Saya telah blogging dengan serius sejak tahun 2017, tetapi sepanjang waktu itu berjalan, halaman blog tidak pernah berkembang signifikan. Lalu saya merenungkannya kembali, mungkin ekspektasi saya terlalu tinggi ya. Halaman ini pernah di monetisi, tapi tidak dapat gajian setiap bulan bahkan 3 bulan, bahkan 6 bulan. Satu tahun? Hanya buang buang waktu, kadang kita harus berhenti buang buang waktu, bukan?

gamang dan kesepian

Hobi ya tetaplah hobi, jadi saya terus menulis berhenti ber 'halu halu' akan tetapi di setiap halaman Web jika terkait dengan performa blog ada saja hal yang memprovokasi passion dan hasrat kita, bukan? Jadi saya kadang mencari tahu apa itu keyword, apa itu SEO. Huh, buls*eeet semua. Jika Kita di takdirkan sukses tentulah kita harus bekerja keras terlebih dahulu, bukan.

Jadi pada akhirnya saya masa bodoh saja. Hanya membuka dasbor Blogger buat menulis dan lalu mempublikasikannya, setelah itu selesai. 

Titik. Kata Kepler, biarkan pembaca yang akan menemukan tulisanmu. Tapi saya ragu, bukannya pembaca yang mencari, tapi mesin telusur, dan mereka lebih bodoh lagi, harus di kasih umpan balik barulah bisa menemukan konten tulisan kita di antara timbunan tulisan tulisan lain yang banyaknya  seperti tumpukan sampah. 

Kadang kita memang sering merasa berputus asa jika harus belajar dari orang lain yang jauh lebih kuat daripada kita. Jalan mereka bukanlah jalan kita, sedangkan jalan kita tampaknya bukanlah seperti jalan yang ingin orang lain lihat, pada saat menunjukannya mereka berpaling kepada yang lebih mentereng. Apalagi di dunia Web yang riuh rendah semua orang seolah pegang toa dan pengeras suara, berteriak teriak minta diperhatikan. Dan ketika suara mereka senyaring itu akhirnya terdengar oleh mesin telusur, mereka menoleh dan berkata dengan dingin:

"Tunggu antrianmu, kakak, kami ada prioritas"

Prioritasnya Web besar, halaman raksasa dengan sumber daya besar, mereka yang memiliki uang buat bayar kampanye dan memasang iklan untuk mempromokan diri mereka sendiri. Bukan saya, dan kawan kawan yang hanya pemilik Web serpihan, yang numpang platform gratis di dunia Web yang semakin keras ini, dan di zamannya yang semakin tua ini.

Namun selalu terasa masih ada celah bukan? Tapi entah bagaimana caranya ketika itu ditemukan tiba tiba kita menemukan diri kita telah berada di atas, berada di sebuah tempat yang tinggi, gamang dan kesepian!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: