Masanya menjadi Youtuber tanpa persyaratan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang di tahun 2022

Pembahasan pertama kita adalah: Manfaatkan video shorts

Tanpa 1000 subscriber? Dari mana dapat traffic atau sumber viewers nya? Biasanya semakin ramai subscriber akan semakin ramai viewers nya soalnya Youtube memiliki sistem notifikasi kepada ratusan ribu subscriber yang telah di miliki oleh sebuah channel youtube, di samping algoritma yang mengacu kepada kualitas konten video dari channel tersebut.

tanpa 1000 subscriber

Jadi dalam kasus biasanya, sebuah channel yang subscribernya sedikit akan sedikit pula mendapatkan viewers, kecuali dalam beberapa hal sebuah konten video di karenakan SEO, kualitas, dan keunikanya dapat melampaui jumlah subscriber dan melompat menjadi viral namun ini kejadian yang sangat langka.

Akan tetapi video shorts memiliki algoritma mesin penelusurannya sendiri di Youtube, ia tidak lagi bergantung pada jumlah subscriber pembuat konten video, kita tidak akan dapat mengetahui rahasia dapur youtube Google ini. Kita hanya di minta membuat konten konten short video yang unik, menarik, berkualitas dan original dan setelah mempublikasikannya biarkan algoritma Youtube bekerja dan kita hanya dipersilahkan menunggu hasilnya: Meledak atau tidak tergantung performa dan kualitas video yang telah kita buat tadi.

Untuk membuat video Shorts di YouTube:
  1. Login ke aplikasi YouTube.
  2. Ketuk Buat Buat video Shorts beta.
  3. Untuk membuat video Shorts berdurasi lebih dari 15 detik, ketuk 15 di atas tombol rekam untuk merekam hingga 60 detik (60).
  4. Catatan: Rekaman yang menggunakan musik dari koleksi kami atau audio asli dari video lain dibatasi maksimal 15 detik.
  5. (Opsional) Ketuk Kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat rekaman.
  6. (Opsional) Ketuk Timer untuk menyetel hitung mundur guna merekam secara handsfree dan memilih waktu untuk otomatis menghentikan perekaman.
  7. Untuk merekam klip, tahan tombol rekam 🧶 atau ketuk tombol tersebut untuk memulai dan ketuk lagi untuk berhenti merekam.
  8. Ketuk urungkan untuk menghapus klip video yang Anda rekam sebelumnya, atau ketuk ulangi untuk menambahkannya kembali.
  9. Ketuk selesai untuk melihat pratinjau dan memperbaiki video Anda.
  10. Ketuk BERIKUTNYA untuk menambahkan detail ke video Anda. Dari layar ini, tambahkan judul (maks. 100 karakter), dan pilih setelan, seperti privasi video.
  11. Catatan: Setelan privasi video default untuk kreator berusia 13–17 tahun adalah pribadi. Jika Anda berusia 18 tahun ke atas, setelan privasi default untuk video Anda adalah publik. Semua orang dapat mengubah setelan ini untuk menyetel video ke publik, pribadi, atau tidak publik.
  12. Ketuk Pilih penonton “Ya, video ini Dibuat untuk Anak-Anak" atau "Tidak, video ini tidak Dibuat untuk Anak-Anak" untuk memilih penonton Anda. Pelajari lebih lanjut setelan Dibuat untuk Anak-Anak.
  13. Ketuk UPLOAD untuk memublikasikan video Shorts Anda.
Fakta Bonus video shorts:
  1. Kalian tidak perlu mendapatkan 1000 subscriber terlebih dahulu untuk mendapatkan bonus performa short video (lho darimana dapat trafiknya?) 
  2. Sumber trafiknya adalah dari youtube dan algoritma short video shorts itu sendiri.
  3. Short video harus unik, original (asli karya kalian sendiri) misalnya video shorts yang di unggah dari tiktok dan berasal dari unggahan platform lainnya tidak akan mendapatkan bonus.
  4. Kalian akan menerima email pemberitahuan jika video shorts yang kalian upload telah layak mendapatkan bonus
  5. Dari sumber informasi tayangan Youtube, jumlah view sebuah video shorts yang berhak mendapat bonus itu adalah video shorts yang memiliki performa bagus
  6. Masih dari sumber informasi dari komunitas di Youtube viewer video shorts nya berkisar jutaan hingga puluhan juta viewers
  7. Rata rata bonus yang di terima oleh pembuat konten unik video shorts berkisar 100 hingga 10,000 Dollar US perbulannya.
  8. Short video juga efektif menambah subscriber (ini bonus tambahannya)

Fakta lain: 

Bersumber dari komunitas Youtube, banyak juga konten creator Youtube video shorts yang mendapatkan notifikasi tapi ternyata hanya 'Prank' alias tidak mendapatkannya berarti Google humoris juga ya...

Akan tetapi hal yang perlu kalian garis bawahi adalah menjadi youtuber menjadi mudah tanpa syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, bukan? Tapi, ya itu tadi: Membuat channel unik Video Shorts!

Mengapa saya tulis judul di tahun 2022 karena tahun 2021 telah memasuki bulan Desember dan untuk memberikan ruan waktu kalian berfikir. Namun jauh lebih baik jika memulainya sekarang juga.

Fitur baru Youtube: Reseach atau Riset

Pembahasa kedua di tahun 2022 akan hadir fitur atau tool 'reseach' wah yang ini bisa berarti riset, kalau istilah SEO terdapat riset keyword, dll untuk mendapatkannya perlu aplikasi web khusus, maka kali ini di Youtube akan tersedia fitur tersebut di halaman Youtube Studio. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah tinggal ketikan trend kunci kata pada kolom yang tersedia dan kita dapat menentukan pilihan judul video kita agar 'nyangkut' di mesin pencarian, menarik bukan?

Tapi ini berlaku tahun 2022 depan, sekarang sudah Desember, lho. kita tunggu saja. 


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Jujur aja aku blm tertarik buat merambah ke youtube mas, hahaha, aku ga bakal blas dalam hal video, edit2 video dan sebagainya, ajdi sejauh ini masih jadi penonton aja kalau di youtube ahhahaa

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak