4 PERBEDAAN SPESIAL APPLE MAGIC KEYBOARD ASLI DENGAN YANG ALTERNATIF



Sebuah tablet atau iPad dengan ukuran 10 inci ke atas seharusnya dilengkapi dengan keyboard. Keyboard sangat penting untuk melakukan pengetikan, karena mengetik selalu terkait dengan pekerjaan dan produktivitas. Tablet yang dilengkapi keyboard memiliki banyak keunggulan, seperti aplikasi office yang lengkap. Perusahaan-perusahaan tablet berlomba-lomba menyesuaikan produk mereka dengan kebutuhan pasar, bahkan tablet kini mendekati kemampuan untuk menggantikan laptop secara keseluruhan. 

Saya telah menggunakan beberapa jenis tablet, seperti Samsung Galaxy Tab S7 Plus, yang masih saya gunakan hingga sekarang untuk menulis dan blogging. Saya juga sering menggunakan kamera depan tablet untuk membuat konten. Selain itu, saya juga menggunakan iPad Pro M1 untuk melakukan pekerjaan editing, seperti mengedit gambar dan video.

Kembali ke topik pembahasan kita, saya selalu membeli tablet lengkap dengan keyboardnya, kecuali untuk iPad. Harganya di iBox terlalu mahal, sekitar 4 sampai 5 juta. Jadi saya membeli keyboard alternatif non-Apple, yaitu Goojodog. Desainnya mirip dengan Apple Floating Magic Keyboard yang asli, tetapi ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya. Keyboard Goojodog tidak menggunakan koneksi 3 pin seperti yang asli, melainkan terhubung melalui Bluetooth 5.0. Keyboard ini juga dilengkapi dengan lampu latar pada tombolnya sehingga dapat digunakan dalam kondisi gelap. Karena menggunakan Bluetooth, keyboard ini dapat diisi ulang melalui colokan kabel USB tipe C.

Sementara itu, Apple Floating Magic Keyboard memiliki desain yang sama. Pembeda yang mencolok adalah adanya logo Apple yang tercetak di bagian belakangnya. Untuk menghubungkannya ke iPad, Anda hanya perlu menggunakan koneksi 3 pin, dan tidak perlu mengisi daya karena keyboard ini menggunakan daya dari iPad langsung. Banyak yang mengatakan bahwa keyboard dengan koneksi 3 pin ini dapat menguras baterai iPad, meskipun efeknya sangat kecil.

Magic keyboard asli Apple lebih ringan dibandingkan dengan Goojodog, tetapi terasa lebih solid, mungkin karena bahan yang digunakan oleh Apple lebih berkualitas. Meskipun keduanya terbuat dari bahan sintetis kulit bercampur plastik. Ketika mengetik, menggunakan keyboard asli Apple Floating Magic Keyboard sangat nyaman dan jauh lebih baik daripada yang alternatif. Suara ketukan tombolnya juga enak didengar. Saya juga merasa bahwa Floating Magic Keyboard Apple ini memiliki suara ketukan yang lebih merdu.

Sebenarnya, untuk mengetik, kita dapat menggunakan keyboard apa pun yang kita sukai. Jika Anda lebih suka menggunakan tablet untuk hiburan daripada pekerjaan seperti yang saya lakukan, maka keyboard mungkin bukan kebutuhan utama. Namun, tidak ada salahnya membeli keyboard murah yang dapat dilipat dan mudah dibawa ke mana-mana. Kebutuhan mengetik cepat juga dapat dilakukan melalui keyboard saat chat di WhatsApp, bukan?

Kesimpulannya, ada beberapa perbedaan mencolok antara Apple Floating Magic Keyboard yang asli dengan yang alternatif:

1. Kualitas material: Apple menggunakan kualitas material yang lebih baik. Apple terkenal dengan desain yang indah dalam kesederhanaan, dan mereka menggunakan material berkualitas terbaik untuk produk mereka. Meskipun beberapa pabrikan diizinkan untuk memproduksi aksesori mereka, Apple mengawasi mereka dengan ketat.

2. Koneksi: Kebanyakan Magic Keyboard Floating murah buatan pihak ketiga menggunakan koneksi Bluetooth, sementara keyboard Apple asli menggunakan koneksi 3 pin untuk menghubungkan keyboard dengan perangkat Apple. Ada beberapa perusahaan yang membuat Magic Keyboard untuk iPad dengan kualitas tinggi, seperti Logitech, tetapi harganya relatif mahal. Ketika Magic Keyboard Apple dihubungkan ke iPad, ia juga dapat mengisi daya iPad melalui colokan pada engselnya.

3. Kualitas teknis tombol: Magic Keyboard sangat nyaman untuk mengetik, tanpa ada jeda waktu yang terasa. Meskipun ukuran tombolnya sama, mengetik dengan Apple Magic Keyboard jarang salah menekan tombol, sementara saat mengetik menggunakan Magic Keyboard murah dengan harga di atas satu juta, rasanya berbeda jauh. Magic Keyboard Apple asli sangat responsif dan terasa begitu intuitif.

4. Touchpad: Touchpad buatan Apple sangat intuitif dan sangat berguna untuk menavigasi saat mengetik di layar iPad. Sampai sekarang, belum ada pabrikan lain yang bisa menandingi Apple dalam hal touchpad.

Dengan demikian, ada beberapa perbedaan yang signifikan antara Apple Floating Magic Keyboard asli dengan yang alternatif.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak