Tahukah kamu bedanya hape Android, Hape iOS, dan Hape Harmony?

Bukan hanya perangkat PC seperti desktop dan Laptop, smartphone juga memiliki sistem operasi yang sama pentingnya...

Ya kita bicara tentang sistem operasi, biar menjadi lebih jelas, sistem operasi adalah sebuah sistem yang menjalankan suatu perangkat yang dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk pekerjaan, hiburan, multimedia dll. 

Kita beri contoh pada sistem operasi suatu perangkat PC atau Personal Komputer, yang mana pada saat ini, baik PC dekstop maupun laptop terdapat 3 sistem operasi besar yang sedang berjalan di atas dunia.

1. Windows.

Sistem operasi ini di buat, dan di miliki sepenuhnya oleh perusahaan Microsoft, dan, memang masih sedang mendominasi dunia PC. 

Banyak perangkat yang mempergunakannya, yakni PC windows yang menjalankan sistem operasi windows, banyak pabarikan PC desktop dan laptop menggunakan sistem ini, misalnya Dell, HP, Samsung, Microsoft surface dll. 

2. MacOS

Sistem operasi ini di buat dan di miliki oleh apple dan satu satunya perangkat yang menjalankannya di atas dunia ini adalah perangkat PC mereka iMac dan MacOS.

3. ChromeOS

Ini adalah sistem operasi buatan Google berbasis internet, yang dapat berjalan di perangkat PC pabrikan manapun yang bersedia menggunakannya karena sumber kodenya cukup terbuka.

Jadi tidak hanya perangkat keras dan mesin. Sebuah sistem operasi penting agar sebuah PC, baik itu laptop, dan desktop dapat menjalankan berbagai aplikasi buat kebutuhan menopang pekerjaan penting.

Di samping sistem operasi pc diatas kita mengenal beberapa sistem operasi lagi, namun kurang populer sebut saja sistem operasi berbasis distro Linux. Mungkin karena tidak komersial.

Nah sekarang kita masuk ke sistem operasi mobile. Perangkat mobile seperti smartphone dan juga tablet sama halnya dengan PC dekstop dan laptop butuh sistem operasi agar ia dapat menjalankan banyak sekali aplikasi yang kita butuhkan sebagai penggunanya.

SISTEM OPERASI SMARTPHONE

Pada saat ini terdapat 3 sistem operasi ternama di dunia dipergunakan oleh pabrikan hape atau smartphone.

1. Android

Sistem operasi Android dipergunakan dan dimiliki oleh Google. Sistem operasinya terbuka dan telah di pergunakan oleh banyak sekali pabrikan terkemuka dunia, sebut saja, samsung, xiomi, oppo, lenovo, dll. 

Sumber kodenya terbuka namun memiliki fragmentasi yang gagap.

2. iOS,

Sistem operasi mobile yang satu ini di pergunakan dan dimiliki oleh perusahaan Apple dan terbatas hanya di gunakan oleh smartphone merek iPhone yang juga di buat oleh Apple. 

Sumber kodenya tertutup, namun sangat halus dan adaptif terhadap pengguna.

3. harmony 

Sistem operasi baru ini mungkin di buat setelah belajar banyak dari kedua sistem operasi di atas yakni Android dan iOS, Sehingga ia tampak dapat dipergunakan dengan mulus untuk perangkat TV, mobil dan rumbah pintar. 

Ia adalah sistem operasi yang halus dan bagus. Namun karena masih baru adalah terlalu dini untuk menilainya, yang pasti akan terus dikembangkan.

Sistem operasi ini dipergunakan oleh smartphone huawei yang sekaligus pembuat dan pemiliknya.

Kesimpulan:

Demikanlah 3 sistem operasi smartphone, yang sedang berkembang di dunia pada saat ini. Dulu pernah ada sistem operasi besar lain seperti RIM milik blackberry dan Syimbian milik Nokia yang dipergunakan oleh hape hape legendaris di masa lalu...


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

1 komentar

  1. Wah huawei buatan cina kah, rasa2nya selama ini OS rata2 buatan org barat, klo Harmony buatan cina bisa di blg Asia mulai hebat hihi
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain