Potensi tablet, laptop dan chromebook berebut dominasi pengguna PC?


Ini adalah kisah perang antara tablet, laptop dan chromebook berebut dominasi pengguna PC.

Perkembangan perangkat computer konvensional memang tidak secepat perangkat mobile. Menurut data teknologi dan perdagangan dunia, perkembangan perangkat mobile genggam dan gawai tablet lebih cepat dan lebih menjanjikan.

Seiring dengan teknologinya yang semakin maju, pasar tablet juga semakin meluas dan mengalami peningkatan drastis terutama di picu juga oleh situasi pandemi covid 19 dunia dimana kebutuhan belajar daring dan tatap muka online semakin mengemuka. Pada tahun 2021, munculah iPad pro M1 produk Apel sebagai ujud salah sebuah gawai tablet premium yang mengusung dapur pacu dengan performa bahkan - secara teknis - mengalahkan banyak segmen laptop windows.

Itu terjadi karena perusahaan lembah silikon tersebut telah menanamkan chipset M1 yang juga di gunakan buat dapur pacunya Macbook generasi terbaru milik Apple. Chipset ini dapat menjalankan semua aplikasi yang di desain untuk mobile sekaligus kompatibel dengan aplikasi apliasi berbasis web. Ini revolusi.

Sekilas akan tampak menjadi persaingan yang potensial bagi laptop laptop konvesional, dimana sebuah tablet memiliki keunggulan keunggulan berikut:
  1. Lebih mobile dan simple umumnya dimensinya tipis dan ringan. Lebih mudah dibawa kemana mana.
  2. Lebih banyak aplikasinya yang Android bisa mendownload setiap waktu melalui Play Store, yang iPadOS bisa mendownloadnya melalui App. Store milik Apple.
  3. lebih banyak pilihan modelnya. Tersedia dari yang murah hingga yang paling mahal.
  4. Lebih bagus kameranya tersedia depan dan belakang sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk belajar daring, meeting online dan webinar, dengan hasil dan kualitas gambar yang sangat jauh melampaui laptop. Lagi pula disisi kamera mudah di gunakan di gunakan buat merekam gambar dan video. Contoh paling nyata adalah faktanya video kami di atas di rekam dengan menggunakan kamera Samsung Tab s7 plus.
  5. Memiliki layar sentuh dan layar yang sangat responsif.
  6. Dapat di lengkapi dengan keyboard dan mouse (Dapat di rubah menjadi sebuah laptop dalam sekejap)
  7. Dan masih banyak lagi
Tablet vs Chrome book

Chromebook adalah cara laptop terbaru. Sebuah laptop yang menggunakan browser chrome sebagai sistem operasinya. Tablet juga dapat melakukan hal yang sama. Kita dapat membuka browser chrome dan mengedit HTML online, membuka lembar kerja, spreadsheet dan dokumen online, mengedit gambar dan video secara online. Kemudian menyimpannya ke dalam drive atau penimpanan cloud kita, dan itu semua telah kami lakukan selama bertahun tahun menggunakan tablet Android Samsung. Tablet Android pertama kami adalah Samsung tab S2 yang di beli tahun 2014. Dan kami telah menggantinya dengan tablet tab s7 plus di tahun 2021.

Kami telah membandingkannya dengan cara bekerja menggunakan chromebook. Kemampuan tablet boleh dikatakan setara dalam melakukan pekerjaan alias berproduktivitas. 

Di chrome book kami bekerja menggunakan lembar lembar kerja Google office, office 365, dan WPS. Kami juga menggunakan editor gambar canva, editor HTML seperti Codepen. 

Di tablet Android dan juga Huawei matepad 11 yang menggunakan Harmony sebagai sistem operasinya semua pekerjaan tersebut dilahap habis tanpa kendala apa apa. Performanya setara dengan laptop chromebook.

Potensi tablet dan iPad dan perang ke dua Dunia Gadget

Patut diperhatikan chromebook lambat laun akan - sedikit banyaknya menjadi kompetitor - yang sangat potensial bagi laptop windows dan bahkan bagi Macbook Apple, dimasa depan mungkin ketika teknologinya berkembang lebih cepat, pangsa pasarnya akan menggerus laptop laptop konvensional. Ada masa zamannya laptop windows dan juga mungkin juga macbook akan terkoreksi jatuh, jika bukan oleh chromebook tentu oleh Tablet dan ipad.

Bahkan sering terjadi dalam sebuah pergulatan dan perang yang tidak kasat mata di dunia bisnis, salah satu kompetitor bisa saja terjerambab jatuh di atas kedua lutunya sebelum menyerah kepada kenyataan. 

Sama halnya jika kita mengingat sejarah kejayaan hape Nokia dan Blackberry zaman lampau. 

Dan banyak orang masih tidak percaya ketika akhirnya mereka runtuh dan lalu orang orang segera menyadari siapa sekarang yang berdiri tegak sebagai pemenang perang dunia itu: Disana ada Samsung dan Apple, di belakang mereka ada Apple dan Google. Mereka adalah pemenang perang pertama dunia gadget.

Jika kita harus meramal siapa pemenang perang dunia kedua dunia gadget, dalam artian perang bisnis dan sekaligus perang teknologi, Google, samsung mungkin masih bisa bertahan, kalau tidak bisa dikatakan harus bertahan dari kekalahan. Karena dimasa depan perang kedua dunia gadget pastinya akan lebih seru daripada perangnya nokia dan blackberry versus Apple dan Samsung.

Di masa depan kita dengan aman bisa melihat Samsung, Apple, Microsof dan Google dalam satu kubu atau blok. Disisi lain Huawei, OPPO, xiomi yang semakin kuat di sisi teknologi dan backing dari sebuah negara raksasa penguasa militer, bisnis dan teknologi masa depan (Cina) tidak dapat di kesampingkan akan menjadi kubu yang berlawanan. Bisa jadi setelah mapan dan memiliki environtmen yang kuat dan stabil, Sistem operasi HarmonyOS miliknya huawei akan menjadi pesaing tangguh terhadap sistem operasi miliki barat seperti windows, MacOS, iOS, iPadOS, Anderoid dan ChromeOS.

Dan boleh jadi setelah HarmonyOS akan muncul sistem operasi kuat lainnya milik perusahaan Cina.

Ini bakalan seru. Dalam waktu dekat kita akan melihat blok blok teknologi barat dan timur berperang merebut dominasi dunia.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak