Pengalaman NGONTEN VIDEO DAN WEB TULISAN di zaman GAK PAKAI LAPTOP

Tahun 2021 Apple telah merilis iPad mini dengan perombakan tampilan yang cukup revolusioner, tombol home button hilang, bezel tipis dan simetris mirip sekali dengan desain jajaran iPad pro namun dalam bentuk mini. Di tahun 2022, menyusul iPad entry level mudarh generasi ke 10 mengalami perombakan tampilan yang serupa.


Namun meski iPad 10 dengan bentang layar 10 inchi itu hadir setelah ipad mini 6, tidaklah membuatnya lantas menjadi advance, keunggulan bentang layar yang besar seperti tidak mampu meredupkan daya tarik sekaligus superior mesin dan fitur iPad mini 6.

Bayangkan iPad 10 hanya dilengkapi mesin atau dapur pacu atau chipset bionic A14 setara iPhone 12, sedangkan iPad mini 6 sudah menggunakan chipset terbaik dengan kecepatan dan performa yang cukup tajam mengungguli iPad 10, yakni A15 bionic yang sudah terpasang pada iPhone 13 pro.

Lalu ketika iPad 10 inchi terbaru itu hanya support apple pencil generasi pertama yang chargingnya harus menggunakan kabel, maka iPad mini 6 telah support apple pencil generasi kedua yang dapat di charging dengan hanya menempelkannya di bagian kanan atau atas body iPad mini 6. 

Walhasil, urusan mobilitas, fitur dan performa ya, iPad mini pemenangnya, misalnya ketika menjalankan aplikasi editor video lumafusion dan davinci resolve, iPad mini jelas menang telak. Bagi saya ini sedikit aneh, kok perangkat iPad 10 inci yang baru di rilis malahan bisa kalah telak dengan iPad mini dalam banyak hal? Saya tidak ingin sok tahu, tapi pengalaman menggunakan iPad 10 dengan layar yang lebih besar pasti untuk urusan hiburan seperti nonton youtube dan nonton filem.

Namun tentu saja jangan di bandingkan dengan iPad pro 2021 -2022 yang sudah menggunakan chipset M1 dan M2, kalau itu mah chipsetnya PC kelas atas, pasti cepat sekali.

Yang jelas saya sudah jarang menggunakan macbook buat pekerjaan editing video, sebelumnya saya mencoba beralih menggunakan tablet huawei matepad 11, lalu tab s7 plus, akhirnya betah menggunakan iPad mini 6 hingga kini.

Oh ya, konsen saya blogging sekarang berubah, tidak lagi seperti sebelumnya. Blog hanya buat support konten konten video. Salam hangat buat teman teman blogger!

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak