Tanpa judul

Norwegia di sebut sebagai negara pertama yang akan menggunakan mobil listrik sepenuhnya pada tahun 2022. Di negara itu harapan melenyapkan mobil bensin ternyata lebih cepat dari harapan semula. Harapan sebelumnya adalah mobile bensin akan 'di haramkan' sepenuhnya pada tahun 2025.

ilustrasi mobile listrik

Akan tetapi ternyata penjualan mobile bensin menurun tajam secepat kilat dalam kurun waktu 7 bulan di negara itu. Ini menunjukan antusias masyrakat yang besar.

Bagaimanapun 10% pengguna masih membeli mobile hybrid. Mobile hybrid tidak bisa di katakan sebagai mobile listrik karena masih menggunakan bahan bakar minyak. Mobile hybrid adalah produk yang di anggap sebagai 'kegagalan'.

Dapat di pastikan tekanan dari dunia global akan membuat satu persatu negara negara dunia akan mengekor Norwegia terutama negara negara maju dan berkembang dalam waktu dekat kita akan melihat produk mobile listrik yang canggih jauh melampui kemampuan mobil mobile 'kuno' berbahan bensin.

Berikut alasan mengapa mobile bensi akan segera lenyap dari muka bumi:

1. Perkembangan teknologi

Kemajuan teknologi telah berjalan cepat. Rekayasa enginering tentu saja untuk menciptakan segala sesuatu untuk lebih praktis, lebih ekonomis, lebih bersih, lebih praktis. Nah terkait dengan bahan bakar, rekayasa teknologi akhirnya menemukan hal hal berikut: sumber energi murah dan tidak terbatas, mesin yang kuat, tahan banting, praktis dan mudah di pergunakan dengan menggunakan sumber energi tadi.

2. Ekspoitasi bahan bakar fosil dan penambangannya mungkin akan dilarang di dunia

Minyak, batu bara dan gas adalah bahan baku yang terdapat di dalam perut bumi. Bahan bahan ini tidak bisa terus menerus di eksploitasi, selain sumber daya yang terbatas, mengeksploitasi bahan baku energi ini terus menerus akan membuat kerusakan lingkungan yang dapat berakibat fatal bagi kelangsungan hidup umat manusia, mendatangkan bencana pencemaran, merusak dan membahayakan lingkungan dan merusak keseimbangan iklim.

Hal ini sudah lama di sadari oleh negara negara di dunia. Namun dorongan dan ketamakan mencari uang membuat ia terus berjalan. Sementara yang menjadi benar benar kaya hanyalah segelintir orang, sisanya adalah kuli.

3. Energi tanpa batas.

Mobil listrik dapat mengadopsi berbagai sumber daya tanpa batas, bisa listirik yang disimpan ke dalam battery yang tahan lama, bisa jadi kelak akan di buat komponen atap mobile yang mampu menyerap energi panas matahari, atau energi dari radiasi alam semesta yang kasat mata di sekeliling kita. 

4. Melepaskan diri dari status quo

Mobil bensin memiliki komponen mesin yang berat karena pembakarannya yang konvensional. sehingga ia memang tercipta untuk terbatas berlari melata di jalanan saja. Sebaliknya mobile listrik boleh jadi pada perkembangannya akan terbuat dari mesin yang ringan dan super ringan sehingga akan mampu lepas landas dan terbang di udara.

Pada perkembangannya, teknologi ini memang mulai mengadopsi mesih terbang, dan beberapa model diantaranya bahkan telah masuk ke Indonesia.

5. Harganya semakin murah

Dan ini penting. Mobil listrik berpotensi jauh lebih murah daripada mobil bensin mengingat pembuatannya menjadi semakin mudah dan sederhana. Bukan berarti ia tidak serumit mesin bensin, akan tetapi teknologi manufaktur memang sudah semakin modern dan fasilitasnya semakin lengkap, sehingga inovasinya semakin maju dan berkembang pesat.

6. Pajak lebih murah

Bagaimanapun, Norwegia telah menerapkannya dan menerapkan pajak yang dua kali lebih murah daripada mobil konvensional bermesin bensin. Ini memang harus dilakukan ketika pemerintah mendorong investasi, pajak harus lebih murah. Dan dapat di pastikan negara manapun yang nantinya mendapat giliran menggiring rakyatnya agar beralih ke mobile listrik demi mematuhi seruan PBB untuk mengurangi emisi udara dan kerusakan lingkungan lainnya, harus mengikuti jejak ini.

Akan tetapi pajak murah bukan semata mata karena hal itu, ada pertimbangan investasi jangka panjang yang harus menjadi pertimbangan. Jika misalnya Indonesia tidak mengikuti komitmen global terhadap isu lingkungan ini tentu negara kita juga akan mendapatkan konsekwensi investasi yang besar di masa yang akan datang.

kesimpulan:

Alasan terakhir adalah, dunia tidak sedang berjalan di tempat, artinya tidak akan ada yang abadi, segala hal akan berubah dan itu terjadi semakin cepat. Hal hal baru akan segera datang silih berganti menggantikan hal hal lama.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Norwegia, dan negara negara Skandinavia memang terkenal sebagai negara yang mencintai alam.....

    Ya, semoga negara lain menyusul ..... 👍👍👍

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak