EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Kata siapa blogging melalui blogspot itu amatiran?

Avatar Menulis:
Harus diakui memang masih terdapat blogger yang skeptis dan bahkan sinis dalam halaman blogger yang bloggingnya menggunakan halaman blogspot. Banyak yang membandingkan Blogspot dengan Wordpress. Suatu hari saya juga menemukan halaman Sugeng.id 'pindah' atau istilah kerennya 'migrasi' ke halaman Wordpress. 

Blogger vs Wordpress adalah setara

Setidaknya itulah yang telah terjadi walaupun kebanyakan peristiwanya lebih banyak terjadi di masa lalu.

Tapi jangan lupa kedua platform ini sebenarnya setara meskipun ada belasan alasan yang mencoba saling 'mendeskreditkannya'.

Diantaranya ada tulisan mbak Christia Janto di halaman Exabytes, dia menuliskan 11 kelemahan blogspot yang disertai ajakan agar orang pindah dari blogger blogspot dan dengan alasan seperti ini sepertinya bias bagi para pengguna blogspot, ini dia point tulisannya yang saya coba luruskan:
    1. Tampilan Sederhana dan Kustomisasi Yang Terbatas.
    Si mbak mengatakan blogspot secara default terlalu sederhana, itu memang betul. Dia menulis ini pada bulan Februari 2020, tapi seolah dia tidak pernah mengikuti dunia blogging blogspot pada tahun ini. Dengan yakin Ia menulis pengguna tidak bisa menambahkan LOGO dan favicon ke header blogspot, bagi saya itu sangat aneh karena pada kenyataannya pada dasbor blogger dengan mudahnya kita menambahkan LOGO dan favicon ke dalam tampilan halaman blogspot, dan bahkan itu dapat dilakukan oleh para pemula. 
    Lagipula apa salahnya menjadi sederhana? Google amat menyarankan halaman sederhana buat blogging modern. Namun walau demikian blogspot tetap bisa di kustomisasi menjadi sangat keren. Percayalah pada saya.
    2. Kurang Profesional dan Dianggap Amatir. 
    Sebenarnya mau halaman dan platformnya apapun (baik Wordpress maupun Blogspot) jika pengelola halaman blog tersebut tidak mampu mengoptimalkan halamannya, jelas akan terlihat tidak professional. Saya menggunakan platform wordpress yang berbasis PHP seperti halnya saya mencoba membuat website melalui platform igniester dan juga halaman blog yang berbasis HTML seperti Blogspot, perbedaanya lebih banyak ke teknis ketimbang profesi. Coba saja perhatikan:
      halamanku.blogspot.com
      halamanku.wordpress.com

    Semua orang akan melihat halaman gratis kalau mau dianggap amatiran maka keduannya akan tampak amatir, bukan? Jika ingin professional lalu membeli domain dengan ekstensi .com, .net dst. Pada blogspot hanya perlu membeli domain, sedangkan wordpress selain domain Anda mungkin mempertimbangkan membeli hosting juga. Tidak bisa membangun branding? Saya tidak akan mengomentari ini, karena itu tidak sepenuhnya benar.
    3. SEO dan Backlink Yang Kurang Optimal.
    Si Mbak juga tidak menjelaskan secara detail optimasi SEO jenis apa, Dia hanya berkali kali menyinggung ekstensi nama domain 'blogspot.com' seolah itu adalah biang kerok yang sangat menentukan 'keterpurukan' platform milik Google ini. Jika hal itu menjadi penyebabnya atau sekurang kurangnya adalah penyebabnya, maka ketika saya menggunakan halaman Wix, atau Wordpress dengan ekstensi bla bla.wordpress.com, apakah itu kurang lebihnya tidak sama?
    Lalu Dia mengatakan Google spider (mungkin maksudnya google bot) tidak dapat mendeteksi gambar video dan flash dan javascript secara menyeluruh. Google spider tidak mendeteksi apa apa, ia hanya menghubungkan jaringan satu kepada yang lain, yang membaca teks dan gambar itu adalah fitur mesin pencari yang bernama robot txt.
    Si mbak tidak perhatikan hampir sepertiga gambar yang di tampilkan di pencarian berasal dari halaman blogger blogspot bahwa gambar memiliki tag title dan alt dapat di baca oleh robot txt. Dia juga lupa bahwa tampilan video flash sudah tidak berlaku pada halaman web modern, semua itu telah di gantikan oleh HTML 5.
    Lalu mengapa Google spider (mungkin yang dimaksud adalah google bot) tidak dapat membaca JS? Ini juga meleset sekali. JS terlihat jelas pada halaman Wordpress karena platform blogging tersebut di tulis berbasis PHP, sedangkan pada platform blogger blogspot halaman di tulis berbasis Phython - terimakasih koreksi dari Seorang Blogger - dan halamannya dibuat dari inti HTML, dan walaupun halaman Wordpress di tulis dengan PHP ia juga masih HTML, JavaScript pada WS berperan sisi server. Sedangkan Blogspot lebih banyak menggunakannya untuk mendeskripsikan HTML secara visual.
Itu tidak lantas membuat robot txt memperlakuan WS dan Blogspot berbeda. Kalau mau adil saya acungkan jempol sama Google yang selalu memprioritaskan halaman yang optimal walaupun halaman tersebut milik WS yang notabene adalah kompetitornya, namun jangan lupa cara kerjanya adalah: dalam hal ini saya berani memastikan baik platform WS maupun Blogspot adalah setara dalam perlakuan, setara juga dalam kemampuan fitur fitur optimasinya terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing masing.
    Jadi semua itu juga hanyalah masalah teknis.
    4. Lupa Kepemilikan Konten
    Nah ini satu perbandingan yang aneh, katanya pengguna blogspot tidak dapat mengontrol konten kontennya, konten tersebut memang kita yang mebuatnya tapi karena menggunakan blogspot, maka ia menjadi milik Google. Ini berbeda dengan WP.
    Katanya lagi: "Google memiliki hak untuk shutdown kontenmu dengan menghapus kontenmu yang dianggap out of the line (mungkin maksudanya: violation of conduct) dalam sekejap. Atau Blogspot akan mematikan aksesmu sewaktu-waktu. Kalau sudah begini, pengguna pun tidak bisa melakukan apapun untuk mengembalikan konten yang telah hilang. 
    Berbeda dengan WordPress yang bisa menentukan kapan ingin mempertahankan kontenmu hingga kapan saja atau memutuskan untuk membagikan dengan pihak ketiga."
    Ya saya jelaskan: wodrpress seolah memberikan hak kepada pengguna untuk memback up (menyelamatkan) konten konten yang telah susah payah kita buat. Tapi jangan lupa pengguna blogspot juga dengan mudah melakukan back up atau mengamankan seluruh konten kontennya sekaligus dalam sekali klik melalui pengaturan dasbornya. Lagi lagi persoalannya adalah 'pengatahuan' teknis.
    Mau tahu setelah itu? Halaman blogspot boleh di banned, tapi konten sudah selamat dalam bentuk HTML dan suatu ketika pengguna ingin mendownloadnya ke halaman blog baru sangat mudah mengembalikannya.
    Namun lagi lagi si mbak menudingkan telunjuk ke domain dengan ekstensi blogspot.com. Dia lupa kalau pengguna blogspot bisa membeli domain .com, .net. .ID, .org dst. Dan Google tidak membanned konten, kecuali adsensenya saja dan hal ini juga berlaku untuk halaman wordpress jika menggunakan adsense. 
    Sedangkan halaman wordpress juga memiliki ekstensi amatir 'worpress.com', lalu apa bedanya?

    5. Tidak Bisa Menghasilkan Uang
    Saya rasa ini sangat bias, apakah si Mbak tahu beberapa halaman blogger bahkan termasuk salah satu halaman yang memiliki penghasilan tinggi setelah di konversikan menjadi bisnis? 
    Saya tegaskan banyak pengguna blogspot.com menghasilkan uang dari adsense, afiliasi dan menjual produk. Adapun jika kita membahas aturan maka aturan adalah aturan. Tidak wordpress, tidak Blogspot pasti akan menerima sanksi jika melakukan pelanggaran. Kena Banned sama Google.
    Saya memiliki beberapa halaman yang saya jadikan panutan dengan ekstensi blogspot.com dan tidak menggunakan domain berbayar. Beberapa tahun halaman tersebut tetap demikian dan tepasang adsense. Terus saya sudah tahu trafiknya tinggi otomatis penghasilannya juga tinggi.
    Kebenaran pernyataan diatas adalah relatif. Tidak bisa pukul rata.

    6. Penyimpanan Gambar Yang Sedikit
    Untuk poin ini saya menduga jangan jangan mungkin tulisan ini 'refurbish' tulisan lama. Si mbak menyatakan Google membatasi penyimpanan gambar 1GB, sayangnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Terus ia menyinggung G+ yang telah lama mati juga. Memang benar itu dulu.
    Justeru untuk konten konten gambar dan video Google sangat terintegrasi dengan environment antar aplikasinya. Kita dapat membuat video di Youtube dan menayangkannya di halaman blogspot dengan dua keuntungan: Promo dua arah halaman web dan Youtube sekaligus untuk membangun branding.

    7. Tidak Ada Kontrol Komentar
    Mengapa kita tidak bisa mengontrol komentar di bagian komentar blogger?
    Saya sebenarnya tidak ingin banyak komentar pada poin yang satu ini karena pada pengaturan blogger hanya terdapat pengaturan begini:
    Comments Control:
    Comment location
    Embedded
    Who can comment?
    Users with Google Accounts
    Comment moderation
    Sometimes
    For posts older than
    5 days
    Email moderation requests to
    Reader comment captcha
    Show word verification for readers who comment
    Comment form message
    2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE
    Ada beberapa pengaturan di dalam pengaturan:
    Comment location:
      lalu ada pengaturan begini:
      Who can comment?
      Dan ada lagi:
      Comment moderation
      Masih ada: Moderasi melalui Email! Apakah ini bukan kontrol yang hebat? 

      Dan lagi pula jika ingin mengatakan tampilan kolom komentar worpress lebih baik keduanya akan terllihat sama sama membosankan jika tidak di kostumisasi, terbukti kadang baik WS maupun Blogger menggunakan kolom komentar pihak ketiga seperti plug ini FB, disqus dsb.

    8. Banyak Spam Karena Kurangnya Plugin
    Ya saya menggunakan banyak plug in di wordpress, mudah melakukannya karena kode kodenya di tulis menggunakan PHP. Tapi plug in juga rentan di susupi dan kerentanannya ada pada bagian 'backdoor' sisi server. Lagi pula kebanyakan plug in tersebut di buat oleh pihak ketiga. Ada hal yang mengganjal ketika Worpress dengan teratur melakukan update, plug in tidak ikut update karena menunggu pembuatnya.
    Blogger tidak menggunakan plug in namun bukan berarti tidak bisa mengontrol spam. Halaman kita kita sendirilah yang mengontrolnya tidak perduli apakah kita menggunakan blogspot.com yang dianggap 'tidak profesional' dan atau worpress.com yang katanya professional, jika kita mengabaikan aturan aturan yang ditetapkan dan tidak mengikuti cara blogging yang benar hasilnya sama: Banyak spam.
    Blogger memiliki halaman bantuan yang sangat lengkap yang dapat kita akses dan kita manfaatkan.

    9. Keterbatasan Karakter dan Halaman
    Penulis memberikan contoh keterbatasan 'about me' pada blogspot yang hanya di batasi 1200 karakter saja. Terus ada halaman 'info dan hobbies'? Mengapa ya saya tidak tahu tentang hal itu? Apakah informasi ini meleset? Blogger memiliki halaman statis yang independent yang di sebut 'Page' kita dapat menuliskan about me, privacy dan apa saja informasi penting sepanjang panjangnya, barusan saya menemukan tidak ada pembatasan berapa karakter huruf dan tulisan yang mau di tampilkan. Tapi benarkah itu penting sekali bagi pengunjung halaman website?
    Tapi, jika memang hal tersebut benar benar penting menghabiskan penjelasan dan mukadimah panjang sebelum pengunjung yang kekurangan waktu dalam hidup mereka yang sibuk benar benar ingin 'to the poin' saja mencari apa yang ingin mereka cari.
    Dan saya barusan mencoba menempatkan 24 gambar sekaligus pada halaman tersebut ternyata bisa. Apa yang dimaksudkan oleh penulis benar benar halaman blogspot?

    10.Aplikasi Blogspot Via Mobile Tidak Bagus.
    Nah saya benar benar tidak setuju dengan hal ini. Ketika saya menjadi anggota evanto market untuk jual beli template Wordpress tahun lalu, saya juga terlibat pembuatan template wordpress mobile trend. Saya sangat terkagum kagum dengan halaman PHP yang menggunakan HTML dan CSS untuk halaman mobile terutama yang AMP, saya hampir percaya blogspot tidak akan bisa menyamainya. 
    Akan tetapi saya keliru ketika menyadari 4 template varian terbaru blogger memiliki tampilan mobile yang sangat baik. Dan benar saja ketika kami mencoba merombaknya, ia bahkan memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak akan saya sombongkan disini. Tampilan mobile yang sangat responsif, apik dan cepat.
    Untuk poin ini saya benar benar minta maaf: Anda benar benar sangat ketinggalan.

    11.Tidak Ada Upgrade Yang Signifikan
    Worpres selalu update. Bagus untuk dua hal: 
    Antarmuka menjadi segar. 
    Sistem keamanan diperbaharui
    Akan tetapi Blogspot juga dalam beberapa bulan ini telah melakukan perubahan dan update besar besaran. Antar muka dasbor blogger benar benar telah berubah total, mungkin bagian opsi penulisan HTML yang sedikit agak ruwet namun terlepas daripada itu blogspot sesungguhnya telah melakukan update walaupun tidak secepat dan sesering  WP. 
    Untuk sistem keamanan semuanya telah di jamin langsung di dalam perlindungan Google.

Kesimpulan:

Kedua platform ini sama sama populer, sama memiliki kekurangan namun juga memiliki kelebihan. Sah sah saja menunjukan kekurangan dan kelebihannya namun harus tepat pada porsinya masing masing....

Saya mungkin dianggap melakukan sanggahan karena saya pengguna blogspot. Wajar karena saya mengetahui persis seperti apa blogspot itu. Namun jangan lupa saya juga pengguna wordpress.com sejak tahun 2014 sampai sekarang...walaupun mungkin pengatahuan saya tidak sehebat Mbak Christia Janto. Silahkan ikuti Linknya: 

https://www.exabytes.co.id/blog/11-alasan-kenapa-kamu-harus-meninggalkan-blogspot/

Tulisan itu sudah masuk mendapatkan tempat istemewa sitelink dan mendapatkan page one di laman Google, menandakan Google sangat professional walaupun tulisan itu nota-bene 'opposite' terhadap blogspot milik google itu sendiri.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Kata siapa blogging melalui blogspot itu amatiran?

11 komentar


  1. Hihi keduluan, aku sempat terpikir pengen bikin posting tentang itu juga tapi aku belum menemukan alasan jelas mengapa org migrasi ke WP?.

    Yg jelas Blogger gratis dibanding WP gratis lebih unggul Blogger.

    Bisa dibilang Blogger versi gratis fiturnya menyamai fitur WP premium tp aku blm pernah mencoba WP premium 😂😂😂

    Aku bahkan tak menemukan kekurangan apapun di Blogger, apa coba kekurangan Blogger, apa ya? 🤔🤔 pagingnya mungkin kurang SEO, format url paging dan format url posting, format begini /2021/12/ kurasa url model begitu kurang SEO, entahlah 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah sama ini /?m=1 ini bikin blog jadi lambat.

      Hapus
  2. Ya kalau untuk zaman sekarang expert di twitter banyak bahas ini, mereka melakukan pengujian juga hasilnya sama saja: WS vs Blogspot, ujung ujungnya SETARA.

    BalasHapus
  3. Tulisan yang cerdas dan berimbang. Pengetahuan mas Sofyan tentang blogspot sangat baik sekali. Judul tulisannya kelemahan blogspot ya, hehhe mau lihat tulisan si mbak.^

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. https harus di pasang karena itu standar keamanan. Ssetelah pemasangan harus menunggu sampai itu bekerja.

    Sedangkan mendaftar ke Google Adsensse harus mempelajari beberapa hal: Kesiapan halaman, harus sesuai kebijakan Adsense, halaman yang di daftarkan harus di anggap aktif.

    Baca kebijakan adsense:
    https://support.google.com/adsense/answer/48182

    BalasHapus
  6. Ulasan yang panjang dan kredibel untuk meluluhkan mitos bahwa Blogger itu tidak SEO.

    BalasHapus

  7. Informasi yang dia bagikan sangat tidak benar, dan provokatif.

    BalasHapus
  8. Koreksi gan, blogspot itu inti pemrograman servernya python. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih koreksinya! Itu benar, saya hanya fokus bagian built web HTML nya.
      Ternyata back end-nya python. Itu keren.

      Hapus
  9. sederhana tidak selalu menjadi kekurangan

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda:

kembali ke atas