Langsung ke konten utama

BELAJAR HTML UNTUK CEWEK

Learn coding online
Learn coding online
HTML adalah bahasa dasar untuk membangun atau membuat halaman web. Wah pas banget untuk blogger yang kepingin membuat template mereka sendiri, alasannya adalah karena:
  1. HTML adalah bahasa markup standar untuk halaman web
  2. With HTML you can create your own Website.Dengan HTML kalian dapat membuat halaman website kalian sendiri. Keren bukan?
  3. HTML sangat mudah di pelajari - Kalian pasti bisa!
Contoh HTML:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>
Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<h1>Ini namanya Heading</h1>
<p>Ini Namanya Pragraf.</p>
</body>
</html>
Jika kalian menggunakan platform blogger buat ngeblog, maka kalian akan mengetahui bahwa blogger itu dibuat berbasis HTML atau inti dasar HTML.

Coba saja buka pengaturan blog kalian, pasti mirip deh dasarnya sama kode diatas, bedanya kode kode pada template sudah panjang banget karena sudah di tambahkan banyak atribut, dan kode kode widget tambahan. Misalnya kalian dapat mengenalinya di dalam template blogger  melalui tag tag berikut:
<html> dan ditutup dengan </html>
<head> dan ditutup dengan </head>
<body> dan ditutup dengan </body>
Saya merekomendasikan w3school untuk mempelajari HTML. Jika kalian ingin membuat templat blogger sendiri,  pelajari dan kuasai HTML terlebih dahulu sambil mempelajari CSS dan Javascript. Dan mempelajari tiga bahasa pengembangan web ini tidaklah sulit.

Betapa tidak, sintaks sintaks-nya sangat mirip dengan bahasa manusia (Inggris) yang kalian butuhkan adalah membiasakan diri membaca dan memahaminya.  Selanjutnya belajar koding tidak perlu menghafal, cukup memahami atau logika.

Pada postingan sebelumnya saya juga telah menuliskan keuntungan belajar koding secara online:

Keuntungan belajar di W3School:
  1. Belajar tanpa beaya.
  2. Belajar hanya ketika kalian merasa nyaman dan siap.
  3. Belajarnya hanya dari perangkat komputer kalian sendiri.
  4. Menyelesaikan pelajaran dalam hitungan minggu.
  5. Kelulusan (di akui) melalui Internet.
Kalau kalian melakukannya melalui kursus konvensional,  3 bahasa yakni html,  css dan javascript akan memakan beaya sampai jutaan rupiah dengan waktu berbulan bulan.

Saya sendiri berencana akan mengambil tiga serifikat bahasa web:
  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript
Tapi mengingat beaya sertifikatnya yang seharga diatas satu jutaan,  saya tunda dulu takut merepotkan orang tua. Sertifikat ini penting untuk mendapatkan pengakuan dan mengerjakan proyek proyek yang ditawarkan di internet nantinya. 

Kedepannya Admin blog berencana membuka kursus online versi Indonesia sederhana dan gratis melalui halaman ini... 

Komentar

  1. Butuh mengosongkan gelas kalau belajar HTML sih....
    Hahaha, soalnya butuh ketelitian.
    Kelemahanku adalah "detail dan teliti" yang kurang sehingga sering kali typo, kelebihan atau kurang spasi. kan bikin kacau....anyway, rferensinya tetep bisa dicatet karena meki ga ahli minimal harus ngerti itu prinsipku.

    BalasHapus
  2. Saya masih kepo nih dengan : w3school .

    Kalau Agan buka kursus online versi Indonesia. Saya dukung nih, siapa tahu saya juga bisa ikutan kursus. :)

    BalasHapus
  3. Waduh kepingin sih bisa belajar html..keren gitu ya kl cewek bisa cooding. Tpi kadang liat huruf yg rapet dan banyak.. Mata sy jadi siwer nih..maklum dh mak"😁.btw Bandar lampungnya dimana.. Sybjg dr bandar lampung looh wk wk

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa