LUMAFUSION IPAD PRO M1 VS SAMSUNG TAB S7+ SNAPDRAGON 865+ MANA YANG LEBIH CEPAT?

Lumafusion adalah sebuah aplikasi editing video sangat populer di perangkat mobile apple yakni iPhone dan ipad, ya terutama di ipad karena pertimbangan layarnnya yang lega. Juga karena lumafusion telah bertahun tahun duluan ada di perangkat apple sebelum akhirnya hadir pada perangkat android yang di mulai di tablet samsung tab s8. Jelasnya sampai kini luma fusion dapat berjalan pada semua perangkat mobile apple baik iphone maupun di ipad, namun tidak semua perangkat android mampu menjalankan lumafuion.

Untuk di tegaskan Lumafusion adalah aplikasi editing video kelas PC yang mampu merender video 4K, itulah sebabnya mengapa ia sangat kompatible di perangkat mobile apple ketimbang android, karena semua perangkat genggam dan ipad memiliki dapur pacu alias chipset yang premium, tidak ada entry levelnya.

Sebaliknya Lumafusion hanya dapat berjalan pada perangkat perangkat kelas menengah dan premium android dengan chipset yang kuat seperti tab s8, atau jajaran hape hape menengah dan premiummnya, semakin kuat chipset dan GPU atau mesin pacunya, semakin kencang pula ia menjalankan lumafusion dan semakin tinggi kompatibilitasnya.

Nah pada waktu beberapa waktu lalu saya sudah menguji kecepatan menyimpan dan merender video, mengadu kecepatan antara samsung tab s7plus yang menggunakan chipset snapdragon 865 dengan ipad mini 6 yang menggunakan chipset A bionic 15, hasilnya samsung tab s7+ menang telak hampir 2x lipat kecepatannya pada saat render dan menyimpan video. Tapi harus dipertimbangkan juga samsung menggunakan GPU yang lebih kuat dengan  besaran RAM 2x lipat iPad mini 6. 

Silahkan saksikan videonya di bawah ini:


Nah bagaimana kalau kali ini kita adu kecepatan menggunakan Lumafusion pada dua perangkat yang lebih seimbang ukuran dan tahun rilisnya? Memang ipad pro11 M1 memliki ukuran 11 inci lebih tua beberapa bulan daripada samsung tab s7+ yang  ukurannya 12,4 inci, lagipula dimensi ukuran juga berbeda. Namun pada tahun mereka dirilis samsung tab s7+ di gadang gadang sebagai killer ipad pro 11 M1, tapi benarkah? 

Di luar desainnya yang bebeda, namun sama sama elegan dan dibuat dari bahan premium yang sama sama berkualitas tinggi, keduanya mendukung mesin yang berbeda, iPad pro dibekali mesin M1 yang sama dengan mesin PC apple yang terkenal kuat, yakni Macbook pro dan Macbook air. Sementara samsung tab s7 hanya dibekali mesin yang sama dipergunakan pada hape hape android premium pada umumnya seperti samsung s21, oppo dan xiomi, saya sering merasakan performanya yang mirip dan memberikan kesan dan pengalaman bahwa tablet premium semahal apappun hanya akan memberikan pengalaman menggunakan hape bongsor.

Dan benar saja, kalau tadi samsung menang melawan ipad mini 6, ibaratnya melawan anak kecil, maka kini ketika di hadapkan dengan ipad pro M1, ibarat seorang lelaki biasa melawan petarung MMA pro, kali ini samsung tab s7 plus keok, kecepatan M1 terhadap snapdragon 865 pada saat menjalankan lumafusion, terutama pada saat render dan menyimpan nyaris 4-5 kali lipat! Sebenarnya saya cukup terkejut dan juga kecewa karena harga samsung tab s7 plus itu mahal sekali bahkan saat ini lebih mahal daripada ipad pro 11 M1 2021.

Tonton video pengujiannya berikut ini:


Perlu saya jelaskan, saya telah mengujinya berkali kali untuk menentukan perangkat mana yang paling baik digunakan buat editing dan berproduktivitas, dan sejauh ini saya tidak dapat membantah, sebuah iPad pro jauh lebih worth it jika dibanding dengan tablet android paling premium sekalipun bahkan dengan harga yang setara.

Bagi saya sendiri ukuran 11 inci adalah ukuran yang pas dan menyenangkan buat bekerja dan di bawa kemana mana.

Pengukuran di atas saya lakukan terhadap parameter yang sama, menggunakan lumafusion, menggunakan dua video dengan ukuran dan kualitas yang sama.

Hasilnya, iPad pro menang telak terhadap tablet android premium sekelas perangkat besutan samsung. Ini terjadi bukan hanya karena tablet android masih menggunakan sistem operasi yang sama dengan hape hape android, tapi juga mesin yang sama.

Sedangkan sebuah iPad pro menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan iiPhone, dan mesinnya bukan mesin hape, tapi sudah menggunakan mesin sekelas PC yang kuat seperti sebuah macbook.

Namun bukan berartis tablet android apalagi besutan samsung jelek, ia tampak memiliki desain dan layar super amoled yang premium, memiliki sistem operasi android yang menawarkan lebih banyak kebebasan. Selebihnya terpulang kepada selera, kebutuhan masing masing pengguna.


Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak