MARI MENGENAL UNIKNYA SISTEM OPERASI PERANGKAT APPLE

Hampir semua orang tahu kalau memilih produk dengan merek Apple tidak akan terdapat pilihan harga yang murah. Memang perangkat dengan sistem operasi Windows, dan Bahkan sistem mobile Android memiliki perangkat yang tidak kalah mahalnya jika memilih versi yang premium, namun produk kedua jenis yang menggunakan sistem yang kita sebutkan belakangan ini juga memiliki produk produk dengan harga yang sangat terjangkau dan murah.
gambar iPad
iPad dengan keyboard - ilustration photo by apple
Namun satu hal itu tidak mengherankan mengapa produk produk Apple mahal, karena di mulai dari sisi desain ia memiliki detail yang sangat rapi dan premium, dibuat dari material pilihan berkualitas tinggi dengan assembly yang rapi dan sangat detail. Ia memiliki sistem operasi paling stabil dan aman, dikerjakan oleh para ahli yang ternama dan diakui dunia. 

Mari kita membahas sistem operasinya. Sistem operasi yang telah di rilis oleh Apple hingga tahun 2019 untuk perangkat komputing baik kelas dekstop hingga mobile adalah:
  1. MacOS digunakan untuk iMac dan Macbook
  2. iPadOS adalah sistem operasi yang diperuntukan untuk iPad tabletnya apple
  3. iOS sistem oeprasi mobile yang di jalankan pada iPhone atau perangkat genggam
Apple telah membuat baik perangkat keras maupun sistem operasinya sendiri dan ini berbeda dengan Windows yang sistem operasinya di buat oleh Microsoft sedangkan perangkat keras atau mesinnya di buat oleh berbagai vendor dan pabrikan seperti DELL, HP, ACER, Samsung, ASUS, dll.

Atau jika ingin di bandingkan dengan sistem operasi yang di miliki oleh Google namun harus dijalankan oleh berbagai pabrikan perangkat keras seperti Samsung, XIOMI, OPPO, ASUS, Sony, dll.

Di pihak Apple Karena baik perangkat maupun sistem operasi dibuat oleh satu tangan, tidak heran semua perangkat milik Apple baik yang komputer maupun yang mobile begitu stabil, aman dan terasa mapan pada saat dipergunakan.Sebaliknya pengalaman pengguna untuk perangkat yang menggunakan windows, dan Android berbeda beda: Ada yang cepat, ada yang cakep, ada yang lambat. Hal yang tidak dapat di elakan tentunya karena masing masing vendor memiliki alasan dan sasaran pasar mereka sendiri sendiri, tidak mengherankan juga pada beberapa perangkat windows jadi sering crash.

1. MacOS
MacOS adalah sistem operasi yang dijalankan pada dua jenis perangkat komputer Apple yakni iMac dan Macbook. Sama seperti halnya sistem operasi lain tanpa terkecuali mobile, MacOS juga terus diperbaharui dari waktu kewaktu. Pembaharuan itu penting karena berisi update peningkatan keamanan, peningkatan performa aplikasi seperti Safari, cloud, perangkat lunak office dan tool desainer.

Dari waktu waktu ke waktu higga sekarang MacOS telah melakukan pembaharuan versi updatenya dengan penamaan yang berbeda beda (tabel disusun mulai dari yang terbaru):
  1. MacOS Catalina10.15.5
  2. MacOS Mojave 10.14.6
  3. MacOS High Sierra 10.13.6
  4. MacOS Sierra 10.12.6
  5. OS X El Capitan 10.11.6
  6. OS X Yosemite 10.10.5
  7. OS X Mavericks 10.9.5
  8. OS X Mountain Lion 10.8.5
  9. OS X Lion 10.7.5
  10. MacOS X Snow Leopard 10.6.8
  11. MacOS X Leopard 10.5.8
  12. MacOS X Tiger 10.4.11
  13. MacOS X Panther 10.3.9
  14. MacOS X Jaguar 10.2.8
  15. MacOS X Puma 10.1.5
  16. MacOS X Cheetah 10.0.4
2. iPadOS
iPadOS 13.1 ini baru dirilis tahun 2019  versi perdananya. Jadi mulai tahun 2019 yang lalu Apple telah memisahkan sistem operasi iPad daripada sistem iOS iPhone. S. Kini iPadOS telah memasuki versi 13.4. Sama halnya seperti sistem operasi lain setiap peningkatan versi akan membawa perubahan pada peningkatan pengalaman pengguna. Perubahan pada versi 13.4 adalah fitur dan dukungan penggunaan trackpad pada keyboard tambahan jika ingin melakukan pekerjaan yang bersifat produktivitas. 

Dengan memiliki sistem operasi sendiri iPad menjadi jauh lebih powerfull dan memiliki sebuah iPad serasa memiliki dua perangkat sekaligus: Ya Macbook, ya iPhone. Karena ukuran fisiknya yang berada di tengah tengah antara Macbook dan iPhone, ditambah sistem operasinya yang memiliki kemampuan Deskstop (MacOS) sekaligus kemampuan Mobile (iOS). Tidak sedikit orang sekarang hanya memiliki iPad ketimbang Macbook untuk melakukan pekerjaan dan berproduktifitas. iPad mampu melakukan pekerjaan perkantoran menengah hingga berat iPad juga mampu menjalankan berbagai software berat seperti software software gambar hingga mengedit gambar autoCad dengan baik dan benar.
Dan sisi uniknya, karena telah mandiri banyak orang menggunakan iPad dengan asesories tambahan seperti keyboard hingga mouse layaknya komputer beneran. Dan mereka mampu berproduktivas tinggi dengan perangkat separo mobile separo MacBook tersebut.

Ya oleh karena pasti kemampuan hardwarenya juga di atas iPhone. Ada beberapa aplikasi khusus yang dapat berjalan di iPad tapi tidak kompatibel di iPhone.

3. iOS
Nah iOS ini berjalan pada perangkat mobile Apple yakni iPhone iOS berkembang bersama peningkatan dan desain terbaru perangkat kerasnya dari iPhone 1 hingga iPhone 11 di masa sekarang

iOS bersama Android kini menguasai sistem operasi mobile di dunia. Sama seperti sistem Android iOS juga telah berkembang melalui updatenya dari waktu ke waktu dari versi iOS 1 hingga versi iOS 13 (versi 14 masih beta) masa sekarang di tahun 2020. Masing masing peningkatan versi membawa peningkatan pengalaman pengguna.

Peningkatan iOS terbaru selalu karena mengikuti perkembangan zaman, tuntutan pengguna, peningkatan perangkat keras, hingga isu keamanan. 

Uniknya Sistem ini telah berjalan hampir sebaya dengan Android dan selama itu mereka seolah bersaing sengit di pasar smartphone atau pasar mobile. Namun sebenarnya persaingan ini tidak dapat dikatakan dalam level harmoni yang sama, karena masing masing mereka memiliki environtment yang berbeda dan juga sasaran pasar yang berbeda.

Android menyasar pasar sejuta umat alias semua kalangan mau kaya atau miskin tetap mampu memiliki smartphone dengan sistem operasi Android. Sedangkan iPhone-nya Apple menyasar ke pasar premium, orang orang kalangan menengah ke atas.

4. Sebuah kesatuan sistem operasi yang kuat
Namun biarpun memisahkan sistem operasi mereka dengan nama yang berbeda beda menjadi tiga jenis OS, ketiganya tetap sebuah kesatuan yang saling terhubung kuat satu dengan yang lain, pada dasarnya kompatibalitas antar OS tadi sangat tinggi. iPhone dapat mengedit pekerjaan MacOS dan iPadOS walau penggunaan utamanya untuk keperluan mobile di masa modern. Demikian juga iPadOS yang mampu menjembatani atau berada di antara dua sistem ini: iOS dan MacOS.
Macbook Air
Soal kestabilan ya seperti yang telah kita singgung di atas, karena baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya di buat oleh pabrikan yang sama di bawah arahan Apple, maka soal stabilitas tida perlu di ragukan lagi, Apple sangat mengutamakan kualitas dari hasil produksi mereka dari pemilihan material pembuatan perangkat, kerapian dan akurasi penyinkron antara perangkat keras dengan perangkat lunaknya. Selain itu Apple sangat detail dalam hal desain.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Komentar

  1. komputer yang amat janggal sekali untuk saya guna...produk Apple

    BalasHapus
  2. Wah jadi penasaran..belum pernah pakai soalnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE