Bisakah tablet Huawei HarmonyOS menggantikan laptop?

Saya menggunakan Samsung tab S7 plus sebagai pengganti laptop. Tablet ini saya beli satu paket bersama keyboard nya yang mewah dan benar benar sempurna menggantikan keyboard yang ada pada Macbook saya. Apa yang saya kerjakan setiap hari melalui Tablet ini, menurut seberapa seringnya atau menurut prioritasnya? Kalau perihal seringnya tentu saja nyaman buat bermain game! Yang kedua nyaman buat nonton, dan yang ketiga pas buat blogging, mengetik naskah dan konten konten tulisan. Bahkan penulis novel sangat cocok memiliki perangkat ini sambil di bawa bepergian.

Huawei matepad 11 sebagai pengganti laptop

Okey kita ke prioritas pekerjaan saja. Tablet saya pergunakan dengan urutan prioritas berikut:
  • Mengedit dokumen yang di dalamnya sudah termasuk dokumen tertulis, spreadsheet seperti Ms. Office, berkirim email 
  • Mengedit gambar dan video, membuat konten multimedia sederhana.
  • Menulis dan mengedit HTML untuk mendukung pekerjaan front end dimana di dalamnya sudah termasuk HTML, CSS, dan Javascript.
Dan kini saya menggunakan Huawei matepad dengan sistem operasi yang berbeda, bukan Android seperti Samsung tab S7 plus, bukannya sistem operasi lain yang telah ada di muka bumi ini seperti iOS, iPadOS, MacOS, dan Windows mobile, ia adalah sistem operasi baru yang bernama Harmony OS , keren, keren sekali. Lalu apakah ia bisa melakukan hal yang sama dengan tablet Samsung tab S7 plus? Tidak usah di banding banding dengan laptop, dengan tablet Android saja terlebih dahulu.

Nah itu dia, saya sungguh tidak menyangka sempat memandang rendah atau meragukan Harmony OS, kalau tablet nya (perangkat atau gawainya) sih tidak diragukan lagi karena huawei memang sudah malang melintang dan di akui sebagai produsen teknologi yang di akui dunia. Bahkan dunia barat (Amerika) menganggapnya sebagai kompetitor alias pesaing yang sangat berbahaya. Itu adalah sebuah penghargaan di balik deklarasi permusuhan, bukan? Tapi Harmony OS, operating apaan tuh?

Mau bersaing dengan Android besutan Google, Windows besutan Microsoft, dan iPadOS buatan Apple? Gile lu ndro, yang benar saja.

Tapi astaga, setelah saya mencobanya perlahan pikiran saya perlahan mulai berubah, operating sistem ini memiliki banyak trik hebat, antar mukanya sekilas mirip dengan iPad OS dan sekaligus mirip dengan Android juga, bagi saya wajar saja karena sistem operasi modern itu tampilannya memang itu ke itu saja agar pengguna tidak bingung dan terbuang waktunya untuk mempelajari hal baru apalagi kalau sampai ribet. Dia dapat menjalankan hampir semua aplikasi android, dan dia dapat melakukan hampir semua pekerjaan dan tugas ltop chrome dan laptop windows, sekaligus mungkin saja dapat melakukan pekerjaan Macbook. Padahal di hanyalah sebuah tablet.

Baik kita bahas satu persatu.

1. Menjalankan aplikasi office

Tablet Huawei HarmonyOS ini dapat menjalankan aplikasi aplikasi Office dengan sangat baik perti ms. office. Akan tetapi saya menyarankan Kalian memasang WPS office karena fitur fitur dasarnya yang dapat dipergunakan gratis pada tablet ukuran 10 inchi ke atas.

Aplikasi office adalah aplikasi wajib perkantoran untuk mengolah data berupa dokumen tertulis, dokumen spreadsheet untuk pekerjaan pekerjaan akuntansi, statistik, dan lembar lembar kerja yang lebih rumit. Ia juga dapat dipergunakan buat presentasi pekerjaan. Aplikasi WPS sangat cocok dipasang dan di jalankan di tablet Huawei matepad 11 yang bersistem operasi Harmony OS.

2. Menggunakan Aplikasi pengedit gambar

Untuk editor gambar pada zaman sekarang bukanlah hal sulit lagi. Bahkan dapat di edit dengan sangat baik dan gratis melalui editing platform online sebut saja:

Canva online. Aplikasi atau tool pengedit gambar online ini dapat di manfaatkan sebagai tool desain gambar, seperti membuat kartu, membuat ilustrasi gambar untuk tulisan, membuat logo, presentasi dsb. Tidak perlu memasang Canva ke dalam perangkat cukup mengerjakannya secara online. Bukti kuat trend bekerja online memang mulai menjadi kebutuhan para pekerja.

Membuat gambar sendiri akan membuat situs kalian terhindar dari masalah copyright.

Jika ingin membuat gambar sendiri tablet ini memiliki kemampuan drawing sempurna layaknya menggambar nyata menggunakan pensil bawaannya. Ini sempurna bagi kalian yang hobi corat coret dan hobi menggambar.

Untuk lebih lengkapnya tentang perihal editor gambar online, silahkan baca postingan kami sebelumnya: "Empat editor gambar online paling keren buat para kreator konten blog dan vlog pemula"

3. Menjalankan editing Video

Jangan memikirkan Adobe primiere dulu, saya memilikinya di macbook, tapi banyak tool nya yang mubajir karena jarang atau bahkan tidak terlalu saya butuhkan. 

Nah untuk editing gambar sama seperti pada tablet Samsung tab S7 plus saya memasang Kine Master pada tablet Huawei matepad 11 Harmony OS, dan ia bekerja dengan sangat baik. Tidak ada masalah meskipun misalnya versinya adalah APK, ia bekerja sama baiknya dengan versi premium dan berbayar yang telah saya pasang di tablet Samsung tab S7 plus saya.

Untuk mendownloadnya kita dapat menggunakan browser bawaan Huawei pada matepad 11. Saya mendownloadnya melalui link berikut: https://www.kinemastermod.pro/

Kinerja Aplikasi APK ini sama dengan versi pronya.

Saya menjadikan aplikasi editing video wajib karena selain blogging, tablet juga saya pergunakan buat vlogging, beberapa konten video hasil editing dan 'di olah' di huawei matepad telah kami posting di channel Youtube kami: Editblogtema Channel. silahkan kunjungi ya.

Bahkan kamera tablet ini telah manfaatkan buat vlogging yakni mengambil gambar dan video yang akan kami jadikan sebagai konten buat vlogging di Youtube. Kamera tablet? Mengapa tidak? Kalian akan menemukan kelebihan dari layar leganya, letakkan ia di hadapan kita, lalu lambaikan tangan untuk merekam. Tambahkan kamera hape jika ingin mengambil gambar dengan sudut atau angel yang berbeda. Sesederhana itu, dan hal ini tidak dapat begitu saja kita lakukan jika hanya sekedar memiliki sebuah macbook atau sebuah Laptop.

4. Pas buat hobi Blogging dan Vlogging

Semua orang bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat ini: Blogging dan Vlogging bahkan jika misalnya mereka hanya memiliki hape saja tanpa laptop apalagi tablet.

Akan tetapi, dengan tablet kami dapat bekerja lebih jauh dan dalam secara offline dan terutama secara online.

Buka browser bawaan tablet huawei, buka dasbor blogger, masuk ke editor HTMLnya dan edit! Tentu hal ini tidak mudah dilakukan melalui hape yang layarnya kecil, bukan? Lagipula hape tidak memiliki keyboard fisik yang memiliki banyak kunci pintas untuk mencari kunci untuk menemukan tag demi tag kode HTML. Bukan tidak bisa, tapi pastinya ribet.

Melalui tablet kita bisa membuka situs situs editor koding seperti codepen, disana kita bisa bermain sambil menulis kode kode HTML untuk membuat elemen elemen penting yang dapat kita pasang nantinya ke template halaman Web kita. Menurut kami Huawei ini sangat keren pada saat melakukannya. Fisiknya kompak dan lebih kecil dari ukuran laptop ternyata tidak memberikan kesulitan, mungkin karena ia memiliki layar sentuh yang sangat responsif buat navigasi dan eksplorasi tool tool online.

Terakhir agar pengalaman bekerja menggunakan matepad terasa sempurna kita wajib melengkapinya dengan keyboard fisik yang dapat di hubungan atau di pairingkan melalui koneksi bluetooth, kebetulan matepad 11 kami sudah memiliki keyboard bawaannya. Disamping itu kita juga dapat menghubungkannya ke mouse bluetooth juga.

Dan juga wow, kamera nya bisa buat shooting video cocok buat podcast, dan tentu saja buat belajar daring, meeting online atau webiner. Untuk pengambilan konten video saya sering menggunakan kamera dan layar huawei. Saya jadi kepikiran bagaimana jika suatu hari tablet di lengkapi dengan mode shooting video ya, keren, bahkan lebih keren dari kamera hape karena layar monitor tablet kan lebih besar, terus kamera depannya kalau bisa jangan di buat dengan efek mirroring lagi.

Jika ingin menyaksikan video yang telah kami rekam melalui tablet dan kami edit melalui matepad 11 silahkan saksikan video berikut.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak