Langsung ke konten utama

Cara studi Online Gratis belajar koding via w3school

situs mobile w3school
situs mobile w3school

Saya memang mencoba belajar koding melalui beberapa situs online gratis. Tetapi untuk pemula bagi saya w3school sangat "recommended". Bahkan saya setuju dengan rekomendasi dari w3school berikut:
  1. Study at no cost (Belajar tanpa biaya)
  2. Study when it is convenient (Belajar ketika merasa nyaman saja)
  3. Study from your own computer or mobile (Belajarnya melalui perangkat komputer milik sendiri - atau hape)
  4. Complete your studies in a few weeks (Selesaikan mata pelajaran dalam beberapa minggu)
  5. Graduate over the Internet (Lulus melalui internet)
Tentu saja poin ke-5 berarti kalian di tawari kelulusan dengan mendapatkan sertifikat. Nah itupun terserah kita mau diambil apa tidak karena masing masing sertifikat kelulusan akan di kenakan biaya sekitar $95 (lebih kurang RP.1,2 jutaan).

Selama mengikuti 'pelajaran' secara online saya sendiri merasakan manfaatnya dalam memahami pengatahuan koding terutama bahasa web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dll. Disamping itu membuka pemahaman kita terhadap bahasa bahasa pemrograman populer seperti Java, C+, Python dll. Semua itu cukup lengkap dan belum tentu kita dapatkan di bangku sekolah formal di SMA.

Buktinya dengan mudah saya dapat membuat atau mengedit template atau meniru template buatan para desainer tapi dengan tujuan mempelajari atau belajar pada awal awal saya mempelajari HTML.

Apa saja yang di tawarkan w3school? perhatikan saja gambar yang saya tangkap dari layar berikut:

w3school coding studies list
w3school coding studies list
Cukup lengkap bukan? 

Cara belajarnya yang cukup mudah dan flexibel akan bermanfaat bagi kita yang ingin menguasai ilmu pengatahuan masa depan lagi lagi saya kuti dari w3school:
  1. Belajar gratis di W3Schools.com
  2. Belajar sesuai kemampuan kalian sendiri
  3. Uji keterampilan kalian dengan kuis online W3Schools
  4. Sertifikasi keahlian kalian dengan membayar sertifikat (tidak di paksa)
  5. Ikuti ujian online, kapan saja, dan dari lokasi mana saja di seluruh dunia
  6. Bilamana gagal, atau kalian ingin meningkatkan skor, Kalian dapat mengikuti ujian sekali lagi.
Manfaatnya untuk kalian para blogger:
  • Kalian akan memiliki ketrampilan yang akan sangat bermanfaat di masa depan.
  • Kalian akan memahami cara XML, HTML, CSS, Javascript, PHP dll dan bagaimana ia bekerja di dalam template.
  • Kalian jadi memiliki pengetahuan untuk mengedit, memodifikasi dan membuat template blogger yang valid dan baik.
  • Kalian berpotensi menjadi desainer, pemrogrammer dan mendapatkan projek di internet (mendapatkan bayaran)
  • Dan banyak lagi.
Fitur yang menarik:

Saya adalah pengguna Codepen juga, terutama untuk tool editor HTMLnya. Nah w3school memiliki fitur tersebut juga. Namun karena sifatnya memberikan tutorial w3school memiliki kelebihan yakni memberikan beberapa contoh pekerjaan yang menarik yang dapat kalian klik di "How to example" .

Fitur ini sangat membantu kita memahami cara kerja HTML, CSS dan Javascript di halaman web. Kita di persilahkan mengedit dan menyimpannya seperti hasil pekerjaan kita juga. Contoh contoh yang kita buat sangat kompatibel dengan halaman HTML blogger.

Kalian dapat memilih bahasa melalui menu bar di atas halaman w3school:



Klik saja ikon bola dunia seperti yang di tunjuk oleh panah warna merah, lalu akan keluar menu bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Untuk melihat contoh hasil pekerjaan saya Klik DEMO dibawah ini:

My Portfolio

Kalau kalian sudah klik 'RUN' tombol warna hijau akan tampil hasil pekerjaan saya seperti pada gambar berikut di bawah, kalian juga pasti akan bisa melakukan hal yang sama.

how to example Anissa Auliasari
Salah satu contoh membuat menu navigasi
saya melalui How to example w3school

Kalau kalian ingin mencobanya kalian tinggal klik saja w3school.

Kalian juga dapat mendownload aplikasi Androidnya melalui Play Store ke dalam hape atau tablet kalian. Jangan buang buang waktu lagi dan mulailah belajar!

Manfaatnya bagi diri saya sendiri:
  • Belajar gratis tidak terikat waktu.
  • Belajar melalui hape.
  • Belajar membuat dan mendesain template HTML.
  • Belajar beberapa bahasa pemrograman sekaligus
  • Dll.
  • Studi tanpa bayar, tanpa terikat waktu, ujian dan dapat sertifikat koding kapan saja dan dimana saja.
Keren, keren.

Komentar

  1. Perlu dicoba nih meski dalam ilmu CSS atau sejenisnya saya masih cukup minim. Namun penjelasan diatas cukup lengkap meski harus belajar dari dasar lagi..😄😄

    BalasHapus
  2. aku tertarik dengAN hal seperti ini maklum selama ini belum tahu apa - apa tentang koding bang

    BalasHapus

  3. Oooooohhh itu toh fungsinya, kotak latihan di w3 itu, itu gimana cara membookmark nya gan, harus mendaftar dulu di w3 atau langsung di bookmark saja?

    Btw itu yg diranjang anak siapa gan? 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kotak latiha ini lebih klasik dan familiar dengan mata pelajaran koding jika di banding dengan kotaknya codepen yang lebih menarik dan lengkap. Itu adikku paling kecil

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa