Cara memasang tombol berbagi AddThis di blog AMP

Originally constributed by: Anissa Auliasari
addthis share button atau tombol berbagi AddThis sangat terkenal responsive dan untuk AMP sendiri sampai saat ini AddThis merupakan satu satunya pilihan tombol berbagi dari pihak ketiga yang kompitabel, paling banyak dipergunakan dan pemasangan juga dapat dilakukan dengan cara di kustomisasi menurut selera pemasang agar tampilannya nampak beda. Cara penerapannya juga tidak jauh berbeda dengan cara pemasangan di blog HTML klasik biasa.

Disini kita hanya akan membahas bagaimana cara pemasangan tombol berbagi ini secara default ke bloggger AMP. Jika pemasangannya nanti sudah benar maka akan tampil tombol share inline berjajar pada halaman postingan di blog AMP seperti tampak pada gambar di atas.

Langkah pertama:
Tentu saja buat terlebih dahulu akun AddThis melalui: AddThis
Tentu saja membuat akun adalah gratis.

tinggal di copy dan diterapkan kedalam kotak editor online blogspot
letakan diatas tag body
Gambar letak atau posisi kode di dalam template 
Langkah kedua:
Setelah akun dibuat masuk ke dasbor pengaturan AddThis, untuk membuat kustomisasi tombol berbagi sobat, hingga saat ini tampilan tombol berbagi untuk Blogger AMP adalah berjajar atau inline.

Langkah ketiga:
Pilih Tombol tombol medsos yang sobat sukai setelah dirasa cukup, tekan "activate tool" untuk mengaktifkan tool. dari sini akan muncul kotak halaman kodenya.

Langkah ke empat:
Copy kode unik tersebut dengan menekan tombol "snippet code" di bawah halaman kode tersebut. Pastekan kode tersebut tepat diatas </head> kode HTML template AMP sobat. Tampilan kode </head> pada AMP bisa saja normal bisa jadi dibungkus seperti pada kode yang saya sorot warna hijau:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><script async='async' custom-element='amp-addthis' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-addthis-0.1.js'/></b:if><!-- Go to www.addthis.com/dashboard to customize your tools --><script src='//s7.addthis.com/js/300/addthis_widget.js#pubid=ra-5aac9c0a5226a9c5' type='text/javascript'/><!--letakan kode unik AddThis disini--!>&lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; <body> <b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;'><amp-sidebar id='sidebar1' layout='nodisplay' side='right'> <div aria-label='close sidebar' class='close-sidebar' on='tap:sidebar1.toggle' role='button' tabindex='0'>&#10005;</div>
Langkah ke 5.
Terakhir tapi penting, Copy-Paste-kan kode inline AddThis pada bagian body (tepatnya diatas </body> templat dimana anda inginkan tombol share itu tampil nantinya. Pada tampilan template AMP bisa saja seperti contoh dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;'> &lt;/div&gt; <b:else/> &lt;/div&gt; </b:if> <b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;,&quot;index&quot;}'> &lt;/div&gt; </b:if> <!--letakan kode inline AddThis disini--!>&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
</HTML>
Mudah mudahan ini bisa membantu karena jika tidak ada perbedaan susunan struktur kode pada template yang berbeda, misalnya sobat memodifikasi tampilan dengan menambahkan kode CSS diatas kode </style> atau kode: ]]></b:skin> maka hapus saja kode CSS tambahan tersebut agar tidak mengganggu tampilan tombol berbagi AddThis ini yang seharusnya dipasang secara default, maka seharusnya AddThis share Button dapat bekerja dengan baik pada template blog AMP sobat.

Baca juga: PANASARAN APA SIH AMP ITU?

6 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Makasih sharenya mas..akhirnya bisa pasang juga di blog kipudin

    BalasHapus
  2. Mas Sarofudin blog yang satunya mengapa gak di monotosi ya...yang itu keren, lho

    BalasHapus
  3. Mas saya ikut baca artikel ini saja tapi kalo disuruh utak-utik html saya udh pusing duluan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Aris Armunanto: Sebenarnya sama saja dengan saya. Cuma mau gimana lagi, blog ini sudah memilih niche beginian he he he

      Hapus
  4. wah sangat bermanfaat sekali informasi ini, terutama bagi yang menggunakan templete AMP, jadi keren nati blognya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak