Tahukah kamu bedanya iPhone bekas Jepang dan singapore?

dulu, iPhone 5c masih digemari anak muda Indonesia
Batam, adalah sebuah kota dan pulau kecil di kepulauan Riau yang letaknya persis menghadap negara kota bernama Singpore dan jaraknya ke sana hanya kurang dari 40 menit perjalanan naik Ferry.


Dan pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore yang di jual langung di Batam?

Terutama anda yang domisili di batam yang masih walau bukan lagi "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas tetap saja banyak terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - empat jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan. 

Namun setelah aturan imigrasi beberapa waktu yang lalu bisnis hape seken mulai tenggelam, apalagi telah banyak vendor vendor ponsel pintar mengeluarkan produk murah dengan spek tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna kelas level menengah kebawah.

Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Namun secara kode dan penamaan tentu saja berbeda, pertama untuk mengetahui perbedaan kode anda harus masuk ke setting-general-about (atau kalau bahasa Indonesia: Pengaturan-umum-tentang) lalu perhatikan Model

Lihat contoh gambar tangkapan skreen iPhone dibawah ini:


Pada gambar diatas Modelnya adalah: ME828ZP/A - Singapore

Namun pada gambar dibawah ini kode modelnya berbeda:


Pada gambar tersebut tertulis Model: ND122J/A - Jepang. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat kode kode dibawah ini pada setiap iPhone yang dirilis di setiap negara yang berbeda beda:

CODE REGION/Negara asal:
  1. AB Egypt, Jordan, Saudi Arabia, United Arab Emirates
  2. B Ireland, UK, also used for some replacement phones
  3. BR Brazil (Assembled in Brazil)
  4. BZ Brazil (Assembled in China)
  5. C Canada
  6. CH China
  7. CZ Czech Republic
  8. D Germany
  9. DN Austria, Germany, Netherlands
  10. E Mexico
  11. EE Estonia
  12. FB France, Luxembourg
  13. FD Austria, Liechtenstein, Switzerland
  14. GR Greece
  15. HN India
  16. IP Italy
  17. HB Israel
  18. J Japan
  19. KN Norway
  20. KS Finland, Sweden
  21. LA Colombia, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Peru
  22. LE Argentina
  23. LL USA
  24. LZ Chile, Paraguay, Uruguay
  25. MG Hungary
  26. MY Malaysia
  27. NF Belgium, France, Luxembourg
  28. PL Poland
  29. PO Portugal
  30. PP Philippines
  31. RO Romania
  32. RS Russia
  33. SL Slovakia
  34. SO South Africa
  35. T Italy
  36. TA Taiwan
  37. TU Turkey
  38. X Australia, New Zealand
  39. Y Spain
  40. ZA Singapore
  41. ZP Hong Kong, Macau
  42. Tidak melihat kode untuk Indonesia? Dibawah ini kode untuk Indonesia menurut operator resmi yang bundling:
  43. PA/A untuk XL
  44. ID/A untuk TSEL
  45. FE/A untuk ISAT
Tujuan dari kode model ini tidak lain untuk menentukan klaim garansi, jika anda tinggal di Batam, tidak heran anda memang harus memilih kode milik Singapore karena Batam dengan Singapore sangat dekat hanya 45 menit jangkauan perjalanan santai satu sama lain. Jika anda memilih kode selain PA, ID, FE dan ZA, maka garansinya harus anda klaim di negara masing masing. Di Batam umumnya kode yang paling populer adalah ZA/A (singapore) dan J/A (Jepang). Perbedaan kode ini seharusnya tidak lantas membedakan bentuk, kualitas dan maupun fitur yang terdapat pada iPhone. Namun beberapa keluhan ketika penulis mengadakan survey di beberapa counter counter penjual iPhone second (bekas) adalah:

1. Benarkah iPhone Jepang umumnya lebih buruk daya tahan batterynya?

Untuk alasan nomor 1, saya tidak menemukan mengapa battery iPhone second yang dirilis di Jepang lebih lemah daripada battery iPhone second yang berasal dari singapore. 

Satu satunya kemungkinan adalah berasal dari jasa service iPhone bekas tersebut di kedua negara tersebut sebelum iPhone iPhone bekas ini dijual kembali ke negara negara berkembang secara legal maupun ilegal, penggantain battery pada perangkat keras memakai dua cara: Memperbaiki battery yang telah berusia beberapa tahun pakai tersebut, atau menggantinya dengan battery baru yang belum tentu sekuat aslinya. Kedua negara baik singapore maupun Jepang sama sama mempunyai kemungkinan ini, namun keuntungan pembeli atau pelaku bisnis seken adalah "klaim jaminan" yang lebih dekat ke Singapore ketimbang Jepang yang jaraknya jauh. Apple sebagai pemilik produk iPhone tidak akan membiarkan produknya menjadi buruk, standard battery iPhone adalah sama untuk setiap negara.

2. Suara shutter kamera tidak bisa di "silent" sekalipun ?

Untuk alasan nomor 2, kamera Jepang yang tidak bisa silent sekalipun tombol fisik "mute" telah di nonaktifkan, namun suara shutter kamera iPhone jepang akan tetap menimbulkan bunyi ketika menjepret atau mengambil gambar. Ini berlaku untuk semua jenis kamera dan kamera ponsel, bukan hanya di Jepang tapi juga di Korea selatan. Alasannya adalah tradisi dan budaya Jepang maupun Korea tidak membenarkan orang mengambil gambar sembunyi sembunyi, akhirnya pemerintah Jepang memerintahkan "memodifikasi" semua settingan perangkat kamera baik yang konvensional maupun yang terdapat pada smartphone apaun sejenisnya harus "di nonaktifkan" opsi "silent" alias "mencuri curi mempoto"nya. Opsi mengaktifkan Silent dapat dilakukan melalui tweak atau lebih tepatnya Jailbreak untuk iPhone, anda dapat melakukannya untuk iPhone dengan risiko kehilangan hak update software.

Putra Siregar Batam
Gambar: Toko ponsel seken Putra Siregar Batam

Namun membeli ponsel bekas apapun alasannya tetap berkemungkinan menerima risiko ini: Cacat produk. Cacat fisik masih bisa terlihat namun cacat software karena kegagalan hardware membaca kode pastinya kasat mata, tidak ada jaminan berupa garansi resmi dukungan produsen. Keuntungannya adalah harga yang miring dan nasib baik mendapatkan produk yang masih bagus. Dan juga biasanya toko toko telah bersaing memberikan jaminan atau garansi kepada produk yang mereka jual.

MASIHKAH BATAM MENJADI SORGA ELEKTRONIK DI INDONESIA?

Untuk harga iPhone 5 - 5s dengan ROM 32GB seken di Batam pasarannya adalah dibawah 2 jutaan. Harga ini berlaku dari Nagoya, Jodoh hingga Batam Center. Beberapa tempat transaksi jual beli memang masih terlihat tidak "resmi" alias tersembunyi dan tidak mencolok, namun sangat mudah ditemukan. Dalam beberapa waktu kita akan melihat persaingan ketat yang mungkin dapat menguntungkan konsumen pencinta produk produk Apple di Batam khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

5 komentar

  1. Ribetnya iphone ya ...
    Sampai saat ini android Xiaomi masih jadi pilihan atas alasan murah dg spek oke. Lebih ke fungsional. Komunikasi dasar terpenuhi dan multimedia std terpenuhi.
  2. Wahhh ternyataa sampai sedetail ini ya untuk bisa mendapatkan handphone yang mumpuni.. Saya pikir hanya spesifikasi umum seperti ram, memori, dan kualitas kamera saja.. Saya dari punya hape sampai sekarang untungnya masih bertahan hihih.. Sepertinya sudah jadul sekali, tapi lumayan bisa digunakan untuk apa saja..

    Tapi ada sih keinginan untuk memiliki ipon ini huhuw
  3. perbedaan yg paling mencolok menurut user apple katanya dari kamera hehe. kalau bunyi saat ambil poto, berarti iphone jepang deh hehe.
    1. benar kamera tapi sekarang sudah ada aturan perdagangan yang saling membatasi, hape luar terkena aturan IMEI :)
  4. Widih keren Sasa sekarang jadi jurnalis tanya2 ke pedagang 🤣👍

    Ayo Sasa tanya juga harga minyak dipasaran, becanda guys 🤣🙏

    Wah seru ya di Batam bisa dekat sama Singapura dan hanya butuh waktu 25 menit kalau bawa kendaraan pribadi, jadi bisa nyombong bilang di medsos pulang pergi ke luar negri tiap hari padahal dekat, komenku jadi ngelantur kemana 🤣

    Yg jelas saya rasa org luar negeri itu lembut memperlakukan hp jadi wlw bekas sepertinya masih bagus luar dalam.
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain