SEBARAPA BAIKAH SAMSUNG TAB S9 FE MENJALANKAN APLIKASI LUMAFUSION?

samsung galaxy tab s9 fe runs lumafusion

Jika membeli sebuah tablet kelas menengah dan premium saya selalu berkutat pada sebuah pertanyaan: Bisakah buat bekerja dan terutama buat editing video, khususnya, bisakah tablet samsung tab s9 FE ini menjalankan aplikasi editing video lumafusion?Jawaban singkatnya adalah tentu saja bisa, tetapi dengan beberapa keterbatasan. Samsung Tab S9 FE memiliki spesifikasi yang cukup untuk mengedit video, ini tentu saja dengan alasan yang termasuk:

Prosesor Exynos 1380 (5 nm)
RAM 6 GB atau 8 GB
Penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB
Layar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800 x 1752 piksel.

S-Pen untuk mengedit video secara lebih presisi
Namun, Samsung Tab S9 FE memiliki beberapa kekurangan yang dapat memengaruhi performa editing video, yaitu:

Chipset Exynos 1380 memiliki performa GPU yang lebih rendah dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan di Samsung Tab S9. Hal ini dapat menyebabkan lag saat mengedit video dengan efek atau transisi yang berat. Ya Anda tahulah karena di pasangkan ke hape kelas menengah, yakni samsung A545G.
Disamgping itu, layar Samsung Tab S9 FE tidak memiliki refresh rate tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pengeditan video terasa kurang halus.
Kapasitas baterai Samsung Tab S9 FE hanya 7.760 mAh. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda mengedit video dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, secara keseluruhan, Samsung Tab S9 FE dapat digunakan untuk mengedit video untuk kebutuhan dasar, seperti menambahkan musik, teks, atau transisi sederhana. Namun, jika Anda membutuhkan tablet yang lebih powerful untuk mengedit video dengan efek atau transisi yang berat, Anda mungkin perlu mempertimbangkan tablet lain, seperti Samsung Tab S9 atau iPad air dan iPad pro.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengedit video di Samsung Tab S9 FE:


Gunakan aplikasi editing video yang ringan, seperti CapCut atau InShot.
Kurangi penggunaan efek atau transisi yang berat.
Edit video dalam durasi pendek.
Istirahatlah sejenak jika baterai tablet sudah mulai berkurang.

Nah, karena saya tidak punya tab s9 reguler yang mahal dan yang mana ia telah mengunakan prosesor snapdragon 8 gen 2, maka saya cobakan membandingkannya dengan ipad pro m1 yang telah saya jadikan sebagai driver harian, yang yang mana chipset M1 ini kalau menurut saya bahkan lebih kuat daripada snapdragon 8 gen 2. Bagaimana jika ia kita cobakan memproses video ringan yang sama baik ukuran, resolusi dan formatnya? Bagaimana tablet Android dengan exynos 1380 saat menandingi M1, ayo kita coba.

Disini kita sudah menyandingkan dua perangkat yakni samsung tab s9 fe dengan iPad pro M1 2021. Keduanya telah kita pasangkan dengan editing video kelas PC yakni lumafusion, lalu saya akan memberi tugas keduanya memproses dua video yang sama, baik ukuran maupun isi videonya, pokoknya keduanya sama.

Nah pada luma fusion di kedua perangkat kita lakukan setting yang sama, tugas merender dengan format dan kualitas yang sama, lalu kita akan tunggu perangkat mana yang lebih cepat render atau meproses video yang sama ini.

Hasilnya  nyata sekali kalau samsung tab s9 fe bukan tandingan iPad pro, ini hanya sebagai contoh saja ya agar Anda tidak berharap banyak terhadap performa tablet ini. Jelas sekali kinerjanya adalah sama dengan hape samsung A 54 5G yang juga bisa menjalankan lumafusion versi Android.

Samsung tab s9 fe memang di buat untuk memenuhi harapan penggemar tablet premium tab s9 reguler, ia memiliki desain serupa dan memiliki IP68 yang tahan air hingga di rendam di kedalaman 30 meter, ia memiliki s_pen.

Namun sebenarnya ia sangat jauh di bawah galaxy tab s9 versi regulernya, disisi layar ia hanya ips lcd dengan refresh rate 90hz sedangkan yang reguler superamoled dengan refresh rate 120 hz. 

Sementara disisi dapur pacu perbandingannya lebih jomplang lagi, kalau yang versi reguler menggunakan chipset snapdragon 8 generasi ke 2, maka yang fan edition hanya menggunakan chipset kelas menengah buatan samsung yakni exynos 1380 yang juga menjadi dapur pacunya hape kelas menengah samsung A54 5G.

Pensil nya juga beda, yang versi fan edition tidak memiliki fitur koneksi bluetooth, dengan banyak fitur yang di pangkas. Meskipun demikian, Kedua pensil ini sama sama tahan di rendam di air.

Namun untuk sebuah tablet dengan desain premium, yang menyasar pada pengguna muda, tablet ini masih memiliki banyak kelebihan baik untuk entertain maupun untuk beberapa jenis kegiatan yang menopang produktivitas.


Misalnya layarnya yang besar masihlah sangat asik buat bermain game. Dari game game sedikit berat hingga game game ringan, ia juga bisa banget di ajak buat melakukan pekerjaan seperti mengolah dokumen perkantoran. Jadi kalau menurut saya ini cukup bermanfaat jika di miliki oleh para pelajar dan mahasiswa. 

Tidak semua orang butuh spek tinggi. Banyak fitur canggih kadang tidak semua orang membutuhkannya, bukan?

Sayangnya kalau menurut hemat saya harganya yang di kisaran 7 jutaan untuk versi wifi dan seluler masihlah terlalu tinggi. Untuk versi wifi RAM 6 gb dan ruang simpan 128gb di banderol seharga 6 jutaan saja.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak