TAHUKAH KAMU BEDANYA SEO OFF PAGE DAN SEO ON PAGE ITU?

Gini lho walaupun editblogtema tidak menerapkan SEO apa apa, namun bukan berarti kami tidak belajar, nah dari belajar kami juga tetap ingin membagikannya. Jika memungkinkan kami ingin sekali menyampaikannya dengan jalan yang sangat mendasar, sederhana dan langsung di mengerti. Itu tentunya tidak gampang ya kan.
bedanya SEO on Page dan SEO off Page

Ini lho yang sering di bahas dan di inginkan oleh para Blogger atau websider: Bagaimana caranya agar halamannya menjadi SEO dan paling tidak hampir semua blogger sudah mengerti apa artinya SEO (Search Engine Optimism). Istilah itu sudah sangat populer bukan? 

SEO itu sudah menjadi teknik para websider dan juga para Blogger tentunya untuk mendapatkan target perhatian daripada 'Google Yang Kuasa' kalau Google mengenali halaman kalian, maka boleh dikatakan kalian telah membangun sebuah website yang sukses. Itulah sebabnya mengapa Mereka para Websider itu berusaha menggali ilmu SEO dan menguasai tekniknya. Tekniknya sendiri sudah begitu banyaknya, kadang bisa diterapkan kadang juga tidak. Karena selebihnya memang keberuntungan ikut menentukan.

Dari teknik teknik tersebut para websider paling getol menggunakan teknik keyword dengan target agar halaman webnya bisa berada pada posisi pertama di mesin pencarian. Mereka menyebutnya karena menggunakan keyword yang benar halaman web mereka sukses. Ada pula yang menganggap keyword itu adalah kunci penting untuk membuka perhatian mesin pencari. Anggaplah semua benar.

Memang ada dua teknik SEO yang selama ini di pergunakan oleh para blogger dan websider, perhatikan baik baik perbedaannya, apakah kalian telah menerapkannya?

ON PAGE SEO 

Mereka menyebutnya SEO ON Page, kalian pasti sering mendengarnya juga bukan? Langkah dan caranya mungkin telah kalian jalani juga sebagai berikut:

1. TEMPLATE
Web atau halaman blog harus memiliki template, template tersebut harus berfungsi dengan sangat baik dan tepat, agar ia dapat membantu pengunjung menjelajahi halaman berisi konten yang kita buat. Banyak lho para pembuat template mengklaim template mereka sangat SEO karena cepat, karena responsif, karena mobile friendly.

Selain itu template juga harus sesuai dengan tema daripada konten yang kita buat sehingga pengunjung akan selalu datang berkunjung karena kemudahan, karena kesederhanaan, karena merasa mendapatkan kemudahan akses. Jadi masuk akal jika terdengar SEO bukan?

2. KONTEN
Sehebat hebatnya template, dan seberapapun cantiknya ia, jika tidak ada konten tidak akan mendapatkan pengunjung setia. Dengan adanya konten yang berkualitas dan bermanfaat pengunjung akan betah berlama lama di halaman web atau halaman blog kita. Konten itu ibarat darah dalam nadinya sebuah web atau blog.

3. KEYWORD.
Dan sehebat hebatnya konten menurut mereka jika tidak memiliki keyword hanya akan mendapatkan sedikit pengunjung. Cara menempatkan keyword bisa di selipkan pada Judul, bisa di selipkan di dalam isi konten, atau di deskripsi meta. 

Jadi SEO ON PAGE itu ibaratnya diri kalian harus berdandan, menjaga kesehatan, dan bekerja.

OFF PAGE SEO

Bekerja dan menghasilkan barang jadi saja tidaklah cukup, kalian perlu menawarkannya dan walaupun keyword memungkinkan produk kalian dapat dengan mudah ditemukan, kalian tetap harus memiliki usaha lebih. Menjual dan berpromosi misalnya. Cara bekerjanya SEO OFF PAGE ini lebih kurang adalah sebagai berikut:

1. PROMOSI KE FORUM, GROUP DSB
Aneh kalau kalian tidak membagikan postingan yang telah susah payah dibuat, karena jika suatu keyword tidak dapat bekerja lantaran tingginya persaingan, maka promosi gratis ke forum forum diskusi atau bahkan group group di media sosial seperti facebook akan dapat menutupi kekurangan tersebut.

Tidak ada salahnya masuk ke group group yang anggotanya sudah mencapai puluhan atau ratusan ribu anggota. Disana akan banyak pembaca yang membutuhkan konten yang kita buat dengan melakukan tindakan yang bijak dalam berbagi kalian tidak perlu terlalu kuatir  dengan serangan spam.

Kesempatan menanamkan backlink.

2. MEMANFAATKAN INFLUENCER
Jika kita kita kenal dengan artis misalnya mengapa kita tidak memintanya memperkenalkan atau paling tidak menyebut nyebut nama halaman web kita untuk menarik perhatian? Atau jika misalnya kita telah bergabung dalam forum ternama dan menonjol barangkali kita dapat menanamkan link dan backlink kedalam situs mereka menuju website kalian.

3. PROMO GRATIS ATAU BERBAYAR DI MEDIA SOSIAL
Saya tidak meletakan hal ini pada urutan pertama SEO OFF PAGE kita bukan lantaran promo tidak penting, sama sekali tidak. Justeru cara nomor tiga ini paling cepat mendatangkan hasil jika dilakukan dengan penargetan yang tepat. 

Dalam artian kata kalian bisa membuat iklan dan membayarnya agar di promosikan. 

Namun jika kalian sudah memiliki banyak pengikut misalnya di facebook itu pasti sebuah keberuntungan karena akan banyak pengunjung mengikuti link yang kalian bagikan

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Komentar

  1. Haduh, kayaknya saya belum menerapkan semuanya. Setiap kali mau belajar seo udah puyeng duluan padahal penting ya. Apalagi masalah template, masih nggak karuan dan banyak yang harus diperbaiki.biasanya sesekali lihat tutorial di google, tapi kalau terlalu susah dan takut jadi berantakan, ya udha saya tunda dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mungkin karena tidak terlalu mengerti dan tidak terlalu familiar

      Hapus
  2. Terima kasih informasinya mbak...

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE