SEPERTI APA HAPE ANDROID DAN IOS DIMATA SEORANG BLOGGER BLOGSPOT

smartphone now can for blogging
smartphone buat ngeblog, mengapa tidak?
Seorang teman bertanya: "Kok sekarang kamu selalu pakai Android?" Kalau saya jawab pasti alasannya personal banget:
  1. Saya tidak lagi beli iPhone itu mahal, hampir tidak ada yang murah kecuali seken. Seken artinya tidak up to date. Alias hanya bisa pakai produk jadul dan lama. Lah memang iya orang nunggu harganya turun baru dibeli dan itu butuh waktu hingga setahun, setahun pada zaman sekarang akan membuat sebuah produk menjadi jadul nauzubilah he he he.
  2. Tidak seperti iPhone yang iOS, Ponsel Android mensuport multi user, jika sobat sering menggunakan ponsel dan berkongsi dengan anggota keluarga Hape Android jauh lebih baik daripada iPhone yang iOS, Jadi kita bisa saling menyimpan milik pribadi dalam satu perangkat Android.
    multi user tool
  3. Hape Android dapat masuk ke dalam browser terdalam. Ini yang saya tidak habis pikir dari sebuah perangkat iOS, walaupun platform ini kuat tapi tidak bisa bekerja maksimal di browser! Saya tidak mungkin membeli iPad pro untuk itu, mending beli laptop. Sebuah hape Android bahkan mampu membuat saya mengedit HTML dan membuat dan mengedit tuntas sebuah blog langsung dari browser Chrome!
Baiklah saya jelaskan point ketiga: Jika sobat seorang blogger dan berniat menjadi blogger mobile, pilihlah hape atau tablet android karena hape android hampir bisa melakukan semua pekerjaan laptop dan begitu mirip dengan sistem windows. Jangan pilih iPad dan iPhone sobat akan kecewa.

Terutama jika kita bandingkan kinerja sebuah iPad dan Tablet Android (saya memiliki kedua perangkat) maka sobat akan menemukan hal hal berikut:
  1. Melalui iPad sobat tidak bisa masuk mengakses Blogger secara penuh pada saat melakukan pengeditan baik menambah widget, membuat konten apalagi mengedit dan mengakses halaman HTML editorialnya, sangat sulit dilakukan. Sobat boleh mencoba menggunakan browser safari dan chrome untuk hal ini akan sama saja hasilnya, seolah berhenti pada separoh akses saja.
  2. Berbeda dengan tablet android jika keduanya (ipad dan android tablet) kita lengkapi dengan keyboard bluetooth dan mouse) maka tablet Android benar benar dapat menggantikan laptop: Dalam hal mengakses browser melalui mode "desktop" android benar benar powerfull dan "full access", dan kita dengan mudah membuat konten untuk blog, membuat template langsung melalui editor HTML, hal ini benar benar sulit jika sobat lakukan melalui sebuah iPad apalagi iPhone dengan layar sempitnya, dugaan sementara saya adalah karena sistem iOS sepertinya tidak support program bahasa Java layaknya Android dan Windows.
  3. Saya sukses membuat Template saya sendiri melalui hape dan tablet Android, tetapi gagal melalui ipad dengan syarat tanpa menggunakan aplikasi tambahan dan hanya dilakukan melalui editor online HTML.
  4. Karena saya Blogger di Blogspot Google, dan juga menulis kode kode ringan, maka akhirnya saya menemukan Android lebih cocok untuk untuk menjadi perangkat yang membantu saya menggeluti pekerjaan ini.
Saya tidak tahu persis penyebabnya karena menurut saya selama menggunakan iOS itu sangat hebat, hemat tenaga dan aman, namun juga memiliki banyak kekurangan menurut kebutuhan saya pribadi sebagai blogger paroh waktu. 

Awalnya saya menggunakan iOS yakni iPad dan iPhone adalah karena ikut ikutan life style, perangkat ini selalu nampak premium, kuat dan memiliki jaminan yang baik, namun seiring waktu iOS nampak mulai melemah saya percaya memang tidak ada yang abadi di dunia disamping itu saya membutuhkan perangkat genggam saya buat mensupport pekerjaan, jadi Android adalah pilihan yang paling mudah.

Tampak ini bukan masalah pada perangkat keras, tapi pada software: iOS dibangun berbasis UNIX, minimum atau tidak menggunakan bahasa Java, sedangkan Java adalah basisnya Android dan Windows sehingga tidak heran kalau Android masih mudah untuk dijadikan sebagai pengganti windows dalam hal melakukan beberapa jenis pekerjaan. Terutama buat blogging di blogspot ini bagi yang biasa menggunakan laptop windows, pastinya tidak akan menemukan kesulitan ketika harus melakukannya melalui hape dan tablet android.

Pengalaman developer iOS adalah jika kita ingin mengembangkan aplikasi native untuk iOS,  maka Java tidak bisa dipergunakan. iOS membolehkan kita menulis melalui SDK resmi mereka dengan swift dan Objective C, dan kita diharuskan membangun aplikasi tersebut menggunakan XCode. Ini jelas berbeda jauh dengan sistem operasi Android dan Windows.

Dan ketika saya ingin memiliki sedikit "kebebasan" rasanya menggunakan Android lebih mudah untuk meng"ekspressikan" apa yang terdapat didalam benak saya. Sekali lagi itu hanyalah pendapat pribadi saya. Lalu bagaimana dengan sobat sobat?

Kesimpulan:
  • Hape android akan lebih baik daripada iOS dari segi banyaknya pilihan dan murahnya harga akibat banyaknya persaingan antar vendor dan manufaktur.
  • Lebih kaya dengan UI dan UX. Lihatlah setiap vendor perangkat Android memiliki Style mereka sendiri yang ditawarkan kepada pembelinya, mereka berlomba lomba menciptakan "daya pikat" ini akan berdampak dan membuat sistem Android akan menjadi jauh lebih kaya lagi di masa depan.
  • Jika sobat adalah seorang blogger blogspot, saya tekankan sampai saat ini jangan gunakan iPad atau iPhone iOS! Karena kedua perangkat tesebut tidak akan bisa masuk ke dalam browser lebih dalam seperti layaknya perangkat perangkat Android.

www.editblogtema.net

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. hp android dan hp ios masing-masing punya kelebihan dan kekurangan ya gan, terutama untuk seorang blogger. Tapi juga tergantung orang nya juga apakah dia nyaman pakai android ataukah nyaman pakai ios. Dan yang terakhir adalah harga kedua hp tersebut jauh sekali perbedaannya. Kalau ios mahal banget, dan kalau android harganya merakyat. Iya mungkin kita kembalikan lagi kepada seorang blogger kali ya ingin milih yang mana. Kalau saya, setuju sekali dengan pendapat agan pada ulasan diatas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedang memikirkan kutipan pendapat saya:
      iOS dibangun berbasis UNIX, minimum atau tidak menggunakan bahasa Java, sedangkan Java adalah basisnya Android dan Windows sehingga tidak heran kalau Android masih mudah untuk dijadikan sebagai pengganti windows dalam hal melakukan beberapa jenis pekerjaan. Terutama buat blogging di blogspot ini bagi yang biasa menggunakan laptop windows, pastinya tidak akan menemukan kesulitan ketika harus melakukannya melalui hape dan tablet android.

      Pengalaman developer iOS adalah jika kita ingin mengembangkan aplikasi native untuk iOS, maka Java tidak bisa dipergunakan. iOS membolehkan kita menulis melalui SDK resmi mereka dengan swift dan Objective C, dan kita diharuskan membangun aplikasi tersebut menggunakan XCode. Ini jelas berbeda jauh dengan sistem operasi Android dan Windows. he he eh

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak