SEBERAPA BESAR SEBUAH PONSEL MAMPU MENOPANG KEGIATAN ANDA?

Pada saat ini sebuah ponsel kiranya tidak hanya berfungsi buat nelpon, jualan online dan mengelola website dan blog. Sebuah ponsel ternyata bisa menjadi sarana atau alat belajar yang efektif bagi sesorang yang memiliki asset yang terbatas seperti saya.
Belajar koding via hape
Saya selalu haus belajar, tapi saya tidak terlalu perduli dengan bangku sekolah. Ketika saya memutuskan belajar koding seorang diri saya lalu mencari situs tempat belajar untuk itu di internet.

Akan tetapi sebuah ponsel ternyata sudah cukup membantu kita. Misalnya pada saat menulis artikel ini dan lalu mempulikasikannya melalui halaman web saya sendiri tanpa kesulitan dan samasekali tidak butuh sebuah laptop! Sungguh menggembirakan karena pada perkembangannya semakin mudah mencapai keinginan kita berkat teknologi.

1. NGEBLOG

Istilah ngeblog populer karena potensinya yang bagus. 99% konten dan artikel pada blog ini (editblogtema) ditulis melalui mobile (ponsel dan tablet) bukan laptop apalagi desktop.

Dengan gagdet mobile terbukti menulis menjadi semakin produktif. Selama enambulan saya telah menulis 300 konten dan artikel melalui ponsel dan tablet.

Alasannya karena saya membiasakan diri menulis dan mengetik menggunakan layar hape. Walaupun pada tablet saya telah melengkapinya dengan keyboard bluetooth.

Disamping itu kemudahan mengambil gambar dan video plus mengeditnya melalui hape menjadi alasan lain yang cukup bagus untuk pindah ngeblog melalui gadget mobile.

Jadi prosesnya begini: Menulis koding dan membuat template blog saya lakukan melalui tablet s2 yang sudah berumur 5 tahun. Sedangkan menulis artikel dan konten saya lakukan melalui ponsel Android.

2. BELAJAR KODING

Karena ponselah yang paling banyak berada dalam genggaman, bukan laptop membuat saya mempertimbangkan belajar koding melalui gawai ini. Dan keputusan ini menurut saya sudah tepat.

Pada perkembangannya saya menemukan aplikasi aplikasi belajar yang hebat pada hape android. Misalnya w3school yang tadinya saya kira hanya nyaman di akses melalui halaman website mereka melalui PC. Ternyata saya salah!

Walaupun pengalaman belajar melalui layar desktop dan melalui layar hape 5,5" terasa beda, namun seiring waktu banyak hal yang kita temukan dan menjadi mudah. Pengalaman merombak dan membuat templat membuat saya percaya pada kehebatan desain, yakni manfaat UX dan UI sebuah halaman web apabila di akses melalui layar ponsel.

3. DOWNLOAD W3SCHOOL.

Beberapa pengembang aplikasi berinisiatif membuat halaman w3school menjadi aplikasi android yang dapat sobat download di play store melalui hape sobat. Saat aplikasi ini telah terpasang sobat seolah mempunyai sebuah buku tutorial pengatahuan koding dan program yang ajaib.

Beda dengan buku, kelebihan w3school onlinententu saja pada bagian pelatihannya yang sangat interaktif. Sobat bisa menyusun, menulis dan mengedit kode kode HTML agar sesuai dengan pengaplikasiannya.
Cara belajar dan berlatih yang jitu bagi pemula

Beberapa aplikasi terkait program dan koding sudah banyak dibuat untuk gadget berplatform android. Silahkan eksplorasi saja. Saya sendiri mendownload aplikasi w3school kalau ingin mendownloadnya silahkan langsung ke play store:
Download aplikasi android di playstore

www.editblogtema.net

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Btw itu aplikasi apa ya yang dipakai buat ngoding di hp? Ribet nih ngeblog gak punya kalau mau ngedit templatw harus ditempat kerja hhhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika layar hapenya 6" lebih gampang. Saya memanfaatkan text editor, w3school example (how example) lalu copy paste kode kode yang sudah diedit tempatkan pada tag tag HTML yang akan diedit.

      Untuk sekedar edit tema via theme editor ya cukup masuk ke pengaturan blogger lewat browser. Sama saja hasilnya dengan ketika kita menggunakan laptop/PC.

      Yang penting bagaimana kita melatih dan membiasakan diri😀

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak