Mengapa hape buatan Cina pada murah murah?

Dulu Cina adalah tukang tiru, produknya di bully dengan sebutan kawe, ciss, hape kawe, made cina guy, yang beli pasti di pandang sebagai orang tidak mampu. Ya dulu made in USA adalah rajanya hape berkualitas. 

Gelagat produk Cina akan menguasai dunia adalah ketika negara negara eropa yang notabene maju melihat betapa produk produk Cina telah membanjiri pasar mereka, Anda tahulah dari sendok dan garfu, gelas dan piring perangkat dapur, lantai keramik dan atap gereja mereka mulai di buat oleh Cina. Sampai sampai saya sendiri waktu masih bekerja di perusahaan PMA pernah mendengar Bos kami yang bule bilang begini:

"Kamu mau cari produk model itu yang bukan buatan cina? Di Kotaku di Inggris, USB dan kabel kabel OTG hampir semuanya buatan cina. Asal kamu tahu, di dunia ini 99% buatan cina, tinggal 1% saja lagi buatan Tuhan" itu adalah ungkapan jengkel beliau pada waktu purchasing mengeluh tidak mendapatkan produk selain buatan cina. Saya tersenyum geli.

Tapi memangnya kenapa? Semua itu berubah ketika Cina sudah tidak punya alasan buat meniru niru, mereka kehabisan alasan karena pada akhirnya mereka menguasai teknologi berkelas yang membuat negara negara Barat ketar ketir dan gamang berhadapan dengan para raksasa produsen teknologi cina. Bayangkan bukan hanya sekedar menyamai, inovasi dan perkembangan teknologi negara tirai bambu di pandang oleh para kompetitor Barat sebagai saingan potensial yang tidak bisa lagi di pandang sebelah mata.

teknologi Barat versus teknologi cina

Teknologi Cina lebih cepat berkembang, mereka juga tidak terlalu 'protection' terhadap rahasia teknologi mereka, paradigma mereka beda dengan negara Barat yang menemukan teknologi lalu meneyembunyikannya karena takut tersaingi. Paradigma Cina adalah revolusi: silahkan bersaing, karena kami akan selalu menemukan teknologi baru, silahkan ambil teknologi itu karena besok kami akan meninggalkannya dan menggantikannya dengan teknologi baru yang kami temukan.

Jadi tidak akan ada yang perlu di sembunyikan.

Karuan paradigma lama Barat tidak berlaku lagi: protect teknologi, buat apa? Toh besok teknologi itu jadi tua, usang dan sudah berganti. Cara ini membutuhkan kekuatan modal, kecepatan mencipta, kerja keras dan pada akhirnya yang kuatlah yang akan menang. Jerman mengakui jika teknologi cina sudah tidak bisa dibendung lagi keberadaannya di dunia ini. 

Hari ini cina telah menciptakan situasi itu, paten dan hak cipta tinggalah hanya sebagai urusan formalitas hukum bisnis yang tidak terlalu sakral lagi seperti dahulu ketika berada di tangan dunia barat.

Hari ini adalah hari milik cina, kata pakar teknologi Jerman. Padahal sepuluh tahun yang lalu dunia bangga jika menggunakan barang barang teknologi Jerman yang berkualitas tinggi. Hari ini paradigma itu telah mulai pupus perlahan lahan, semua itu karena teknologi cina yang murah.

Lalu inilah contoh alasannya mengapa hape hape cina itu di jual lebih murah daripada hape hape buatan barat, padahal teknologinya setara dan bahkan beberapa di antaranya memiliki keunggulan lebih.

Alasan pertama. Bahan baku.

Cina memiliki sumber daya dan bahan baku yang melimpah. Sebut saja logam tanah langka. Cina menguasai bahan baku tanah langka sebesar 84% cadangan dunia. Bahan baku ini sangat penting dan vital untuk pembuatan sebuah smartphone. Amerika sendiri hanya memiliki cadangan 13% dan India lebih kecil lagi, hanya menghasilkan 2,5%.

Bukan hanya itu ada 17 bahan bumi langka di dunia, dan 16 diantaranya sangat vital untuk pembuatan smartphone. Hampir semuanya di kuasai oleh Cina.

Tanpa harus membeli (mengimpor) bahan tanah langka ini, karuan cina dapat menekan beaya produksi dan pada akhirnya menekan harga penjualan produk produk yang mereka hasilkan.

Alasan kedua. Tenaga kerja melimpah dan murah

Penduduk atu populasi cina itu berjumlah 1,3 milyar lebih, pendidikan ketrampilan mereka juga nyaris telah merata. Dengan sumber tenaga kerja yang cukup berkualitas namun murah mereka dapat menekan beaya produksi standar Barat yang mahal. Selain itu tenaga kerja cina terkenal rajin dan gigih dialah bekerja.

Alasan ketiga. Produk di jual online

Alih alih mengeluarkan biasa berkampanye offline dan mendirikan store atau gerai gerai besar yang menelan biaya yang tidak alang kepalan besarnya seperti Apple dan Samsung, produsen produsen cina malah fokus kepada penjualan online. Kampanye 'massal' dan 'murah' ini tidak memerlukan toko toko dan karyawan karyawan. Dan boleh percaya atau tidak penjualan besar besaran berjamaah cina ini menyumbang kepercayaan bisnis dunia terhadap bisnis online. Pengaruhnya membuat orang orang di muka bumi ini menjadikan bisnis online sebagai ladang kegiatan mereka berbisnis.

Alasan ke empat. Riset dan Pengembangan

Meskipun pada akhirnya produsen produsen cina harus melakukan kegiatan riset dan pengembangan mereka sendiri agar dapat bersaing dengan produsen produsen Barat seperti Apple dan Samsung, namun karena 3 alasan di atas tadi beaya atau dana riset dan lini pengembangan teknologi mereka bisa lebih terjamin dan berkesinambungan karena dana mereka terjamin. Barat sering mendesak Cina agar menaikkan upah pekerja, itu baik jika bukan maksud agar produsen cina 'terbebani' oleh anggaran tambahan. Akan tetapi Barat juga tahu beaya hidup di Cina tidak semahal kehidupan di barat. Para periset cina tentulah tidak akan di bayar semahal para periset barat.

pertumbuhan hape cina lokal dan global
pertumbuhan hape cina lokal dan global

Alhasil, produk smartphone cina semakin hari semakin meningkat fitur dan kamampuannya, semakin bagus performa dan kualitasnya, juga semakin mutakhir teknologinya. Dari satu sisi bisnis berbasis teknologi ini saja kita dapat menebak bahwa cina akan menjadi sebuah negara adi daya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:


Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak