MANA LEBIH KUAT BUAT EDITING VIDEO, GALAXY TAB S9 ATAU IPAD PRO M1 dan M2?

tab s9 vs ipad pro m1 dan M2 mana yang lebih kuat

Ini adalah pertanyaan yang menarik.

Samsung tab s9 adalah tablet premium besutan samsung yang paling banyak menarik perhatian di tahun 2023, namun tablet apapun yang di besut oleh samsung selalu menarik perhatian pencinta tablet. Samsung selalu memberikan harapan besar kepada pengguna perangkat mobile Android, bahwa tablet Android akan berada pada level berikutnya, bahwa tablet Android tidak kalah worth it dengan sebuah iPad pro sekalipun! Bahkan berkat kemampuan komputasi yang meningkat.

Disini menariknya, ketika Apple berhasil membuat tablet yang mereka namakan iPad, sejauh ini varian iPad pro adalah varian paling kuat, ia di tenagai oleh dapur pacu yang sama dengan Macbook dan iMac desktop, yakni chipset M1 dan M2. Artinya chipset itu dirancang untuk mesin PC namun juga telah di pasang ke iPad pro.

Ini berbeda dengan samsung tab s9, baik yang reguler maupun yang ultra, ia masih menggunakan dapur pacu yang sama dengan hape hape android premium lainnya, yakni snapdragon 8 gen 2. Chipset ini tidak dirancang untuk mengotaki dan menjalankan aplikasi kelas PC, namun ia hanya buat perangkat genggam hape Android. Tidak heran banyak pengguna yang merasa kecewa, karena tablet Android pada dasarnya hanyalah perpanjangan sebuah hape android, atau sebuah hape bongsor.


Di sisi software dalam menjalankan aplikasi, environment Apple diakui lebih stabil, sehingga banyak kalangan profesional membuktikan kombinasi kekuatan mesin dan stabilitas software, membuat sebuah iPad selalu berada di depan tablet tablet android. Atau dengan kata lain iPad pro adalah sebuah tablet yang telah berada di level berikutnya.

Malangnya, sebagai pemilik Android, google sendiri tampak tidak berjuang untuk tablet, mereka lebih fokus ke smartphone. Samsunglah yang paling berperan membuat dunia tablet Android menjadi menarik perhatian seperti sekarang ini. Vendor vendor atau pabrikan pabrikan perangkat mobile lain hanya mengekorinya.

Nah disini letak menariknya, untuk membandingkan iPad pro dengan Samsung tab s9 versi reguler, tablet Android paling kuat pada saat ini, karena tab s9 masih dalam pengiriman, saya harus membandingkan kekuatan chipset dari tab s9 dan ipad pro.

Mana lebih kuat, M2 atau snapdragon 8 gen 2?

Berdasarkan hasil benchmark, M2 lebih kuat daripada Snapdragon 8 Gen 2. M2 memiliki skor Geekbench 5 single-core sebesar 1913 dan multi-core sebesar 8972. Sedankan snapdragon 8 Gen 2 memiliki skor Geekbench 5 single-core sebesar 1803 dan multi-core sebesar 8038.

M2 juga memiliki keunggulan dalam hal grafis. M2 memiliki GPU yang berbasis pada arsitektur RDNA 2, sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 memiliki GPU yang berbasis pada arsitektur Adreno 740. GPU RDNA 2 umumnya dianggap lebih kuat daripada Adreno 740.

Mengapa? Ya lagi lagi karena Adreno bukanlah mesin grafis PC, itu hanya mesin grafis kelasnya sebuah smartphone.

Namun iPad pro telah menggunakan RDNA2 yang juga di gunakan pada laptop dan PC desktop.

Berikut adalah beberapa contohnya:

Acer Nitro 5 AN515-59-784M

Asus ROG Strix G15 G513QM-HN002

Dell G15 5521

HP Omen 15-en0013dx

Lenovo Legion 5 Pro 16ACH6H

Berdasarkan hasil benchmark dan keunggulannya dalam hal grafis, M2 lebih kuat daripada Snapdragon 8 Gen 2. M2 akan memberikan performa yang lebih baik untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa yang tinggi, seperti video editing dan gaming.

Lalu bagaimana jika snapdragon M1 yang lebih lama jika di banding dengan snapdragon 8 gen 2?

Secara umum, M1 pada iPad pro keluaran tahun 2021 lebih kuat daripada Snapdragon 8 Gen 2. M1 memiliki skor Geekbench 5 single-core sebesar 1727 dan multi-core sebesar 7433. Snapdragon 8 Gen 2 memiliki skor Geekbench 5 single-core sebesar 1803 dan multi-core sebesar 8038.

M1 juga memiliki keunggulan dalam hal grafis. M1 memiliki GPU yang berbasis pada arsitektur M1, sedangkan Snapdragon 8 Gen 2 memiliki GPU yang berbasis pada arsitektur Adreno 740. GPU M1 umumnya dianggap lebih kuat daripada Adreno 740.

Di atas kertas walau tampak snapdragon menang dalam pengujian benchmark, namun M1 menang dalam hal kekuatan grafis yang membuatnya lebih cepat dalam render dan edit video.

Artinya jika di hitung Secara keseluruhan, M1 lebih kuat daripada Snapdragon 8 Gen 2 dalam hal performa. Namun, Snapdragon 8 Gen 2 memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya.

Tambahan pula jika kita harus menggunakan kedua perangkat buat editing video, jelas tab s9 ultra sekalipun bukan tandingan ipad pro M1 yang sudah jadul, bukan hanya unggul pada perangkat keras, iPad juga mengungguli Android dalah hal kekuatan software, di lingkungan Apple, software editing video seperti lumafusion telah berjalan dengan stabil selama bertahun tahun, sedangkan di Android itu baru dimulai pada tahun 2022 yang lalu. Pada environment apple pengembang software lebih memiliki pekerjaan sederhana ketimbang harus mengembangkan software serupa di lingkungan android yang memiliki lebih banyak penyesuaian karena banyaknya pabrikan perangkat mobile yang berbeda beda dengan interfare yang berbeda beda pula.

Ini tidak mengherankan ketika saya mencoba menjalankan lumafusion di tablet samsung tab s7 plus dan membandingkannya dengan iPad mini 6, tab s7 plus memang lebih cepat, tapi lumafusion berjalan jauh lebih stabil pada ipad mini 6.

Sedangkan pada ipad 9 yang terbaru ketika di cobakan pada ipad pro M1 2021, kecepatan render hampir sama, namun stabilitas aplikasi jauh lebih baik dan lebih stabil di ipad pro M1 2022.

Kesimpulan saya adalah:

ipad pro M2 menang telak di atas tab s9 jika digunakan buat pekerjaan editing, atau pekerjaan yang terkait grafis. ipad pro jelas memiliki mesih kelas PC, sedangkan tab s9 tidak ada bedanya dengan smartphone namun dengan layar besar. Walau tidak memiliki fitur DEX seperti samsung, bukan berarti ipad kalah dalam penggunaan posisi landscape, terbukti banyak aplikasi Android bahkan tidak kompatibel pada saat berada di fitur DEX samsung.

Lagi pula App Store Apple terdapat banyak sekali aplikasi editor video kuat sekelas PC yang sangat kompatibel dan stabil pada saat berjalan di iPad.

Namun bukan berarti Samsung tab s9 tidak kalah worthit. Ia lebih cepat pada saat membuka aplikasi, daya tahan batterainya hebat. Untuk di gunakan menonton dan main game saya lebih suka samsung tab s9 ketimbang iPad pro.

Namun untu bekerja, editing video, pekerjaan grafis. Menurut pengalaman saya, ipad pro masihlah pilihan terbaik dan telah berada pada level berikutnya di depan samsung tab s9.

Terimakasih telah menonton video ini hingga selesai, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak