TABLET ANDROID AKAN MENDAPATKAN SISTEM OPERASI ANDROID 12L, APA BEDANYA DENGAN ANDROID BIASA?

Jika selama ini Tablet Android hanya menggunakan sistem operasi Android smartphone, kali ini mereka akan memiliki sistem operasi Android 12L

Awal tahun 2022 Google mulai membagikan sistem operasi terbaru mereka yakni Android 12 ke hape hape Android terbaru dan jajaran hape hape yang akan mendapatkan pembaharuan, jika hape kalian beruntung masuk daftar pembaharuan kalian akan segera mendapatkan notifikasi. 

Namun tentu saja seperti biasa tidak setiap hape kompatibel dengan sistem terbaru tergantung kecanggihan mesin dan faktor faktor lain, disamping itu pembaharuan akan berjalan menurut prioritas perangkat yang telah masuk ke dalam list mendapatkan pembaharuan terutama perangkat perangkat hape flagship tentunya akan di dahulukan.

Jadi Android 12 adalah untuk smartphone, dan apa pula itu Android 12L?

TABLET ANDROID YANG MENYEDIHKAN

Mungkin saja sebagian orang tidak perduli dengan bagian sistem operasi sebuah tablet. Akan tetapi seiring waktu dan di ikuti oleh kebutuhan akan perangkat yang lebih mobile daripada sebuah laptop, sebuah tablet ssering di harapkan dapat mengerjakan tugas tugas tugas yang selama ini di lakukan melalui laptop. Nah salah satu kendalanya adalah terletak pada sistem operasinya yang masih sama dengan sistem operasi smartphone, khususnya tablet tablet Android.

Selama ini sistem operasi sebuah tablet Android boleh dikatakan 'berkongsi' dengan smartphone, apa yang berjalan di smartphone itu jugalah yang berjalan di sebuah tablet. Padahal secara fisik layar tablet itu berbeda jauh ukurannya dengan sebuah smartphone, demikian juga terdapat perbedaan dalam fungsi dan penggunaannya.

Beberapa produsen tablet Android seperti Samsung menambahkan User Interface pada tablet besutan mereka seperti ONE UI. Namun basisnya tetap saja terasa bukan tablet. Karuan pengguna tablet tidak dapat merasakan pengalaman menggunakan tablet yang sejati, tapi lebih kepada pengalaman menggunakan sebuah smartphone dengan layar sangat bongsor! Ini buruknya pengalaman pengguna pada saat mencoba mengoptimalkan penggunaan sebuah perangkat tablet Android dan ini berbeda jika di banding dengan iPad yang telah memecahkan problem sistem operasi pada tablet Apple yang mereka beri nama iPad itu.

Pada iPad yang juga pada awal awal kehadiran mereka memang berkongsi sistem operasi dengan iPhone yakni sama sama menggunakan iOS, lama lama beberapa pengguna mulai merasa tidak puas dan bertanya apa sih bedanya iPad dengan sebuah iPhone selain perbedaan ukuran layarnya? Apalagi iPad tidak dibekali dengan slot kartu simcard.

Di tahun 2019 Apple memutuskan membuat sistem operasi khusus buat iPad yakni iPadOS yang berbeda dengan iOS. Semenjak itu penggunaan iPad berubah menjadi jauh lebih optimal untuk membantu pekerjaan. Dan pengguna benar benar mendapatkan pengalaman berbeda ketika menggunakan iPhone dengan menggunakan iPad.

Kembali ke tablet Android yang hingga kini masih menggunakan sistem operasi smartphone, ada hal yang semakin terasa ambigu ketika samsung mengumumkan tablet Android dengan ukuran 14,6 inci. Astaga benar benar bukan tablet sejati tapi hanyalah sebuah smartphone raksasa! Jangan lupa di sisi lain samsung juga mengumumkan peningkatan pada sistem UI mereka yakni ONE UI 4.1. 

Akan tetapi User Interface pada sistem operasi akan menambah boros daya baterai dibanding pure Android ketika ia berjalan pada sebuah perangkat. Itu sebabnya mengapa tablet HarmonyOS dengan kapasitas baterai 7000mAh ketahanannya bisa mengalahkan battery Samsung tabs7 yang kapasitas baterainya 10000mAh. Ya itu tadi, sementara HarmonyOS murni sistem operasi, Tablet Android harus menambahkan User Interface tambahan pada sistem Android mereka.

ANDROID 12L HADIR

Ada dua sistem operasi alternatif buat tablet bisa Fruchsia bisa Android 12L, Samsung tampaknya juga mempertimbangkan akan beralih ke sistem operasi fuchsia untuk menggantikan Android akan tetapi kali ini kita akan membahas Android 12L.

fitur android 12L

Sistem operasi Android 12L ini tidak di buat untuk smartphone namun ia di buat untuk berjalan pada perangkat Android atau dengan kata lain Google mengatakan, OS Android 12L ini ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar, seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Dan pada akhirnya kita melihat, sistem operasi Android 12L ini fungsinya mirip seperti OS untuk perangkat tablet buatan Apple, yaitu iPadOS. Google sendiri menyebut bahwa Android 12L adalah pembaruan OS untuk perangkat layar besar, dengan menghadirkan berbagai tools multitasking dan tampilan antarmuka (UI) yang telah dioptimalkan.

Di Android 12L, Google juga menyempurnakan tampilan notifikasi, Quick Settings, Lock Screen, Overview, dan juga desain Home Screen.

Salah satu yang menarik adalah fitur multitasking yang mampu menampilkan beberapa taskbar sekaligus. Sepintas, sekali lagi, tampilannya mirip seperti iPadOS. Untuk perangkat tablet, Android 12L turut membawa dukungan fitur split screen. Sesuai namanya, fitur ini bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih. Ini adalah fitur multitasking yang sangat berguna bagi para pengguna tablet.

Mode split screen di Android 12L juga diklaim Google kini menjadi lebih efisien. Pengguna hanya cukup menarik (drag) dan melepas (drop) jendela aplikasi dari taskbar ke layar untuk menjalankannya.

Kesimpulan

Saya heran keterlambatan Tablet android dalam memikirkan penyempurnaan buat sebuah sistem operasi mobile yang kompatibel buat lini tablet. Sementara Apple telah melakukannya semenjak 3 tahun lalu.

Akan tetapi dengan hadirnya Android 12L kini kita dapat berharap bahwa tablet tablet android akan jauh lebih kompetitif dan memiliki kegunaan yang lebih tepat untuk sebuah tablet.

Saya berharap Samsung tab s7 plus saya akan mendapatkan pembaharuan Android 12L ini, karena kalau benar maka ini adalah sebuah peningkatan sistem operasi perangkat yang sangat signifikan untuk sebuah tablet Android.
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

3 komentar

  1. menyimak....
    👍👍👍
  2. Great post ^^
  3. Mgkn dulunya google berfikir cukup satu atap dlm satu keluarga tapi nyatanya harus punya atap masing2, dia melakukan itu mgkn untuk pertimbangan harga, dgn adanya Android 12L kemungkinan harga Tablet juga bakal lbh mahal dari sebelumnya, bisa jadi seumpama tab s7 mendapat pembaruan 12L akan ada bayaran tambahan untuk pembaruan itu wkwk
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain