Mengapa kita harus belajar Java?

Java adalah salah satu yang paling populer
Ilustrasi
Ini sebabnya mengapa blogger harus menguasai Java
Bahasa program itu sangat banyak, jumlahnya diperkirakan sudah hampir mencapai 700 bahasa program di dunia ini. Namun diantara bahasa bahasa program yang ada diantaranya ada beberapa yang sangat menonjol dan dipergunakan secara luas.

Kalau saya ditanya saya setuju sekali: bahwa Java adalah bahasa program yang paling banyak dipergunakan sejak dulu hingga sekarang, mengapa? Karena dia adalah bahasa programnya mobile, karena semua sistem operasi mobile terutama Android ditulis menggunakan Java. Ya, sejak zamannya Nokia memakai sistem operasi syimbian hingga platform Android menggunakan bahasa Java sebagai bahasa yang dituliskan ke dalam sistem sistemnya.
Bayangkan kalau sobat sedang memegang hape sekarang tidak perduli dia jadul atau canggih tidak terkira, sobat sedang menggenggam Java! Bayangkan sekarang ini ada lebih 2,5 milyar manusia menjadi pengguna hape di atas dunia fana ini. Dan karena saya menulis artikel ini melalui hape Android, maka saya telah menulis diatas platform Java!

Contoh JAVA:
public class MyClass {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello World");
}
}

Java bahasa yang terinspirasi Indonesia.

Amat mengherankan masih banyak orang di luar sana yang tidak mengenal Indonesia. Padahal ditangan mereka ada hape. Terutama ketika nama Java sesungguhnya tidak bisa lepas dari nama pulau Jawa yang ada di Indonesia. Nama minuman yang setiap hari saya dan sobat  minum!

Kopi asal Jawa  atau Java Coffee terkenal bercita rasa tinggi dan salah satu jenis Arabica yang terbaik di dunia.

Karena dalam bahasa Inggris Jawa ditulis Java, dan jelas sekali pengguna bahasa inggris akan menggunakan Java ketika menulikan Jawa atau pulau Jawa.

Dan bagi James Gosling dan rekan-rekannya di perusahaan Sun Microsystems, kopi yang diseduh di sebuah kafe Peet menjadi inspirasi untuk nama bahasa pemrograman komputer baru yang berhasil dikembangkan: JAVA.

Java menjadi pilihan menggantikan nama Oak, dari jenis pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerja Gosling. Sekarang seluruh dunia mengakui nama itu sebagai Java tanpa mengingat asal usulnya. Jangan jangan mereka berfikir pulau Jawa yang mencontek nama program ini.

Well itulah asal usul bahasa pemrograman Java.

Apakah Java itu?

Adalah salah satu bahasa program yang paling populer di dunia, diciptakan pada tahun 1995. Pemiliknya adalah Oracle, dipergunakan oleh lebih 3 milyar perangkat diseluruh dunia.
    Di pergunakan untuk:
  • Membuat aplikasi mobile/hape khususnya android
  • Membuat aplikasi desktop
  • Membuat aplikasi web
  • Untuk aplikasi web dan server aplikasi
  • Untuk membuat game
  • Untuk koneksi database
  • Dan masih banyak lagi.
Mengapa harus belajar Java?
  • Karena Java bisa berjalan pada lintas platforms yang paling sering kita pergunakan: Windows, Mac, Raspberry Pi, dll.
  • Karena Java adalah salah satu bahasa program yang paling populer di muka bumi.
  • Java mudah dipelajari dan sederhana saat dipeegunakan.
  • Java sumbernya terbuka lebar dan dan bebas dari berbayar (open source)
  • Java itu aman, cepat dan bertenaga.
  • Java memiliki komunitas sangat besar terdiri dari puluhan juta developer dan siap memberikan bantuan.
Ingin jadi programmer mobile dan membuat aplikasi untuk hape? Java adalah sebuah bahasa program yang paling siap untuk itu.

www.editblogtema.net

6 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. saya sering gunakan aplikasi berbasis java dulu mas, tapi enggak paham juga untuk bahasa pemprogramannya, cuma sering pakai aplikasinya ja, di hp jadul saya dulu,he-he

    BalasHapus
  2. sebagai orang java menurut saya sangat wajib mas belajar bahasa java,,,,kan aneh kalau orang java tidak bisa bahasa java hehehehe

    BalasHapus
  3. Kok rasa-rasanya ..., akuuu .. jadi tersentil merasa jadi berbangga gegara bahasa daerahku digunain jadi bahasa pemograman hahaha 😅

    Mengenai bahasa pemograman Java, aku sejauh ini masih cuma paham cara gunain aplikasinya ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, satu satunya bahasa ini yang paling betah berada ditangan para developer aplikasi dunia

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak