EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Blogging hape menggunakan keyboard murah

AvatarOleh:
Harga keyboard bluetooth pasti mahal dan itupun belum tentu akurasinya tinggi, jadi mengapa tidak beli keyboard mekanis biasa? Sebagai perbandingan, harga keyboard bluetooth yang paling murah di Batam adalah 155ribuan sedangkan yang berkualitas merek tertentu dengan garansi pabrik harganya berkisar 450ribu hingga 2 jutaan, menurut saya itu mahal sekali.

blogging hape menulisnya di bantu keyboard fisik

Lho untuk apa keyboard? Gunanya adalah untuk mengetik cepat terutama bagi para blogger yang menulis artikelnya menggunakan hape atau tablet android, sebuah keyboard atau papan ketik bluetooth pasti sangat berguna. Tinggal hubungkan papan ketik ke perangkatmu baik itu hape maupun tablet dan mengetiklah "sejadi jadinya he he he" terasa sangat mudah dan terbantu pada saat menulis sebuah artikel yang panjang. Contoh blogger hape yang baik adalah sukaraja penulisnya cewek lagi.

Bukannya kita meragukan keahlian seseorang dalam melakukan penulisan cepat dengan keyboard touchscreen atau layar sentuh bawaan hape dan tablet android, saya cuma mengatakan sebagai alat bantu sebuah keyboard yang dibeli terpisah bisa menjadikan sebuah hape dan tablet serasa menjadi sebuah laptop pada saat pekerjaan menulis. 

Persoalannya adalah harga, umumnya jenis bluetooth itu mahal sedangkan non bluetooth itu murah dan tetap bisa tersambung dengan mudah ke perangkat mobile melalui sistem kabel yang disambungkan ke ekstensi OTG seharga 10ribuan. Lalu berpa harga sebuah bluetooth non-bluetooth? Hanya berkisar antara 60-70ribuan di Batam. Jauh sekali jika dibanding dengan keyboard bluetooth bkan?

Menyambungan kabel keyboard ke hape juga gampang kalian hanya perlu membeli sebuah OTG penghubug seharga 10ribuan dan keyboard atau papan ketik langsung siap membantu pengetikan tanpa syarat apa apa lagi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

A. KEYBOARD BLUETOOTH/NIRKABEL

Kelebihannya:
  1. Nirkabel alias tanpa kabel, tinggal di pairing maka keyboard terhbung ke perangkat android dengan mudah
Kekurangannya:
  1. Pairing kadang memakan waktu lama kecuali bluetoothnya sudah versi terbaru.
  2. Memerlukan battery (harus diganti minimal 6 bulan sekali)
  3. Yang pakai battery biasanya agak berat
  4. Harga relative mahal BERKISAR 150 HINGGA 2 JUTAAN

B. KEYBOARD NON-BLUETOOTH/PAKAI KABEL

kelebihannya:
  1. Cepat terhubung karena memakai cara terhubung via kabel langsung ke perangkat
  2. Ringan
  3. Tidak memerlukan battery
  4. Akurasi pengetikan lebih baik minus kesalahan dan error
  5. Harganya sangat murah SEKITAR 40-70RIBUAN SAJA
  6. Ada yang bisa digulung dan dilipat lipa karena terbuat dari bahan karet elastis (saya suka pakai yang ini karena mudah dibawa)
Kekurangannya:
  1. Pakai kabel sehingga mengurangi kerapian
  2. memerlukan asesories tambahan pada saat menghubungkankannya ke perangkat android seperti sambungan OTG agar colokan bisa tersabung.
BLOGGER/BLOGGING MOBILE

Nah sampailah kita kepada membicarakan perihal blogger mobile, hari ini menurut saya yang suka nangkring di kafe, ngeblog itu adalah pekerjaan yang mengasikan (tentu saja terutama bagi yang berminat) baik sebagai hobi maupun sebagai sebuah profesi, Profesi? Ya mengapa tidak, mana tahu blog kalian telah berisikan konten bisnis, bukan?

postingan ini diketik pakai keyboard karet ini dan dihubungkan ke tab s2

Bayangkan, dengan tas kecil berisikan tablet 9,7 inch dan sebuah papan ketik karet yang bisa digulung saya biasa mampir kesebuah kafe dengan wi fi lancar memesan kopi lalu mengeluarka peralatan perang dari dalam tas hitam tersebut untuk ngeblog dan mendudukan dan meletakan tablet diatas meja dan menghamparkan keyboard karet gulung dihadapan, menyambungannya dan lalu mulai membuka panel blog dan menuliskan pengalaman, review, fantasi dan ide ide kedalam kanvas htmlnya. Kedengarannya asik bukan?

Tentu saja itu dapat kita lakukan setelah penghasilan dari ngeblog yang berisikan konten bisnis sudah agak mapan.

menulis dengan bantuan keyboard fisik

Kesimpulan: Dengan atau tanpa laptop, tanpa tablet asalkan memiliki hape atau ponsel yang bisa terhubung ke internet, siapapun bisa blogging atau ngeblog dengan mudah! Jangan heran ya editblogtema ini di tulis dan di update melalui perangkat mobile yakni hape dan tablet. Kami lakukan, kami biasakan dari membuat postingan, mengedit HTML, hingga membuat template template blogger sederhana. SEMUANYA HANYA MENGGUNAKAN TABLET DAN PONSEL! Template ini kami buat menggunakan tablet samsung 9,7 inch dan sesekali menggunakan ponsel untuk membuat dan mengedit widget widgetnya.

Kecuali pas ada laptop, sesekali kami menggunakannya, bukan karena menemukan kesulitan blogging, tapi semata mata hanya karena pada saat itu hanya laptop yang ada di depan meja. 

Di tahun 2021 bluetooth nirkabel (bluetooth) sudah sangat banyak dijual dengan berbagai bentuk dan varian. Saya sendiri lebih menyukai produk logitech karena cukup berkualitas. Harganya juga tidak semahal dulu ketika tulisan ini pertama kali di turunkan pada tahun 2018. Mungkin saja sekarang keyboard fisik kabel atau non bluetooth sudah tidak dibutuhkan lagi.

Ditulis pada di Batam, pada 15 April 2018 oleh Sofyan. Di posting di adedansasa.com
Di tulis ulang oleh: Anissa.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Blogging hape menggunakan keyboard murah

5 komentar


  1. Hihi ada ya.. aku baru tau, sepertinya aku butuh itu, soalnya alatku cuma hp semata wayang dan klo kelamaan ngetik di touchscreen jari jadi panas, belikan aku satu Nissa, duitku gada 😂🤭🏃‍♂️🏃‍♂️

    BalasHapus
  2. Eh iya, dulu tuh ada keyboardnya Mito dong, itu bisa dipake untuk merk lain nggak sih? :D
    Tapi tetep nggak nyaman sih, saya lebih suka keyboard yang seukuran kayak laptop, jadi pengen beli ih, saya nggak bisa soalnya ngetik cepat di hape :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran keyboard yang aku pakai seukuran keyboard netbook normal namun bisa dilipat, mbak. Karena sudah mulai mengadopsi keyboard mekanis, jadi ia memang cepat dan enak dipakai..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Info bagus ini kebetulan alatku juga cuman satu hp doang buat ngeblog.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas