KETIKA CENTANG LABEL BIRU MENJADI STANDAR AKUN PREMIUM INSTAGRAM

Apakah label biru pada instagram?

Menurut sumber CNBC: Centang biru ini menandakan akun tersebut mendapatkan verifikasi dan resmi. Ini diberikan Instagram biasanya pada orang tertentu karena mengundang pengguna lain untuk membuat akun palsu. Sudah pasti kalau suka di palsukan itu pemiliknya bukan orang sembarangan. 

Makanya dengan hadirnya akun bercentang biru, label tersebut bisa membedakannya dengan akun-akun palsu atau akun akun tiruan dari orang lain.

Wah jarang kita perhatikan bahwa ternyata di instagram ada akun akun yang di tandai, di labeli atau di centang dengan 'Label biru'. Pemilik akun umumnya adalah publik figur, pemilik badan usaha, atau produk produk branding yang telah terverifikasi dan beberapa persyaratan lainnya.

Pas kita buka instagram dan mencari seseorang akan terlihat perbedaannya, misalnya akun RaffiNagita, Putra siregar, Ayu Ting Ting, jelas sekali centang biru. Pengikut Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting sudah di atas 50 juta follower, Putra Siregar sudah memiliki lebih 2 juta follower. 

selebgram dengan label centang biru

Namun ternyata bukan jumlah pengikut, misalnya akun Rezapramadia, sosok crazy rich yang juga masih keturunan bangsawan Cirebon ternyata labelnya juga biru meskipun pengikutnya hanya 116 ribuan, sedangkan akun Perihal kopi yang pengikutnya lebih banyak yakni 243 ribu follower tidak mendapatkan label biru.

HARUS TERVERIFIKASI

Jelas ada persyaratannya, menurut sumber Instagram dan Meta:

Centang biru ialah lencana terverifikasi yang digambarkan dengan ikon centang. Ikon ini muncul di samping nama profil pemilik akun Instagram. Dengan hadirnya centang biru, maka Instagram telah mengkonfirmasi keaslian akun yang mewakili di antaranya:
  • - public figure
  • - selebriti (artis, tokoh olahraga, dan lain sebagainya)
  • - merek atau label ternama
Dan syarat untuk mengajukan verifikasinya adalah sebagai berikut:
  • Keaslian: Akun Anda harus mewakili orang asli, atau bisnis dan entitas yang terdaftar. Hampir tidak mungkin mengajukan centang biru ini kalau akun Anda menampilkan profile yang bukan diri Anda 
  • - Kelengkapan: Akun Anda harus dalam pengaturan publik (public account), memiliki bio, foto profil, dan setidaknya satu posting.
  • - Kelayakan: Akun Anda harus mewakili individu, brand, atau entitas terkenal dan kerap dicari orang. Kami juga meninjau kelayakan akun dari berita yang diterbitkan oleh beberapa media massa. Kami tidak mempertimbangkan konten berbayar (promoted content) sebagai syarat kelayakan.
Atau rangkuman syaratnya adalah sebagai berikut:
  1. Akun harus otentik alias asli
  2. Unik
  3. Lengkap dengan photo profile asli, aktif, memiliki bio
  4. Terkenal (makanya banyak publik figur yang otomatis terverifikasi)
Berpedoman dari penjelasan sumber instagram melalui Meta di atas jelas beberapa persyaratan khusus memang harus di penuhi. Itu menjelaskan mengapa Raden Reza yang jumlah follower 116 ribuan bisa memiliki centang biru, sedangkan perihal kopi yang sudah memiliki follower 243 ribu malah tidak.

Raden Reza memiliki profil jelas, bio data jelas, status ketokohan yang jelas sebaga crazy rich sekaligus tokoh keturunan bangsawan tanah Cirebon. Sedangkan perihal kopi tidak menggunakan gambar gelas kopi dan tidak memiliki gambar dan bio personal yang jelas.

Dengan centang biru karuan akun instagram kita akan mudah mendapatkan cuan atau penghasilan dan sangat terbantu ketika berbisnis melalui instagram. Bahkan para publik figur memanfaatkannya melalui endorce yang tidak kecil bayarannya.

Sumber: Instagram, CNBC, Meta, Google

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

4 komentar

  1. Iya sih bener bgt mas, kalau udah ada centang biru berasa udah WOW banget akunnya ya.
    1. Ya dan hampir semua media sosial atau platform sejenis menandai tokoh tokoh potensial dengan 'mark' mereka sendiri
  2. Oh, ternyata IG juga ada label birunya. Kayak akun kompasiana. Tetapi di kompasiana pemberiannya tidak pada orang tertentu saja.
    1. Beda kompasiana itu penduduknya hanay 0,1% penduduk IG he he he lagian mana ada tokoh penting di kompasiana...mana ada artis mau gabung sana ya kan
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain