaman di rasa sudah cukup.

3. Kesimpulan

Ternyata tablet Huawei dengan harmony OS tidak bisa di anggap enteng. Dan faktanya ia dapat menggantikan laptop dan dapat bekerja dengan sempurna seperti laptop chromebook. 

Walaupun sudah di hukum oleh Amerika dan tidak boleh menggunakan Play Store Android, ternyata gadget genggam dan tablet huawei tetap dapat di pergunakan untuk memasang aplikasi yang kita inginkan melalui Store aplikasi harmony OS dengan mudah. Misalnya Kalian dapat memasang Google chrome, facebook, IG, Twitter dll. 

Kita juga dapat memasang aplikasi pengedit gambar dan video, memasang aplikasi perkantoran, email dll. Memang sih beberapa aplikasi harus di pasang melalui APK, akan tetapi bukan berarti kualitasnya tidak bagus, dan lagipula Huawei yang memilih mana APK terbaik dan aman dengan pemindai ber fitur Artificial Inteligent yang tidak main main.

Dan yang paling penting adalah ternyata tablet ini memiliki semua fitur premium yang terdapat pada tablet tablet kelas atas seperti iPad pro, Samsung tab S7 dll. Dan faktanya memang demikian. 

Contohnya merekam video pada layar dan menangkap gambar layar tadi. Walaupun tadinya saya sempat meragukan Harmony OS yang ternyata setara enaknya dengan Android dan iOS, Pokoknya tinggal menunggu environmentnya lengkap seperti kedua kompetitornya yakni Android dan iOS, yang memiliki berjuta juta aplikasi, Harmony OS bakalan menjadi pesaing yang tidak akan kalah hebatnya.

Semoga bermanfaat. Dan supaya jelas demo dan detailnya kami akan menyertakan videonya dan mengembednya ke halaman ini besok. Silahkan kunjungi halaman vlog kami editblogtema channel.

Salam blogging dan vlogging!

#matepad11
#harmonyOS

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

2 komentar

  1. sangat bermanfaat, terima kasih infonya ya kak :D
    1. Sama sama :)
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain