7 alasan mengapa Wordpress lebih berisiko daripada blogspot

wordpress vs blogger
wordpress vs blogger image credit: Template Toaster Blog

Hari ini saya membaca ada 60 jutaan situs berbasis wordpress telah mengalami isu backdoor yang kritis. Beberapa plugin worpress menurut laman Forbes.com telah teridenfikasi memiliki celah untuk di ekspos:
  1. Bold Page Builder
  2. Blog Designer
  3. Live Chat with Facebook Messenger
  4. Yuzo Related Posts
  5. Visual CSS Style Editor
  6. WP Live Chat Support
  7. Form Lightbox
  8. Hybrid Composer
Saya sendiri adalah salah seorang blogger yang menggunakan wordpress disamping  Blogger dan dalam beberapa hal saya cukup menyukainya. Dia adalah platform besar dengan basis inti PHP. Banyak kelebihan Wordpress tetapi banyak juga kekurangannya. Ingat, saya tidak melarang apalagi menakut nakuti atau menyarankan Anda untuk tidak memilih Wordpress. Semua platform blogging itu masing masing memiliki kelebihan dan kurangannya. Tidak terkecuali blogger atau blogspot.

1. SEO

Pengoptimalan SEO adalah hal yang sangat mungkin terhadap blog atau situs Worpress, karena Wordpress adalah sebuah platform besar, hanya saja menjadi ribet karena terlalu banyak plugin yang menawarkan bantuan SEO dan harus diperhatikan akibat terlalu banyak plugin ada selusin bahaya yang mengintai dan jika Anda salah dalam memilih tidak mustahil Anda akan menggenggam bahaya dalam tangan Anda.

Banyak faktor yang harus diperhatikan pada saat kita bermain dengan ranking mesin pencari, jika tidak berhati hati dan Anda salah memilih template wordpress saja, bisa bisa template itu justeru jadi musuh utama halaman blog Anda.

Bandingkan dengan blogger yang langsung di tangani oleh Google sang pemilik searcah engine  paling besar di planet ini. Soal kemanan bukanlah hal yang terlalu sulit ditangani oleh sekalipun blogger pemula.

2. Plugin

Tadi kita menyinggung soal plugin  ya.. benar, Wordpress menawarkan plugin untuk memanage konten konten situs Anda guna meningkatkan fungsionalnya bisa berupa list dan galeri gambar. Di satu sisi tentu saja hal ini akan menghasilkan optimalisasi tampilan yang luarbiasa bagi situs Andat, namun disisi lain Anda telah mengambil risiko bahaya oleh karena menginstal lusinan plugin di dalam template situs Anda.

Setiap plugin di buat oleh pihak yang berbeda dalam artian jika satu plugin rusak atau "crash" maka tidak akan selalu ada opsi bantuan untuk mengembalikan halaman web atau blog Anda agar berfungsi kembali seperti semula. Karena setiap plugin ini dibuat oleh orang orang yang berbeda, maka tidak akan ada jaminan mereka mau bekerja sama.

Disatu sisi plugin mempercantik situs Anda, namun dilain kasus bisa membuat chaos halaman kesayangan kita. Bandingkan dengan blogger yang selalu mendapatkan support dari Google.

3. Update Software

Tentu saja Wordpress dengan teratur selalu mengupdate softwarenya untuk pengguna agar platform mereka berjalan dan berfungsi dengan baik. Dan ini boleh dikakatan sangat sering. Setidaknya setiap bulan. Update adalah suatu hal yang baik, bahkan blogger  blogspot juga melakukannya walaupun tidak sesering Wordpress

Tetapi problem yang sering muncul dengan adanya update yang keseringan ini adalah template Anda akan error karena plugin plugin sering menjadi tidak kompatibel lagi dengan update software  terbaru. Please deh, memangnya sangat penting keseringan update gitu?

4. Malware

Wordpress tidaklah rentan terhadap malware di internet. Itu sebuah platform yang kuat. Akan tetapi telah diketahui memiliki celah keamanan yang rentan pada platformnya:
  • Memiliki backdoor. Matode backdoor adalah ketika hacker mendapatkan akses dengan cara tidak biasa melalui, misalnya FTP, DFTP dan WP-ADMIN. Biasanya serangan ini terjadi ketika Anda tidak mengupdate software dan menjadi celah keamanan pada situs atau blog Anda.
  • Drive by downloads. para hacker datang mendownload suatu muatan ke dalam server Anda, dan mengingatkan bahwa situs Anda telah terinfeksi dan Anda harus menginstal antivirus yang mereka buat.
  • Dan banyak lagi trik hacker lainnya
5. Kompatibalitas

Sehebat apapun Wordpress, dan dia memang dalam beberapa hal menjadi pilihan yang terbaik. Akan tetapi berbeda dengan blogspot, dia pernah mengalami hal berikut: yakni tidaklah mudah menyesuaikan tampilan halaman wordpress pada setiap internet yang berbeda karena perbedaan provider, karena beda ukuran layar dan perbedaan perangkat. Beruntungnya hari ini teknologi inernet terus berkembang dan WS tampak telah mengatasi hal tersebut.

Situs situs ini memang telah terhubung ke internet yang berbeda, namun beberapa orang melihat tampilan yang berbeda beda dan tidak mengerti mengapa demikian. Tentu saja sangat berbeda dengan Blogspot karena dikelola langsung oleh Google dan menggunakan basis elemen HTML murni yang juga memiliki environtmental software paling massive di bumi ini.

6. Login tanpa batas.

Ini juga terbilang berbahaya karena memperbolehkan banyaknya upaya login sedemikian rupa. Bandingkan dengan Blogger yang hanya memiliki satu cara login melalui email gmail, dan itupun sudah terpadu dengan satu akun Google.

Wordpress menjadi berbahaya bagi kemanan karena sisa bug bug bisa tertinggal dalam banyaknya upaya login tadi, meskipun upaya upaya login mungkin saja gagal, namun tetap saja menjadi overload dan terupload kedalam server sehingga memudahkan upaya peretasan oleh pihak hacker.

7. Template.

Banyak orang suka pada Wordpress karena sekalipun jika Anda tidak mengerti cara bekerja dan teknik pengembangan suatu website dalam mengedit tema, Wordpress menawarkan kemudahan penggunaannya, yakni dengan menyediakan banyak template jika dibanding dengan blogger yang begitu terbatasnya, namun template blogger blogspot dapat di edit dan dirobah robah tampilannya sehingga akan nampak berbeda satu dengan yang lainnya walaupun masih dapat dikenali ciri cirinya.

Yang menjadi masalah adalah jika Anda kurang berhati hati, dalam memilih tema orang akan mengira Anda memiliki web yang sama dengan milik orang lain yang menggunakan template yang sama. Meskipun misalnya template yang tampak profesional namun tetap saja terlihat seperti "meng-copy" website orang lain, hal ini memang berlaku juga kepada blogger yang menggunakan platform blogspot sebagai sarana ngeblog mereka, namun walaupun tema tema blogspot terbatas dia memiliki opsi editorial yang tidak terbatas. 

Akhir akhir ini Blogspot memiliki halaman editor HTML yang lebih sederhana dan mudah operasikan bahkan jika Anda ingin mengedit template blogger secara online melalui dasbor blogger blogspot sekalipun.

Anda pengguna blogspot juga sering terlihat menggunakan template "seribu umat" itu tidak terlalu baik karena kemiripan situs satu dengan yang lain akan mendistorsi mesin pencari dalam mengoptimalkan pemilihan konten Anda Lebih baik gunakan template yang berbeda dengan milik orang lain agar bisa menjadi ciri ciri situs Anda sendiri.

Saya telah bekerja dengan menggunakan wordpress selama beberapa tahun dan juga blogspot sejak 2012 walaupun pada tahun 2013 saya berhenti dan baru mulai ngeblog kembali tahun 2018 yang lalu, sampai sekarang saya masih menggunakan blogspot dan wordpress secara bergantian. Saya menyukai keduanya terlepas dari kelebihan dan kekurangannya...

Dalam beberapa hal Worpress memang mengungguli Blogger demikian juga sebaliknya, dan hal itu samasekali tidak menunjukan yang satu lebih unggul terhadap yang lain.

www.editblogtema.net

11 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. masing masing memiliki plus minus ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya masing masing memiliki baik kelebihan maupun kekurangan

      Hapus
  2. Kalau sudah memilih sebuah platform maka sebaiknya kita juga mengenalnya lebih dalam. Misalnya dengan memilih WordPress, maka kita juga perlu belajar WordPress, bagaimana optimasinya termasuk tentang pengembangan kualitas konten dan juga keamanannya. Saya setuju, jika membicarakan perbandingan, semua pasti punya kelebihan dan kekurangan maasing-masing.

    BalasHapus
  3. wah ternyata pemikiran saya selama ini salah ya,,,saya pikir blogspot lah yang paling beresiko,,,,karena kita cuma numpang,,,yang punya rumah nyuruh kita pergi ya mau gak mau kita harus pergi hihihi,,,
    tapi emang bener sih,,,ada plus minus nya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blogspot walaupun numpang tapi aman lah karena seperti kita tahu google memberikan layanan gratisnya tidak setengah-setengah. Termasuk produk lainnya seperti gmail, google drive, youtube, termasuk blogger dll. Kecuali untuk yang mereka anggap peminatnya tidak memenuhi ekspektasi seperti google plus yang ditutup sekitar sebulan yang lalu. Lagipula kalau membicarakan keamanan server di blogspot juga tidak ribet, karena tim Google blogger pasti mengoptimalkannya, kita hanya perlu mengamankan akun google kita sendiri.

      Hapus
  4. Bagi saya WP masih menjad dunia yang misteri dan rumit, maka dari itu saya lebih memilih platform blogger saja dulu, entah kedepannya,saya belum tahu... :)

    BalasHapus
  5. Sementara main aman dulu di blogspot :)

    Pny subdomain dgn platform wp tapi masih kosong, belum kepegang hehehe

    BalasHapus
  6. Sejak pertama bikin blog saya selalu kepikiranya blogspot nggak ada yang lain. Jadi saya suka dan merasa beruntung aja pakai blogspot sampai sekarang.
    Semoga kedepannya blogspot makin bagus....

    BalasHapus
  7. kalau sudah milih platform memang harus siap menerima kelebihan dan kekurangannya.

    BalasHapus
  8. hehe kebetulan saya menggunakan platform blogspot dengan subdomain, tapi masalahnya masih menggunakan template sejuta umat. hmm bingung mau ganti template apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampilan blog agan sudah rapi dan baik. Tidak apa apa dengan template seribu umat asal di re-desain beda. Itulah keunggulan blogger/blogspot

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak