Masih merindukan tablet Android? Pertimbangakan kembali karena HarmonyOS cenderung lebih baik


Ok saya memiliki keduanya, sama sama multitasking meskipun dengan sistem operasi berbeda. Tapi fokus kita kali ini tentu saja ke pengalaman pengguna berdasarkan sistem operasi sebuah tablet, mengapa? Simak saja.

Dan lalu tablet dengan sistem operasi yang mana paling mengesankan dan paling membantu pekerjaan, yang paling enak di pergunakan, dan yang paling pas menjadi sebuah tablet? Karena saya memiliki dua buah tablet yang sangat jauh berbeda baik dari sisi desain, ukuran, harga, sistem operasi dan antar muka maka saya tetap membandingkannya: 

Huawei matepad11 vs Samsng tab s7 plus.

Bukan sebuah perbandingan yang adil, nyaris bukan perbandingan apple to apple jika merujuk pada perbedaan dengan selisih yang jauh, tetapi setelah menggunakannya saya harus membagikan pengalaman saya.

1. Perbandingan ukuran layar dan keunggulannya

Perbandingan ukuran dan dimensi huawei 11" samsung tab s7plus 12,4" huawei matepad 11 menang mobile dong, iya dong contohnya masukan saja ke tas ukuran kecil ini...nah bagi saya pastinya bukan untuk semua kalian huawei menang mobilitas. 

Menang praktis. Namun saya juga menyukai layar dengan ukuran besar Samsung tab s7 plus yang 12,4" akan tetapi karena desainnya beda, kepraktisan casing pelindung sekaligus keyboard Samsung entah mengapa terasa sedikit 'merepotkan' saya.

2. Harga dan keunggulannya

Harga: Samsung tab s7 plus lengkap dengan keyboard dan pensil pada awal rilis dulu tidak kurang dari 15 juta bahkan lebih mahal lagi sedangkan huawei yang dilengkapi dengan keyboard minus pensil sudah dapat di beli dengan harga 7 jutaan jadi harganya 2x lipat meskipun kadang kepikiran bahwa keduanya sama sama di motori oleh chipset yang sama Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+) sama memiliki refresh rate layar 120 hz. Meskipun ya, kualitas layar buatan samsung lebih bagus tidak serta merta membuatnya lebih nyaman pada saat dipergunakan.

3. Sistem Operasi

Platform atau sistem operasi: Harmony OS vs Android. Harmony OS itu benar benar membuat pengalaman menggunakan tablet menjadi tablet sejati mengapa? Karena ia memang di maksimalkan untuk di pergunakan di segala ukuran layar. Sedangkan menggunakan Android buat tablet membuat sebuah tablet serasa sebuah smartphone bongsor karena Android sejatinya adalah platform yang di desain buat hape dengan layar yang muat di genggaman. 

Itu pengalaman saya sih ketika menggunakannya.

Lho kan samsung tab s7 plus ada DEX? 

Samsung Dex adalah fitur yang disertakan pada beberapa perangkat genggam Samsung kelas atas, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas perangkat mereka menjadi pengalaman seperti desktop. Pengguna bisa dengan mudah menghubungkan keyboard, mouse, dan monitor.

Tapi secara praktis DEX tetap saja terasa tidak membantu mengeluarkan kita dari pengalaman menggunakan telpon genggam yang dipaksakan di pasang ke tablet, mengapa? Karena ia tidak dapat merubah aplikasi aplikasi smartphone menjadi benar benar seperti aplikasi untuk sebuah tablet. 

Misalnya pada samsung dex ketika kita membuka aplikasi seperti Instagram, facebook dll pada layarnya yang jombo itu terasa maksa sehingga aplikasi terbukanya terasa melar, di buat gede tapi ukruannya jadi menggantung dan tidak dapat disesuaikan dengan ukuran layar. Sebaliknya ketika di buka melalui harmonyOS kok aplikasi tersebut bisa terasa pas ya, lihat saja nih

Kita juga tahu Apple sampai meninggalkan iOS yang tadinya juga di gunakan buat iPad karena menyadari sistem operasi iOS hanya cocok buat iPhone yakni telpon genggamnya buatan Apple, lalu mereka membuat sistem operasi baru yang bernama iPadOS buat dipergunakan menjalankan iPad. Jadi pahamkan.

4. Ketahanan Battery

Penggunaan battery: ketika menggunakan samsung tab s7 plus selama 6 jam saya mendapati battery cepat sekali habis padahal ukuran batterynya lebih gede sampai 10090mAH berbanding huawei yang hanya 7250 mAH mungkin kita maklum karena layarnya yang superamoled lebih boros daya tapi juga karena sistem Androidnya kurang baik dalam managemen daya. Sedangkan Huawei yang hanya 7250 mAH itu mampu bertahan 10-12 jam.

Lalu dalam paket pembelian pula samsung hanya menyertakan charger 15 watt sedangkan huawei menyertakan dan menyediakan charger 22,5 watt. Jelas soal charging huawei menang telak. Makanya saya sering menggunaan chargernya huawei ketika charging samsung tab s7 plus saya agar cepat.

5 Perekam video layar

Lalu karena saya membuat konten saya membutuhkan fitur perekam layar.

Sama halnya dengan samsung tab s7, huawei matepad 11 memiliki fitur rekam layar sehingga hasil rekaman bisa di jadikan video. Tapi pada samsung tab s7 plus kita memiliki dua opsi melalui pengaturan atau melalui pintasan layar dan bisa juga melalui keyboard. Nah pada huawei matepad kalian cukup mengetukan dua jari sekaligus  dua kali ke layar untuk merekam video dan mengetukan satu jari dua kali ke layar untuk mengambil gambar layar, keren kan.

Terlepas dari tablet Android besutan samsung bagi saya, menggunakan sistem operasi Android tidak cocok buat tablet, saya juga mencoba tablet Android merek lain dan hasilnya kurang lebih sama saja, sama sama berasa menggunakan tablet dengan sistem Android itu bagai menggunakan sebuah smartphone bongsor!

Dan ajaibnya ketika saya menggunakan tablet huawei android dan harmony saya lebih nyaman menggunakan yang menggunakan harmony karena sistem operasinya berasa lebih optimal ketika menjalankan sebuah perangkat tablet...

Kebetulan saja saya memiliki kedua tablet ini dan dari ke waktu ke waktu saya mulai menemukan hal hal kecil yang membedakannya dan lalu mempengaruhi pengalaman saya. 

Tidak akan semua orang sependapat akan tetapi paling tidak saya berharap konten video ini dapat menjadi referensi bagi pengguna dan bagi produsin gadget tablet android dan huawei agar fokus juga kepada peningkatan pengalaman pengguna.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak