Cara menggunakan Green Screen dan chromakey untuk ruang studio vlogger dan Youtuber hape


Kalian pernah menyaksikan aksi hebat para superhero, efek kehancuran akibat bencana alam yang sangat mengerikan, yang di tam[ilkan oleh filem hollywood? Bagaimana mereka membuatnya? Pada kenyataannya terlihat begitu sederhana, karena sampai saat ini dunia perfileman dunia masih memanfaatkan efek green screen dan proses editng video menggunakan chroma key atau kunci kroma.

Green screen sangat terkenal dan telah dimanfaatkan oleh dunia perfileman dunia dan Hollywood hingga saat ini. Apa itu green screen dan mengapa harus layar latar berwarna hijau?

Sebenarnya bisa saja di ganti dengan blue screen atau layar latar berwarna biru, akan tetapi populeritas green screen sedikit lebih baik. Adapun alasannya adalah hanya dua warna ini yang tidak terdapat pada tubuh manusia sehingga ketika ia di hapus oleh proses editing video objek lain selain warna hijau atau warna biru tidak ikutan terhapus. Penghapusan begitu detail sehingga menghasilkan efek yang sangat nyata.

Lalu apa pula itu kunci kroma atau chroma key? Itu adalah sebuah tool penghapus latar yang terdapat pada aplikasi editor video tertentu seperti misalnya adobe premiere pada laptop, macbook atau PC.

Namun ia juga terdapat pada aplikasi editor video mobile yang dapat kita pasang ke hape dan tablet Android atau iPhone dan iPad dan juga tablet huawei dengan sistem operasi harmony OS. Jika kalian memiliki hape atau tablet silahkan pasang Kinemaster atau Power Director pada perangkat kalian karena salah satu dari kedua apliasi tersebut memiliki tool yang bernama chroma key atau kunci kroma tadi.

Merekam video Cukup menggunakan hape.

Kamera hape adalah alat rekam video mobile paling baik untuk dipergunakan pada saat ini. Dan teknologi kamera hape juga terus berkembang dengan peningkatan fitur dan kualitas optikal dan digital yang semakin menakjubkan.

Bahkan saya menggunakan hape entry level buat vlogging di youtube, saya pergunakan buat merekam video narasi, tutorial hingga outdoor.

Nah di dalam ruangan saya lapis dinding dengan layar berupa kain berwarna hijau. Melaui cara inilah nantinya tampilan video yang sudah saya upload memiliki dinding ruangan yang menakjubkan yang mana dinding dinding tersebut saya download dari internet atau saya ambil gambar satu ruangan menggunakan kamera hape. 

Dan tidak terbatas hanya gambar sebagai latar belakang saya bisa menambahkan animasi atau merekam video ruangan lain sebagai latar video saya. Hasilnya memang sangat menakjubkan karena video vlog hape saya seolah adalah video professional.

Ingin tahu caranya? silahkan tonton video di atas!


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Mantap kang tutornya, tapi sedikit saran cara ngomong + bagian editingnya dilambatin dikit. Kasian yang bner2 awam, sulit mengerti, ....
    Tutornya buat yg baru belajar kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terimakasih sarannya. Itu karena di tujukan sebagai video singkat he he he...tapi masukannya sangat berguna..

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak