MENGAPA RANKING HALAMAN WEB SAYA TERUS SAJA MENURUN?

Nah mending kita mendengarkan langsung dari sumbernya: Google. Dan apa kata ahlinya: John Mu sang master analitik website? Pertama mari kita mulai dari diri kita: Misalkan kita sudah merasa memiliki konten yang bagus, halaman blog yang cepat, bahkan (walau sebenarnya tidak diakui oleh Google) periksa ke MOZ nilai DA dan PA dan ranking Alexa sudah kinclong banget, kok pengunjung akhir akhir ini drop banget ya...

Mengapa terjadi penurunan peringkat web atau halaman blog kita secara bertahap?
John Mueller Google Webmater expert
John Mueller - Ahli web Google
Menurut sang maestro, itu tidak selalu karena kesalahan pemilik website, dan tidak selalu karena kesalahan isi konten yang anda buat, tidak juga karena Link building seperti yang sering di keluhkan oleh para pakar SEO, karena tertera merah pada tool online, tidak, itu bukan tool Google, itu hanya tool pemeringkatan online, jadi tidak harus! Loh jadi kita keliru lagi? Apakah telah sia sia para blogger selama ini membangun link building?

Tidak juga, sepertinya kita memang perlu mengatakan kepada MOZ: 'Kami sangat menghargai kerja keras anda"  LOL...Artinya secara komersial mungkin efeknya berguna. Tapi secara alami hal itu tidak terlalu memperngaruhi perkembangan halaman blog kita. Apalagi halaman blog tanpa bisnis seperti editblogtema.

SEO onpage dan offpage rasanya sudah beres, blogging walking sudah sangat intensif, konten semakin banyak dan semakin berkualitas, itu semua bagus. Akan tetapi menurut John Mu secara umum ada banyak faktor yang membuat grade sebuah halaman blog atau website turun peringkatnya, contoh yang paling umum: Kelindas oleh populeritas media media online besar seperti Tribun yang begitu masif kampanyenya.

Baca juga : APAKAH H1 ITU PENTING UNTUK RANKING FACTOR? 

Namun paling tidak ada 4 catatan penting yang secara alami sangat mempengaruhi penurunan trafik website kita, dan itu benar benar di luar 'kesalahan' kita. Contohnya:
  • Ekosistem berubah
  • Algoritma Google telah berubah
  • Perubahan perilaku pengguna dalam melakukan pencarian
  • Ekspektasi pengguna terhadap pencarian konten telah berubah
Ekosistem berubah.
Secara spesifik tidak di jelaskan bagaimana dan mengapa ekosistem berubah. Tapi kita dapat menduga duga, bahwa peningkatan persaingan yang semakin ketat juga menghasilkan web web yang lebih menarik dan lebih atraktif dari para pesaing atau kompetitor di sekeliling kita.

Ranking sebuah halaman di lingkungan web dan juga blog itu kini menjadi sangat ramai dan selalu bergerak, kita dengan mudah bisa tertinggal di belakang atau maju melesat ke depan, tergantung usaha dan perjuangan kita.

Saya rasa poin ini masuk akal. Dan ini di luar kesalahan kita.

Algoritama Google berubah
Sejak tahun 2018 algoritma Google meningkat drastis terutama dalam hal kecerdasannya, bisa melebihi yang telah kita bayangkan selama ini. Dalam sekejap mata mereka menemukan apa yang harus di prioritaskan, sehingga bisa saja konten halaman web kita tidak menjadi penting lagi setelah mereka melihat ke semua penjuru dunia website yang di penuhi oleh beraneka raga konten konten yang lebih menarik.

Peningkatan itu berlanjut terus semakin cepat dan semakin akurat. Jadi misalnya blogging zaman sekarang terlihat mudah jika di lihat dari pasilitas, tetapi menjadi jauh lebih sulit dari segi teknik Mesin WEB. Juga sulit secara pilosofis untuk menjangkau manusia. 

Apalagi jika kita di hadapkan dengan algoritma BERT, yang mengerti arah pertanyaan manusia, mengerti tujuan dari pertanyaan tersebut (bukan hanya teknis, tapi pilosofisnya) saat di tuliskan oleh pengguna pada mesin pencarian. Bisa jadi keyword utama yang anda tuliskan justeru sudah tidak berguna samasekali.

PERUBAHAN PRILAKU PENGGUNA DALAM MELAKUKAN PENCARIAN
Pengguna adalah manusia, mereka juga terpengaruh oleh trend yang mainstream, bisa jadi walaupun kita telah sekuat tenaga membuat konten, menghiasi halaman web dan dan berpromosi, mereka malahan tertarik kepada halaman lain yang sedang hits dan meninggalkan halaman kita dalam kesepian. Ini samasekali bukan kesalahan konten konten dan halaman kita.

Yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki penyajian konten kita agar lebih mudah mendapatkan perhatian.

EKSPEKTASI PENGGUNA TELAH BERUBAH
Harapan kita tidak selalu sama dengan harapan pengguna. Dan itu realistis banget. Bisa jadi setelah kita  mempelajari mereka dan apa yang mereka inginkan, namun tetap saja tidak dapat memenuhi harapan mereka. Mereka pergi dan terpental dari halaman web atau halaman blog kita.

Mereka akan menemukan apa yang mereka harapkan pada halaman web atau halaman blog lain, itu bukan kesalahan kita. Kita hanya dapat berbuat sebaik baik yang kita mampu, selebihnya kita harus selalu optimis akan menemukan pengunjung yang lain.

Kesimpulan:
Perubahan ini tidak hanya menimpa situs yang sedang kita kelola, bahkan situs situs besar juga akan mengalami pasang surut, yakni penurunan peringkat secara bertahap, bahkan sampai ke titik nadir, dan hal tersebut adalah hal hal alami yang kadang sulit untuk di hindarkan.

Jadi tidak selamanya harus menyalahkan LINK dan Konten seperti yang dituduhkan oleh sebagian orang selama ini...
Jadi menurut sang pakar web:
Penurunan peringkat terjadi tidak selalu karena kesalahan Link dan Konten yang telah anda buat. Bisa saja itu terjadi karena hal hal yang lebih alami..
Yang dapat kita lakukan adalah: Teruslah ngeblog, buatlah konten konten yang berguna serta konsisten dan jangan mudah putus asa. Faktor alami yang menguntungkan kita dalam blogging secara konsisten adalah: Potensi memiliki pengunjung organik dan setia...

Komentar

  1. Biasanya kalau ngeblog diniatkan pake banget untuk SEO dan cari duit malah hasilnya jeblok. Tapi begitu diniatkan berbagi konten tanpa ada embel-embel. Justru kadang ranking dan duitnya malah nyamperin sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh benar tu sy nothing to loose malah meningkat hhhh

      Hapus
    2. Hhmmmm kadang saya setuju dg statement seperti ini

      Hapus
  2. Yang penting selalu menulis
    Walau pengubjung sedikit ga merasa tragis
    Tetap senyum manis
    Walau pun ranking blog turus drantis

    BalasHapus
  3. mau naik atau turun.. hobi harus tetap jalan ya mas :D

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah saya ngeblog cuma untuk berbagi ide, bercerita, dan having fun, jadi tidak perlu repot-repot mikir soal traffic.
    Banyak pengunjung disyukuri, kalau tidak ya juga tidak apa-apa :)

    BalasHapus
  5. Pada akhirnya pasrah aja. Selagi masih semangat nulis dan nulis terus. Kepeng biarlah klo emg rejeki heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh kok pake pasrah, kalau rajin bikin konten kan tetap akan mendapatkan pembaca, bang Day

      Hapus

  6. Betul sekali yang telah dijabarkan diatas intinya buatlah konten dengan jiwa dan semangat kita untuk menulis tanpa berharap tinggi dengan angan2 SEO yang belum tentu kita bisa mencapainya secara cepat.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan dengan semangat cinta yang membara juga :))

      Hapus
  7. Saya mah nulis aja semampunya saya, ga berangan" ketinggian, selama itu positif kenapa enggak, apalagi per SEO an yg sy ga faham bangeeet.

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE